nama unik untuk usaha makanan

Nama Unik untuk Usaha Makanan

Bisnis makanan bisa dibilang menjadi jenis bisnis yang cukup menarik. Banyak sekali pilihan jenis makanan yang dapat dijadikan usaha menjanjikan. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan walau sekadar camilan. Dalam dunia bisnis, nama atau merek dagang menjadi sesuatu yang sangat penting. Dengan nama, bisnis akan jauh lebih mudah dikenali. Karena itu, pemilihan nama untuk usaha tidak boleh sembarangan. Nah pada artikel berikut ini, kami mencoba memaparkan beberapa nama usaha untuk makanan yang dapat kamu jadikan referensi. Selamat menyimak.

Mengapa Bisnis Makanan?

Jualan makanan menjadi bisnis yang menjanjikan, kenapa? Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia, setiap manusia butuh makan. Bukan hanya makanan berat lho, makanan ringan sekelas camilan juga menjadi kebutuhan.

Alasan lain yang menjadi dasar para pengusaha berbisnis kuliner adalah perputaran uang yang cukup cepat dan omset yang di dapat juga cukup besar. Selain itu, keuntungan bisnis makanan yang lain bagi pemula adalah dengan modal kecil sudah bisa kamu jalankan sendiri. Masih banyak keuntungan dari usaha makanan yang lain, berikut kami rangkum:

  • Peluang usaha besar
  • Banyak peminatnya jika berjualan di tempat yang tepat
  • Bahan baku jualan mudah dicari
  • Dapat di jual online maupun offline
  • Waktu berjualan yang bebas

Keuntungan dari Usaha Makanan

Jenis usaha makanan adalah jenis usaha yang tidak ada matinya dan cukup menguntungkan. Karena itu, tidak heran jika banyak yang sukses dengan berjualan makanan. Berikut beberapa keuntungan berbisnis makanan yang berhasil kami rangkum:

  1. Kamu dapat menjalankan usaha sesuai rencana
  2. Harga bersaing dapat ditentukan sendiri
  3. Bahan-bahan yang mudah di cari
  4. Nilai profit yang cukup tinggi
  5. Banyak peminatnya, sebab termasuk kebutuhan pokok
  6. Peluangnya besar

Macam-macam Bisnis Makanan

Pada umumnya usaha kuliner yang dapat kamu tekuni terbagi menjadi dua yaitu makanan utama dan makanan ringan. Kedua jenis makanan tersebut dapat kamu pilih untuk membuka usaha kuliner. Berikut beberapa jenis bisnis makanan yang dapat kamu jadikan peluang usaha makanan:

Usaha Nasi Goreng

Siapa yang tidak suka nasi goreng? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai jenis makanan ini. Nasi goreng tidak hanya untuk sarapan pagi, bisa dimakan siang hari bahkan malam hari. Bisnis makanan nasi goreng dapat mendatangkan keuntungan lebih dari 80%, menarik bukan? Terutama jika strategi pemasaran yang tepat akan membuat penjualan semakin meningkat. Jenis bisnis ini bisa dijalankan dimana saja, baik menjadi bisnis rumahan yang menerima order online saja atau bisa berjualan keliling.

Usaha Pecel

Salah satu kuliner khas nusantara yang termasuk makanan tradisional adalah pecel. Jenis pecel biasanya sesuai dengan daerah asalnya seperti pecel khas Madiun, pecel tumpang khas Kediri, hingga pecel khas Tulungagung. Usaha pecel cocok di jual di daerah desa yang ramai. Bahan baku yang dibutuhkan juga tidak makan banyak biaya. Namun yang perlu diingat pecel mungkin bisa di jual dari pagi hingga siang hari saja. Sebab bahan baku mudah baru dan kualitasnya menurut jika sudah sore hari.

Usaha Bubur Ayam

Usaha kuliner selanjutnya yang dapat kamu coba adalah bubur ayam. Jenis makanan ini sering dicari saat sarapan pagi. Usaha bubur ayam adalah peluang usaha yang menjanjikan karena modal yang tidak terlalu besar. Namun yang perlu diingat, jam jualan bubur ayam sangat singkat yaitu pada pagi hari saja. Kalau kamu salah memilih tempat jualan, bisa jadi usaha bubar. Karena waktu jualan yang singkat jika tidak diimbangi penjualan besar makan akan mengalami kerugian.

Usaha Bakso

Bakso adalah salah satu jenis kuliner paling populer dari dulu hingga sekarang. Hidangan utama ini memiliki rasa yang nikmah dan tergolong ringan. Jika kamu berencana membuka usaha kuliner ini, maka buatlah inovasi yang unik dan kekinian seperti bakso mozarella, bakso beranak hingga bakso mercon.

Usaha Pecel Lele, Ayam dan Bebek

Pecel yang ini berbeda dengan pecel sebelumnya, kalau yang satu ini adalah pecel lele, ayam, dan bebek yang di goreng dan di tambah sambal. Jenis usaha makanan ini cukup menarik perhatian karena enak, sederhana dan murah. Kesulitan bisnis ini adalah mencari bakan baku ikan yang fresh, alternatifnya ya menjual pecel ayam.

Usaha Ayam Geprek

Kreasi olahan makanan ayam yang saat ini sedang naik daun adalah ayam geprek. Usaha ayam geprek banyak diminati karena pasokan ayam yang mudah di dapat. Pembuatannya juga cukup sederhana yakni yam goreng di geprek dengan cabai.

Usaha makanan ayam geprek banyak digemari anak muda karena rasanya nikmat dan harga ramah di kantong. Aneka olahan ayam geprek banyak variannya dengan berbagai toping seperti keju, bbq hingga teriyaki. Bahkan artis juga terjun ke dunia bisnis ayam geprek lho!

Usaha Sate Taichan

Sebagai kuliner baru, sate taichan dinilai cukup menguntungkan. Sate taichan berbeda dengan sate pada umumnya. Sate taichan di bakar tanpa bumbu kacang kemudian disajikan dengan sambal dan perasan jeruk. Keunikan sate taichan ini yang banyak disenangi masyarakat. Namun masyarakat memiliki ekspektasi tertentu pada sati ini, mungkin awalnya akan coba-coba karena baru trend. Jika hidangan mampu memenuhi ekspektasi, maka pembelian kembali akan terjadi.

Usaha Salad Buah

Inovasi dalam mengkonsumsi buah bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan lho! Salah satunya adalah salad buah. Perpaduan antara rasa manis buah dan masam dari mayonaise menciptakan rasa yang fresh. Salad buah bisa menjadi ide usaha rumahan dengan memanfaatkan  Gofood dan Grabfood, jadi tidak perlu sewa tempat. Usaha salad dapat dijalankan sebagai usaha ghost kitchen yang artinya tidak punya area untuk makan di tempat. Biasanya salad buah dijual menggunakan kotak box microwave dengan berbgai ukuran mulai 300 m, 500 ml hingga 1L.

Usaha Martabak

Jualan makanan martabak terbilang menarik, kuliner ini biasanya dihidangkan sore hari. Saat ini martabak menjadi jenis makanan yang premium. Martabak dengan varian toping kitkat, kacang mede khususnya, per loyangya bisa sampai harga 80rb.

Hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuka usaha martabak adalah:

  • Semakin banyak varian menu akan lebih menarik
  • Pilih tempat jualan yang ramai
  • Lebih banyak beli untuk dibawa pulang, maka manfaatkan GoFood dan GrabFood.

Usaha Keripik Pisang

Keripik pisang kini menjadi saah satu “makanan kekinian”. Varian rasa kripik pisang saat ini sangat beragam salah satunya coklat. Membuka bisnis ini dengan packaging yang menarik akan membuat orang semakin tertarik membeli. Selain itu, rasanya enak sehingga asik buat ngemil.

Usaha Gorengan

Usaha gorengan menjadi usaha makanan yang sederhana, namun dibutuhkan sebagai cemilan ringan. Dari semua ide bisnis, usaha makanan yang mudah ya usaha gorengan. Meskipun pada setiap usaha jelas ada tantangannya. Tantangan jualan gorengan adalah harus berjualan di tempat yang ramai agar penjualan meningkat.

Usaha Seblak

Seblak adalah makanan khas Bandung yang akhir-akhir ini menjadi trend di kalangan anak muda. Seblak merupakan kuliner dari campuran kerupuk, telur dengan tambahan isian sosis, keju hingga seafood. Jenis usaha ini tidak terlau rumit, meskipun bahan yang dibutuhkan cukup banyak. Bahan dasar seblak adalah kerupuk dengan tambahan bakso, sosis hingga mie untuk menambah nilai tambah.

Usaha Kue Kering

Menjelang lebaran, bisnis kue kering menjadi yang paling laris. Ya meskipun bisnis ini juga laku pada hari biasanya, namun tidak setinggi penjualan pada bulan lebaran. Bisnis kue kering memang cukup menggiurkan, namun yang perlu kamu perhatikan kue kering punya musim sendiri.

Usaha Kue Basah

Usaha kue pasar disebut juga sebagai jajanan pasar. Setiap pagi di berbagai pasar atau tukang sayur selalu menjual kue basah. Kue basah lebih sering di temui ketimbang kue kering. Proses pembuatan kue basah juga tidak terlau rumit, namun harus cerdasa memasarkan. Kamu bisa bekerjasama dengan penjual di pasar agar lebih mudah dalam memasarkan.

Tips Memilih Nama Usaha Makanan

Memilih nama untuk usaha makanan menjadi bagian yang sangat oenting sebab berpengaruh terhadap branding usaha itu sendiri. Meskipun terkesan mudah, kebanyakan pengusaha pemula kurang tepat dalam menentukan nama bisnis. Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih nama usaha makanan yang menarik dan membawa hoki:

Mudah Diingat dan Mudah Dibaca

Bagi kamu yang hendak memilih nama usaha, pastikan bahwa nama tersebut mudah dibaca dan mudah diingat dalam artian tidak terlalu rumit untuk di eja. Mengapa demikian? Karena semakin mudah nama tersebut diingat dan diucapkan, maka akan semakin mudah dikenal masyarakat.

Mencantumkan Jenis Produk

Selanjutnya yaitu dengan mencantumkan jenis produk yang di jual. Tujuannya agar konsumen mengetahui secara langsung produk yang di jual melalui nama usaha. Contoh:

  • Pentol Gila
  • Bakso Mercon
  • Bubur Sultan
  • Kopi Sejuta Umat
  • Tahu Walik Mantap

Menggunakan Bahasa Asing

Salah satu bahasa yang sering digunakan sebagai nama usaha adalah bahasa Inggris. Penggunaan bahasa asin tersbut menjadikan nama usaha semakin unik, keren dan memberi kesan high class. Berikut ide nama usaha makanan yang unik menggunakan bahasa Inggri:

  • Healthy Foods
  • Family Recipe Foods
  • Hungry Helpers
  • Momma’s Home Cooked
  •  Family Secret Recipe
  • Food Quest
  • Parked Pizza
  • Rea Food
  • Quick Sneaking
  • Beef Quest
  • Pancake World
  • Sweet Munchies

Menggunakan Nama Pemilik

Meskipun produk yang di jual sama, nama usaha harus berbeda dengan orang lain agar terkesan unik dan berciri khas. Nah, salah satu caranya adalah menggunakan nama kamu sebagai pemilik usaha. Berikut contoh nama unik usaha makanan dengan menyisipkan nama pemiliknya:

  • Makaroni Mang Asep
  • Milidi Si Umang
  • Bakso Pak Sabar
  • Anam Restaurant
  • Lontong Balap Bu Sri
  • Pecel Bu Ida
  • Sambal Bu Rudy
  • Sate Cak Kadir

Mengandung Doa dan Bermakna Positif

Semua pengusaha tentu ingin agar usahanya berjalan lancar. Harapan ini bisa disematkan pada nama usaha makanan yang ditekuni. Nama usaha haruslah mengandung makna yang positif atau menyematkan nama usaha makanan yang membawa berkah agar usaha maju, berkembang dan membawa manfaat.

Kumpulan Nama Unik Usaha Makanan

Berikut adalah nama-nama usaha makanan yang dapat kamu jadikan refensi:

Nama Unik untuk Usaha Makanan yang Islami

Nama unik untuk usaha makanan yang islami ini dapa dijadikan inspirasi. Khususnya bagi para calon pengusaha yang kesulitan memberi nama usaha makanannya. Berikut daftar nama usaha makanan islami dan artinya:

  • Halwa

Halwa artinya manisan, nama ini cocok untuk toko makanan yang menjual menu manis-manis.

  • Raihan

Raihan artinya harus, cocok untuk toko makanan yang menyajikan makanan dengan aroma harum.

  • Dafiyah

Dafiyah artinya hangat, kata ini menggambarkan kehangatan pada setiap masakan yang kamu jual. Jika usaha kamu menawarkan jenis makanan yang hangat seperti bakso, mie ayam, sup atau lainnya kata dafiyah sepertinya cocok.

  • Aminah

Aminah artinya dapat dipercaya. Ketika usaha kamu menggunakan nama ini, kamu seakan member pesan kepada konsumen bahwa usaha yang kamu jalankan terjamin kualitasnya.

  • Arion

Arion artinya memikat hati, menggunakan nama ini sebagai nama bisnis diharapkan dapat memikat hati para pelanggan dengan rasa lezat dan nikmat.

  • Zafar

Zafar artinya kejayaan, pemberian nama ini sebagai nama usaha diharapkan menjadi doa dan harapan bagi pelaku usaha makanan agar selalu diberi kejayaan dan kelancaran rezeki dari bisnis yang ditekuni.

  • Abbasy

Penggunaan kata abbasy sebagai nama usaha makanan sangat cocok karena memiliki arti rajin berusaha. Sifat rajin merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis apapun.

Ide Nama Usaha Makanan Rumahan

Berikut beberapa contoh nama yang dapat kamu gunakan untuk membuka usaha makanan rumahan:

  • Barokah Jaya
  • Andin Cookies
  • Salad Buah Segar
  • Kinan Yummy
  • Citra Cake and Cookies
  • Warung 1001
  • Jajanan Rumahan
  • Super Juice
  • Warung Cemilan

Contoh Nama Usaha Makanan Bahasa Jawa

Salah satu bahasa daerah yang sering digunakan sebagai nama usaha adalah bahasa Jawa, berikut ide nama usahanya:

  • Toko Sami Laris
  • Lesehan Adem ayem
  • Artomoro
  • Latar Ombo
  • Warkop Podo Moro

Contoh Nama Usaha Makanan Jepang

Jepang terkenal sebagai negara yang memiliki berbagai macam jenis makanan unik dengan cita rasa khas. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggemari kuliner Jepang. Sehingga muncul beberapa pelaku usaha makanan Jepang. Bagi kamu yang ingin berjualan kuliner ala Jepang, coba pertimbangkan nama usaha berikut ini:

  • Sakura Japanese Resto
  • Tanoshi Lounge & Sushi
  • Wazaabi
  • Koi Suzhi
  • Kira Kira Ginza
  • Yoshinoy Resto
  • Gekira Ramen
  • Narisiwa Noodle
  • Hakata Ikkousha
  • Okonomiyaki
  • Japanese Soba Noodles Tsuta
  • Sushi no Midori Ginza

Contoh Nama Usaha Makanan Korea

Berikut beberapa nama usaha makanan khas Korea yang dapat kamu gunakan untuk berjualan:

  • D’Jang Gem Korean Restaurant
  • Gojumong Korean BBQ
  • Chung Gi Wa
  • Han Gang
  • Magal Korean BBQ
  • JJang Korea Noodle
  • Cafe Sarangheyo
  • Arasseo Resto
  • Korean Kitchen
  • Seorak Chueotang
  • Jjigae House
  • Myeon ga myeon ok
  • Manse Korean Grill
  • Korean Street Food

Nama Unik Untuk Usaha Makanan Ringan

  • Camilan istimewa
  • Camilan nagih
  • Camilan pedas
  • Basreng Mania
  • Kripsus Menggoda
  • Makaroni Bar Bar
  • Mi Lidi  Mantap
  • Stik Talas Madu
  • Mie Remux
  • Stik Bolong

Ide Nama Usaha Makanan Pedas

  1. Oseng mercon
  2. Tahu jeletot
  3. Keripik setan
  4. Nasi goreng pedas gila
  5. Pentol gila
  6. Rica rica ayam
  7. Mie geledek

Teknik Marketing Usaha Makanan

Untuk menjalankan suatu bisnis agar berkembang dengan baik, perlu pemasaran yang baik pula. Secara umum teknik marketing setiap jenis usaha cukup sama. Berikut beberapa teknik marketing usaha makanan:

Menggunakan Google My Business

Google my business adalah fasilitas dari pihak google untuk membuat profil bisnis sehingga akun bisnis kam muncul di peta dan di penelusuran. Google my business cukup memberi manfaat, yaitu:

  • Penjual dapat membuat akun Google My Business secara gratis.
  • Pembeli dapat melacak dan mengetahui lokasi bisnis kamu.
  • Dapat dilihat di penelusuran google dengan tampilan yang bagus.
  • Ada kolom ulasan dari pengguna internet lain agar usaha kuliner kamu semakin terpercaya.

Memanfaatkan Instagram

Saat ini media sosial memang menjadi penyedia informasi bagi masyarakat. Selain itu, media sosial juga digunakan sebagai sarana promosi tercepat. Salah satu media sosial yang banyak digunakan adalah instagram. Kamu dapat memanfaatkan Instagram Ads sebagai media promosi usaha kulinermu.

Bahkan instagram menyediakan layanan khusus berupa akun bisnis untuk memudahkan kamu promosi produk makanan. Fitur instagram story juga dapat kamu manfaatkan untuk membuat story unik bagi usaha kulinermu.

Memanfaatkan Platform GoFood dan GrabFood

Salah satu dampak positif GoFood dan GrabFood adalah dapat meningkatkan penjualan usaha makanan. Kamu dapat membuat usaha makanan tanpa perlu sewa tempat. Jadi hanya menerima pesanan secara online. Hal ini sering disebut dengan ghost kitchen. Aplikasi GoFood dan GrabFood membantu dalam memasarkan produk ghost kitchen.

Memasarkan Secara Offline

Internet sudah menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari, karena itu pemasaran online sangat diperlukan. Namun tidak menutup kemungkinan jika masyarakat menyukai pembelian langsung di tempat. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk jualan offline:

  • Memilih lokasi yang tepat – Lokasi toko atau kedai kuliner yang kamu jalankan menjadi kunci utama dalam kesuksesan usaha. Kamu perlu memilih lokasi yang strategis agar mudah dijangkau konsumen. Tida hanya memili tempat yang ramai, namun juga sesuai target konsumenmu.
  • Buat ambience atau suaskana yang tepat – Banyak pebisnis kuliner yang melakukan kesalahan membuat ambience atau suasana restoran yang tepat. Contoh jika kamu menghidangkan makanan tradisional, maka ambience yang cocok adalah rindang, banyak pohon dan sejuk. Berbeda dengan makanan modern yang ambience nya harus modern juga.

Tips dalam Bisnis Makanan

Ada beberapa tips yang dapat kamu ikuti agar usaha kamu semakin menguasai pasar dan sukses, seperti berikut ini:

Menjaga Kualitas Makanan

Fokus utama dalam membangun usaha kuliner adalah menjaga kualitas makanan agar baik dan higienis.

Menjaga Pasokan Makanan

Ketika sudah menemukan ide usaha kuliner, kamu harus mampu menjaga pasokan bahan utama dari produk makanan yang akan kamu jual. Usahakan tidak tergantung pada satu suplier saja, pastikan kalau ada supplier cadangan.

Menjaga Proses Pembuatan

Pada proses pembuatan produk, kamu harus menjaga kualitas olahan dengan memastikan bahwa peralatan memasak yang digunakan dalam kondisi bersih dn steril.

Penyajiannya Harus Sesuai Standar

Penyajian makanan juga perlu diperhatikan kebersihannya. Jika kulitas makanannya bersih, maka pelanggan juga akan repurchase produk jualan kamu. Agar lebih menarik pembeli lain, kamu dapat menyajikan dengan rapi dan unik.

Memberikan Layanan Terbaik

Kunci kesuksesal lain dalam membangun usaha kuliner selain melihat peluang bisnis usaha makanan yang sesuai keinginan masyarakat adalah pelayanan yang memuaskan. Layanan terbaik harus menjadi prioritas agar pembeli selau jatuh hati dengan produk jualan kamu.

Melihat Trend Kuliner

Konsisten dalam bisnis kuliner memang bagus, namun kamu tetap harus melihat trend. Trend kuliner bukan mengubah usaha yang dijalankan, melainkan inovasi yang dilakukan dengan produk yang sudah ada. Kunci utama bisnis adalah mengetahui kebutuhan pasar. Namun seringka para konsumen memiliki keinginan yang berbeda, maka kamu perlu merubah sedikit konsep sesuai keinginan konsumen.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: