Cara Membuat Celengan dari Kardus 

Cara Membuat Celengan dari Kardus – Membuat kerajinan tangan dari kardus, ada banyak sekali fariasi yang bisa kita buat dengan unik dan mudah, semua tergantung dengan kreatifitas kita masing-masing dalam berkarya.

Nah maka dari itu, saya  kali ini akan berbagi cara membuat kerajinan dari kardus, dimana bahan utama dalam pembuatan hanya memerlukan kardus bekas saja, serta peralatan bekas yang lainnya, tentu semua bisa di dapatkan disekitar rumah kamu.

Jika bicara masalah kerajinan banyak sekali kerajinan dari barang bekas yang bisa digunakan menjadi kerajinan tangan yang kreatif. seperti contohnya seperti kerajinan dari stik es krim, kerajinan dari botol plastik dan kerajinan dari gelas plastik.

Serta banyak sekali contoh-contoh kerajinan tangan lain yang bisa kita buat. yuk melanjutkan cara membuat celengan dari kardus langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.


Cara Membuat Celengan Dari Kardus


Alat dan Bahan Celngan Anak Dari Kardus

Alat Dan Bahan Celngan Anak Dari Kardus

Sebelum kita melangkah pada cara membuat celengan dari kardus, ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus kita persiapkan terlebih dahulu. Beberapa diantaranya peralatan yang harus persiapkan adalah.

  • Penggaris
  • Paku
  • Gunting
  • Cutter
  • Pensil
  • Tali Sepatu

Kegunaan peralatan-peralatan diatas akan saya terangkan, pada saat langkah selanjutnya. Dalam pembuatan kerajinan tangan dari kardus dan langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah.


Membuat Pola Celengan Dari Kardus

Membuat Pola Celengan Dari Kardus

Jika kalian sudah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, langkah pertama yang harus kita kerajakan adalah membuat pola pada kardus terlebih dahulu. Anda bisa buat pola terlebih dahulu dengan ukuran sesuka hati kalian, tetapi samakan bentuk pola pada contoh kerajinan tangan diatas untuk membuat pola.

Kalian bisa menggunakan satu lembar kardus untuk kita jadikan sebagai sarana menggambar pola, dengan bentuk dasar terlebih dahulu. Buatlah pola menggunakan pensil dan penggaris, agar ketika salah menggambambar pola anda bisa menghapusnya dengan mudah menggunakan penghapus karet, anda bisa meniru pada gambar.


Memotong Pola yang  Sudah Dibuat

Memotong Pola Yang Sudah Dibuat

Setelah anda selesai membuat pola celengan dari kardus dengan pensil, maka tahapan selanjutnya adalah memotong pola yang sudah anda buat tadi. Potonglah menggunakan cutter untuk mendapatkan hasil yang baik dan gunakan alat bantu seperti penggaris untuk melakukan proses pemotongannya.

 

Berhati-hatilah saat menggunakan cutter dan benda tajam yang lainya, jika kalian masih belum bisa memotong dan masih ragu. Kalian bisa meminta bantuan kepada orang tua kalian supaya memotongnya. jika kalian sudah selesai memotong hasilnya akan terlihat seperti gambar diatas.


Melubangi Celengan Dengan Paku

Melubangi Celengan Dengan Paku

Nah, kita sudah selesai memotong pola celengan dari kardus proses selanjutnya yang harus kita lakukan adalah, memberi lubang pada bagian samping. Dengan pola yang  sudah dibuat tadi menggunakan paku besar, untuk memberi lubang pada bagian ini. mengapa harus dilubangi, kalian akan tahu jika sudah selesai memasuki tahapan berikutnya. apa kalian sudah siap untuk melubangi, yuk ikuti tahapan selanjutnya.

Gambar 2

Lubangi pada pola celengan kardus, dengan cara melubangi bagian pinggir saja sesuaikan segaris dan sejajar dengan lubang yang lain. Usahakan pada saat posisi melubangi pada arah yang sama, fungsinya kenapa melubangi dari arah yang sama agar terlihat rapi pada tempat sobekan lubang yang telah kita buat tentunya,

Gambar 3

Untuk apa kita memberi lubang pada pola celengan kardus? untuk menali bagian samping kardus supaya kuat dan terlihat cantik dan unik, proses ini mudah kok. Sangat sederhana tinggal kita memerti tanda daerah mana yang akan kita lubangi sesuaikan bagian-bagian lubang seperti gambar.

oh iya, jangan lupa untuk memberi lubang untuk tempat memasukan uang pada bagian tengah celengan nanti, beri tanda terlebih dahulu menggunakan pensil agar mudah pada saat melubanginya nanti.


Mengikat Lubang Celengan dari kardus Dengan Tali Sepatu

Mengikat Lubang Celengan Dari Kardus Dengan Tali Sepatu

Tahapan terakhir yang harus kita lakukan dalam membuat kerajinan dari kardus menjadi celengan adalah mempersiapkan tali sepatu, terserah warnanya apa. Karena fungsi tali sepatu ini berfungsi sebagai perekat bagian samping celengan kardus, sekaligus sebagai media untuk memberi keindahan dan membuat unik celengan kardus yang kita buat.

Berilah pola tali pati pada satu bagian ujung tali sepatu, supaya saat memasukan tidak lepas dan bagian satunya biarkan saja. Sebagai sarana memasukan tali pada lubang kardus nantinya.


Ikuti Langkah-langkah Sebagai Berikut

Untuk menyesuaikan pola bagaimana memasukan tali ke lubang kardus yang sudah kita buat tadi, anda bisa mengikuti langkah-langkah pada gambar berikut untuk membuat kerajinan tangan celengan dari kardus.

Ikuti Langkah Langkah Sebagai Berikut

Ikuti Langkah Langkah Sebagai Berikut 2

Ikuti Langkah Langkah Sebagai Berikut 3

Ikuti Langkah Langkah Sebagai Berikut 4

Ikuti Langkah Langkah Sebagai Berikut 5

Ikuti Langkah Langkah Sebagai Berikut 6

Bila kamu sudah mahir dalam membuat cara membuat celengan dari kardus ini, kamu bisa mencoba untuk menjualnya dan menyimpan uangnya di celengan ini, hehehe. Dengan desain serta penambahan warna akan membuat celengan ini lebih menarik.

Dengan memiliki semangat untuk berkreasi dari hal yang sederhana akan membuat hidupmu lebih berwarna. Sebuah kerajinan tangan tidak diukur dari bagus atau tidaknya karya yang dihasilkan, tapi lebih pada kepuasan serta semangat untuk menyalurkan kreatifitas.

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.