Kerajinan Dari Kulit Telur

Kerajinan Dari Kulit Telur – Telur adalah bahan dapur yang tak bisa lepas keberadaanya dalam setiap masakan. Berbagai manfaat serta fungsi dari telur sebagai lauk atau campuran makanan lainnya  sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Tulah sebabnya, limbah atau sampah kulit telur juga menjadi hal yang terelakkan dalam sebuah rumah tangga. Memanfaatkan cangkangnya menjadi kerajinan dari kulit telur mungkin bisa jadi insight menarik.

Meskipun kulit telur bisa dengan mudah terurai, tidak ada salahnya bukan untuk memilih memannfaatkannya menjadi barang yang bisa dipakai kembali dibandingkan harus membuangnya begitu saja? Terlebih lagi jika dikreasikan dan bisa mendatangkan penghasilan untuk si pembuatnya. Jadi, selain menjaga kebersihan lingkungan bisa sekaligus berkreasi sekreatif  mungkin.

Sampai di sini masih mau membuang begitu saja kulit telur yang ada di rumah? Daripada membuang dan menjadikannya sampah tak berguna, yuk manfaatkan menjadi kerajinan dari kulit telur yang memiliki nilai guna! Barang unik tidak harus dibeli dengan harga mahal bukan? Seseorang bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan barang-barang sekitar.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang aneka kerajinan dari kulit telur yang bisa menjadi insiprasi siapapun dalam berkarya. Jangan sampai ketinggalan info dan aneka tips dalam mengkreasikan kulit telur menjadi lebih bermanfaat dan tentunya menjadi lebih menarik. Untuk info lebih jelasnya, simak artikel ini sampai tuntas ya.


Aneka kerajinan Dari Kulit Telur

Aneka Kerajinan Dari Kulit Telur

Sebetulnya, dalam membuat DIY barang-barang, dibutuhkan keterampilan dan juga kesabaran lebih. Ketelitian dalam membuat ataupun membuat kerajinannya dan kesabaran agar kerajinan bisa selesai sesuai dengan harapan. Masih bingung ingin mengkreasikan kulit telur menjadi kerajinan apa? Di bawah ini beberapa kerajinan yang semoga bisa menjadi inspirasi dalam berkarya. Berikut daftar-daftarnya:


1. Bingkai Dari Kulit Telur

Bingkai Dari Kulit Telur

Bosan dengan model bingkai yang itu-itu saja? Saatnya berkreasi dengan memanfaatkan cangkang telur yang biasanya terbuang begitu saja. Di tangan-tangan orang kreatif memang semua hal, bahkan barang tak terpakai pun bisa menjadi sesuatu yang lebih berguna. Misalnya, cangkang telur yang dibuat menjadi bola lampu hias.

Membuatnya juga sangat mudah dan pastinya bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan dari masing-masing pembuatnya. Bagi yang ingin langsung menghiasnya, bisa memakai bingkai polos yang sudah ada. Caranya cukup tempelkan cangkang telur yang telah dipotong-potong menjadi beberapa bagian, lalu tempeli pada pada gagang bingkai.


2. Menjadi Wadah Lilin

Menjadi Wadah Lilin

Siapa yang menyukai candle dengan berbagai variasi? sepertinya semuanya menyukai. saat ini, seseorang bisa membuat candle light dengan menggunakan cangkang telur yang sudah tidak termanfaatkan oleh orang-orang. selain menghemat budget, lilin ini juga tak kalah meletakkannya dengan DIY lilin lain pada umumnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa lilin bukan hanya berfungsi sebagai alat penerang di kala gelap saja. Tetapi bisa dipakai dalam berbagai   keperluan dan kebutuhan lain. Dengan memanfaatkan cangkang telur, seseorang bisa membuat wadah lilin yang fungsional tapi tetap cantik. Cangkang telur yang didesain sedemikian rupa dan menggunakan bahan lain bisa menjadi candle light yang tahan lama.


3. Boneka Dari Kulit Telur

Boneka Dari Kulit Telur

Boneka mungkin menjadi salah satu mainan yang disukai oleh anak perempuan pada umumnya. Itulah mengapa banyak mengkerasikan barang-barang tak berguna seperti cangkang telur menjadi kerajinan dari cangkang telur seperti berwujud boneka ini.

Selain menjadi mainan, boneka ini bisa menjadi hiasan kamar dan hiasan ruang lainnya. Bentuk telur itu sendiri kan bulat, jadi boneka yang bisa dikreasikan sebisa mungkin juga yang bulat dan pastinya lucu bukan?

Nah, kreasi boneka satu ini bisa dibuat dengan menggunakan cangkang telur yang dihias dan dilukis hingga menyerupai boneka atau wajah seseorang sekalipun. Seseorang bisa menggambar karakter kesukaannya pada permukaan cangkang telur yang sudah terpakai tadi.


4. Vas Bunga

Vas Bunga

Siapa bilang kalau vas bunga harus yang terbuat dari kaca, plastic, kayu, dan bahan mebel lainnya? Mungkin tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya kulit telur itu bisa dimanfaatkan menjadi vas bunga yang tak kalah cantik dengan vas bunga yang dijual di toko-toko. Dalam membuatnya juga tak memerlukan banyak bahan dan pastinya menghemat budget.

Kerajinan dari kulit telur ini berupa vas bunga ini memang tidaklah sebesar vas bunga pada umumnya. Namun, cangkang telur bisa divariasikan dengan membuatnya berjejer sehingga bunga seperti terbentuk satu rumpun. Telur sebisa mungkin dipecahkan pada bagian atas saja, sehingga bisa dimasukkan tangkai bunga nantinya.


5. Kaligrafi

Kaligrafi

Kerajinan kaligrafi memang masih menjadi kerajinan yang amat diminati oleh banyak orang. Selain sebagai bentuk identitas kepercayaan, kaligrafi juga sarat akan makna dan tentunya memiliki nilai seninya tersendiri. Hampir setiap rumah sepertinya memiliki hiasan kaligrafi ini sehingga tak heran banyak yang menawarkan kerajinan satu ini.

Tapi bagaimana jika kaligrafi terbuat dari cangkang telur yang sudah tak terpakai? Pastinya akan sangat unik bukan? Bahkan baru-baru ini, kaligrafi dari cangkang telur sempat viral dan diliput oleh banyak sekali media televise. Salah satu kerajinan  yang terbilang unik dan memiliki nilai estetikanya tersendiri.


6. Kreasi Kotak Multifungsi

6. Kreasi Kotak Multifungsi

Kotak atau wadah memang haruslah selalu ada dalam satu rumah sebagai solusi ketika ingin menyimpan atau menjadikan barang menjadi rapih membersihkan. Ada banyak sekali kreasi kotak serbaguna yang bisa dibuat dengan memanfaatkan barang-barang tak terpakai, salah satunya cangkang telur.

Berbagai desain dan hiasan bisa dimodifikasikan dengan menggunakan telur ini. Lalu seperti apa cara pembuatannya? Cukup dengan menyediakan kotak polos yang biasanya dijual di toko-toko, atau  bisa dengan menggunakan kotak DIY yang sudah ada sebelumnya.

Potong kecil-kecil cangkang telur sebelum ditempelkan.  Baluri kotak dengan menggunakan lem, lalu mulailah menempelkan potongan kulit telur hingga menutupi seluruh permukaan kotak.


7. Menjadikan Kulit Telur Menjadi Lukisan

Menjadikan Kulit Telur Menjadi Lukisan

hampir sama dengan proses pembuatan boneka, melukis telur lalu menjadikannya miniature adalah ide yang cukup menarik untuk dilakukan. Seseorang bisa menggambar karakter apapun dan mengkreasikannya sedemikian rupa agar terlihat lebih hidup dan juga berwarna. Bisa juga dengan menggambar telur menjadi rangkaian bunga.

Agar bisa digambari, sebaiknya kulit telur diberi warna dasar terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar proses pewarnaan dan gambar nantinya menjadi mudah dan warna menempel dan menyatu dengan sempurna. Membuatkan motif pada telur juga bisa dilakukan jiika tak ingin telur menyerupai karakter atau makhluk yang hidup.

Kerajinan-kerajinan tangan di atas pastinya sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang, karena memang barang-barang diatas kerap kali digunakan dalam keseharian sebagai hiasan atau pun barang fungsional lainnya. Rasanya dalam melakukan DIY atau do it by self  itu adalah hal yang patut diapresiasi, terlebih lagi jika memanfaatkan barang bekas.

Demikianlah tadi beberapa kerajinan dari kulit telur yang patut untuk dicoba dan dikreasikan semenarik mungkin. Pada intinya, kreasi apapun jika itu dilakukan dengan niat pasti akan terlihat cantik dan tentunya bisa dimanfaatkan kembali. Cukup sekian artikel kali ini, semoga bisa menjadi insiprasi untuk teman-teman semua. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.