Kerajinan Dari Rotan

Kerajinan Dari Rotan – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam dan juga budaya. Berbagai kekayaan alam bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk perabotan. Banyak sekali kerajinan dari rotan yang tidak hanya berfungsi sebagai  kerajinan saja, melainkan juga digunakan sebagai perabotan yang memiliki nilai guna dalam rumah tangga.

Banyak sekali perabotan rumah tangga dan peralatan lain yang menggunakan rotan sebagai bahan baku pembuataanya.  Rotan sendiri merupakan sumber daya alam Indonesia yang jumlahnya melimpah di Indonesia ini, sehingga tak heran jika banyak sekali kerajinan dan anyaman yang terbuat dari rotan. Tak dapat dipungkiri jika kerajinan dari rotan ini memiliki nilai estetikanya tersendiri.

Tak hanya sebagai alat yang memiliki keindahan saja, anyaman serta kerajinan dari rotan juga memiliki nilai fungsi yang sangat penting dalam kehidupan. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak sekali perlengkapan pribadi maupun rumah tangga yang berbahan rotan, adapun ciri khas dari pohon rotan ini memang tergolong kuat untuk dijadikan kerajinan.

Berbagai toko kerajinan pun hampir semuanya mungkin memproduksi anyaman atau produk yang berasal dari rotan. Bukan tanpa alasan, pecinta dari kerajina ini memang cukup banyak  sehingga produksinya tetap eksis hingga sekarang ini. Untuk ulasan lebih jelasnya mengenai kerajinan dari rotan ini, simak artikel ini sampai habis ya.


Keunggulan Kerajinan Berbahan Rotan

Keunggulan Kerajinan Berbahan Rotan

Tidak mungkin kan kalau suatu bahan diolah jika tak memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri? Begitupun dengan penggunaan rotan sebagai bahan baku pembuatan aneka kerajinan dan juga anyaman. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki rotan dan tentunya baik untuk dijadikan kerajinan:

  • Bobotnya lebih ringan dibandingkan kerajinan dari bahan yang lain. Hal ini membuat kerajinan atau furniture yang terbuat dari rotan ini mudah dipindahkan kemanapun dalam suatu ruang.
  • Dapat memberikan nuansa klasik terhadap sebuah ruang ataupun hunian
  • Hargaya juga relative murah bila dibandingkan furniture lain, tapi jangan khawatir dengan kualitasnya yak arena rotan juga masih berkualitas baik.
  • Kuat tentunya. Sudah banyak yang membuktikan bahwa rotan itu kuat lho, contohnya bisa dijadikan sebagai kursi.
  • Tahan lama, dengan catatan harus secara rutin dibersihkan dan dirawat.
  • Hadir dalam banyak inovasi. Kerajianan rotan juga saat ini sudah tersedia dalam banyak inovasi dan bahkan sudah banyak yang memproduksi dengan mengadopsi gaya modern dan vintage.

Aneka Kerajinan Berbahan Rotan

Aneka Kerajinan Berbahan Rotan

Ada beberapa bentuk kerajinan rotan yang bisa menjadi pilhan hiasan dan juga furniture untuk hunian dan pastinya akan membuat hunian menjadi lebih nyaman dan memiliki nilai keindahan sendiri. Di bawah ini ulasan lengkapnya:


1. Tas Dan Dompet

Tas Dan Dompet

Tas dan dompet merupakan kerajinan dari rotan pertama yang biasanya terbuat dari bahan kulit hewan bukan? Nah, ternyata rotan juga bisa digunakan dan dijadikan sebagai tas dan juga dompet lho.  Banyak yang tidak percaya jika ada dompet dan tas yang terbuat dari rotan, padahal tas dari anyaman rotan tak kalah menariknya untuk digunakan.

Siapa sangka kalau tas non-kain ini sangat laris di Amerika karena mengandung nilai estetika yang tinggi. Saat dipakai pun, kesan klasik dan unik juga akan melekat pada diri yang memakainya. Salah satu pengrajin rotan ternama dan memberi merek Chameo pada brandnya berhasil memasarkan produknya sampai Amerika Serikat.

Brand Chameo ini menggunakan bahan rotan sintesis untuk setiap anyaman dompet dan juga tasnya. Tidak hanya Amerika saja, Chameo juga dipasarkan diberbagai negara lain dibelahan dunia dan sudah hilir mudik diberbagai perhelatan fahion berstandar internasional. Pret a Porter di Paris, Japan fashion Week, dan Hongkong Fashion Week adalah contohnya.


2. Furniture Hunian

Furniture Hunian

Menampilkan kesan alam yang tradisonal namun tetap elegan adalah salah satu kelebihan dari furniture yang terbuat dari rotan. Banyak sekali orang yang memilih kerajinan rotan menjadi furniture untuk hunian mereka. Jika dulunya kerajinan rotan hanya seputar kursi dan meja, sekarang sudah banyak inovasi yang patut untuk diacungi jempol.

Sekarang, diberbagai toko khusunya yang khusu memproduksi furniture dari rotan, seseorang akan menjumpai berbagai furniture berupa tempat tidur, frame, dll dan terbuat dari rotan. Tak hanya itu saja, terdapat juga mebel-mebel lain seperti rak buku, cabinet, rak sepatu, bahkan hingga lemari pakaian, sangat unik bukan?

Seperti tas dan dompet, berbagai furniture ini juga sudah menembus pasar internasional dan menjadi primadona pasar luar negeri. Kegiatan ekspor juga sudah banyak dilakukan, seperti pada kegiatan ekspor tahun 2015 yang nilai ekspornya mencapai US$ 10 juta dari keseluruhan nilai ekspor yakni mencapai nilai Rp US$ 361 juta.


3. Sepatu dan Sendal

Sepatu Dan Sendal

sepatu dan sandal menjadi salah satu kerajinan yang sering menjadi objek untuk berinovasi. Jika dulunya, banyak sandal dan sepatu etnik yang menggunakan kain batik sebagai tambahan atau hiasannya, sekarang muncul inovasi baru. Menurut Dyah Chandra yang berasal dari Kalimantan Tengah, kearifan local Indonesia bukan hanya batik dan tenun saja.

Pengrajin asal Kalimantan Tengah ini menjadikan rotan menjadi bahan untuk membuat sepatu dan sandal etnik. Mengingat kekayaan rotan Kalimantan tengah yang amat melimpah, membuat Dyah kemudian memanfaatkan rotan menjadi sesuatu yang memiliki nilai seni yang tinggi dan bisa menjadi barang yang memiliki nilai guna.

Terbuat dari anyaman rotan, sepatu etnik ini hadir dalam berbagai motif-motif khas Suku Dayak yang kental. Jadi, sepatu saat ini bukan hanya terbuat dari kain biasa, melainkan sudah berinovasi dalam berbagai macam material, salah satunya rotan. Kesan tradisional namun elegan akan mampu membuat pemakainya merasa percaya diri.


4. Bantal Rotan

Bantal Rotan

Ada yang pernah membayangkan bagaimana sebuah rotan dijadikan sebuah bantal? Jika belum, maka pertanyaan itu akan terjawab dengan hadirnya bantal refleksi yang mampu mencegah pegal-pegal pada badan. Berbeda dengan isian bantal pada umunya, bantal yang terbuat dari anyaman rotan dibiarkan kosong pada bagian tengah dan hanya disanggah oleh beberapa bilah bambu.

Tak perlu khawatir soal kenyaman dari bantal ini, disebabkan rotan yang memiliki sifat lentur akan membuat bantal tetap nyaman untuk digunakan.  Selain tetap nyaman, berbagai macam manfaat juga bsa diperoleh dengan rutin menggunakan bantal refleksi ini. Seperti, mampu menjadi solusi bagi mereka yang memiliki riwayat vertigo.

Mengapa mampu mengatasi vertigo? Karena bantal rotan ini tidak berisi bahan yang mampu bergeser sehingga tetap stabil pada satu titik saja. Bahkan bantal ini dipercaya akan tetap digemari oleh orang-orang sebagai sesuatu  yang mampu menjadi alat untuk terapi. Bagaimana, sangat banyak manfaatnya bukan untuk manusia?


5. Kap Lampu

Kap Lampu

Kap lampu biasanya terbuat dari bambu dan juga kayu, namun saat ini inovasi kap lampu dari rotan sudah bermunculan. Dengan inovasi unik dari rotan ini akan membuat ruangan menjadi lebih estetik, lebih alami, dan juga elegan. Sangat besar minat masyarakat terhadap kap lampu dari bahan rotan ini sebagai salah satu hiasan rumah.

Kelebihan yang juga dimiliki kerajinan dari rotan satu ini adalah cahaya yang dipancarkan akan lebih terang. Hal ini disebabkan karena anyaman rotan memiliki celah yang lebih lebar jika dibandingkan dengan anyaman dari kayu maupun bambu.

Sangat banyak bukan kerajinan rotan yang bisa menjadi alternative hiasan untuk hunian. Tentunya, ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan dari menggunakan rotan ini seperti nilai estetikanya tinggi, murah namun tetap berkualitas membuat kerajinan ini tetap eksis hingga saat ini. Peminatnya pun tergolong banyak dari semua kalangan masyarakat.

Demikian artikel kali ini, semoga mampu menjadi insight untuk teman-teman semua yang masih bingung ingin mencari kerajinan dari rotan yang seperti apa. Cintai produk dalam negeri dengan ikut serta dalam mengguakan dan mempromosikannya. Cukup sekian, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.