Peluang Bisnis Menjanjikan Untuk Pemula

Bisnis untuk Pemula-Karakteristik anak millenial sekarang cenderung bosan dalam bekerja. Sehingga banyak di antara mereka yang lebih memilih berbisnis atau membuka usaha dibanding bekerja sebagai karyawan. Tidak sedikit juga dari mereka yang sukses dalam dunia bisnis.

Bukan hanya bosan yang menjadi alasan utamanya, waktu yang  tidak terikat, penghasilan yang tidak terbatas dan bisa dikerjakan dimana saja juga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih membuka usaha.

Memang, peluang usaha untuk pemula tidak membutuhkan modal yang besar atau keahlian yang khusus. Tidak juga membutuhkan manajememen yang kompleks.

Namun tetap saja, menjalankan bisnis juga tidak mudah, terlebih bagi mereka yang baru merintis. Perlu perencanaan yang tepat dan strategi bisnis yang sesuai agar bisnis dapat berkembang pesat. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi agar bisa menuju ke pintu kesuksesan.

Selain itu, Anda perlu memahami kemampuan Anda untuk menjalankan bisnis tersebut. Nah, pada artikel ini kami membagikan peluang usaha yang layak Anda pertimbangkan!

Bisnis Yang Cocok Untuk Pemula

Karakteristik bisnis yang cocok bagi pemula, pelajar, mahasiswa, anak muda maupun ibu rumah tangga adalah jenis usaha dengan modal kecil. Berikut beberapa contoh bisnis yang bagus untuk pemula yang menjanjikan.

Online Dropshipper

Di era digital seperti saat ini, sangat mudah sekali untuk menjual atau memasarkan suatu produk tanpa modal. Salah satu yang bisa jadi ide usaha bagi pemula adalah dropship.

Dropship adalah cara memasarkan produk, dimana penjual tanpa perlu menyimpan barang atau stok barang yang dipasarkan dan pengiriman barang pembeli dilakukan produsen atau suplier atas nama toko penjual yang memasarkan.

Jika Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, peluang usaha online sebagai dropshipper adalah solusi yang dapat Anda coba. Ide bisnis ini dapat Anda coba bahkan tanpa modal sekalipun. Anda hanya perlu memiliki smartphon dan kuota internet saja untuk menjalankan bisnis ini.

Selanjutnya, Anda hanya memasarkan produk dan menawarkan secara online. Apabila ada orderan masuk, Anda hanya perlu menghubungi suplier dengan memesan barang pesanan konsumen Anda. Nanti suplier Anda yang akan mengirim barang orderan konsumen Anda.

Jenis usaha ini sangat cocok bagi pemula yang modalnya terbatas. Juga jenis bisnis yang cocok untuk mahasiswa atau ibu rumah tangga. Karena kemudahannya yang bisa dilakukan dimanapun tanpa stok barang.

Jual Pulsa, Paket Data dan Token PLN

Kebutuhan pulsa di era digital ini sama halnya dengan kebutuhan pokok yang harus segera dipenuhi. Maka dari itu, bisnis ini layak dijalankan untuk pemula. Dengan modal 50.000Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini. Anda cukup memanfaatkan teras rumahmu, usaha ini sudah bisa berjalan dan menguntungkan.

Anda juga tidak perlu khawatir mencari target konsumen, karena tetangga sebelah rumah pasti membutuhkan. Sangat mudah bukan? Usaha ini cocok untuk segala jenis kalangan. Mulai dari ibu rumah tangga, bisnis untuk mahasiswa dan bisnis bagi anak sekolahan juga bisa.

Pada tahap yang lebih tinggi, ketika usaha sudah berkembang dari jualan pulsa bisa mendapat keuntungan yang besar. Misalnya Anda menjadi agen pulsa dan melakukan transaksi hingga ratusan dalam sehari.

Selain jual pulsa, menjual paket data dan token PLN bisa Anda jalankan sekaligus. Sebab dengan semakin banyaknya jasa yang ditawarkan. potensi peningkatan transaksi tinggi. Bagaiamana? Berani coba?

Jasa Laundry

Salah satu bisnis yang bagus untuk pemula adalah jasa laundry atau yang sering dikenal dengan jasa cuci dan setrika kiloann. Terlebih jika Anda tinggal di area dekat kawasan perumahan yang cenderung diisi orang sibuk bekerja dan tidak memiliki ART di rumah. Peluang bisnis ini sangat menjanjikan keuntungan besar, karna memang banyak yang membutuhkan jasa ini.

Bisnis Les Privat

Bisnis bagi pemula yang tidak membutuhkan modal adalah bisnis les privat. Bisnis ini cocok dijalankan para mahasiswa dan pelajar. Tentu bisnis ini tidak membutuhkan modal, Anda hanya perlu menawarkan jasa Anda saja.

Bisnis ini juga cukup potensial, peluangnya cukup besar terlebih di tengah pandemi covid-19 yang memaksa para pelajar untuk belajar di rumah.

Jasa Pengetikan dan Print

Bisnis jasa pengetikan dan print merupakan jenis bisnis yang cukup menjanjikan, terutama bagi yang tinggal di sekitar lingkungan kampus. Untuk membuka bisnis ini, ANda dituntut memiliki kemampuan pengetikan yang baik. Sebab pelanggan akan kembali jika hasilnya memuaskan.

Modal yang diperlukan untuk membuka bisnis ini adalah laptop/komputer dan printer saja. Untuk menghemat biaya, Anda dapat membeli perangkan bekas yang masih bagus untuk mendapat harga yang lebih murah.

Bisnis Menjadi Penulis Lepas

Jika Anda hobi menulis dan memiliki kemampuan menyampaikan ide dalam bentu tulisan, menjadi penulis lepas dapat dijadikan ide bisnis terbaik.

Jenis bisnis ini tergolong bisnis yang mudah dikerjakan dan nyaris tanpa modal. Sebab yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis, imajinasi dan kreativitas.  Disamping itu, bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa terikat waktu.

Jasa Fotografi dan Video

Bagi Anda yang hobi fotografi dan masih bingung menentukan usaha yang cocok, jasa fotografi bisa jadi solusinya. Bisnis ini berpotensi besar jika dengan strategi bisnis yang baik, untuk memulai bisnis ini juga tidak perlu modal. Anda hanya perlu mencari pelanggan saja dengan menawarkan jasa melalui portal internet.

Bisnis Jasa Jual Barang Bekas

Bisnis jual barang bekas seringkali diremehkan banyak orang. Namun, barang bekas dapat menjadi barang yang berarti jika dijual kepada orang yang benar-benar membutuhkan. Bagi pemula, tawarkan jasa menjual barang kepada teman Anda.

Bisnis Online Shop

Bisnis ini banyak sekali dilakukan oleh pemula yang ingin memulai usaha. Anda dapat menjual berbagai macam baju, celana/rok, pernak-pernik dan berbagai macam jenis sepatu. Ada banyak tempat jual beli online yang dapat Anda manfaatkan memulai usaha ini.

Jasa Titip

Saat ini, jenis usaha jasa tiip banyak digeluti karena memang ada target pasarnya. Nah, untuk Anda yang baru memulai usaha dapat memanfaatkan bisnis ini untuk menambah penghasilan.

Katering Rumahan

Jika Anda hobi memasak, maka usaha catering cocok Anda jalankan. Meskipun untuk membuka usaha ini membutuhkan modal, namun jika keuntungan yang diperoleh juga cukup besar. Terlebih jika Anda menerima orderan dalam jumlah besar.

Daycare

Peluang bisnis ini terbilang cukup baru, sehingga orang jarang memikirkannya. Namun, dengan begitu peluang Anda cukup besar karena persaingat tidak cukup ketat. Daycare adalah jasa penitipan anak, bisnis ini cocok dijalankan bagi Anda yang suka dengan anak-anak, sabar dan telaten.

Membuka Usaha Kecil-kecilan

Mungkin membuka bisnis kecil-kecilan terlihat biasa saja? Tapi jangan salah, bisnis ini untuk pemula terdengar sebagai langkah awal yang pas.

Dengan membuka usaha kecil-kecilan disekitar wilayah tempat tinggal, membuat Anda belajar untuk berhadapan konsumen, cara melayani konsumen, mempelajari karakter beragam konsumen yang dapat dimulai dari level yang paling mudah.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang sebagai ibu rumah tangga. Usaha warung yang menjual keperluan sehari-hari. Meskipun Anda hari ini masih membuka warung kecil-kecilan tidak menutup kemungkinan nantinya warung ini akan berkembang menjadi lebih besar lagi.

Membuka usaha kecil-kecilan seperti warung sembako termasuk jenis usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, terlebih lagi jika menggunakan sistem jasa titip. Jadi apapun yang dibutuhkan orang sekitar, Anda menyediakan meskipun dengan sistem pre-order. Hal ini tentu akan menjadi usaha yang menguntungkan di desa.

Bisnis Parfum Isi Ulang

Menjadi salah satu primadona, bisnis parfum refil menjadi salah satu pilihan yang cocok dijalankan siapa saja. Terutama ide bisnis untuk pemula. Konsumennya bertebaran dimana-mana, karena sudah pasti mereka ingin memiliki bau wangi yang harum.

Terlebih untuk harga parfum yang terbilang mahal, parfum refil ini menjadi salah satu alternatif pilihan yang pas bagi Anda yang memiliki budget tinggi. Menjalankan bisnis ini juga tidak terlalu sulit, hanya saja diperlukan tempat jualan yang strategis. Minimal dipinggir jalan, tempat lalu lalangnya orang-orang. Itupun tidak memerlukan ruangan yang cukup besar.

Bisnis Makanan Ringan/Cemilan

Tidak memiliki lokasi usaha yang strategis menjadi salah satu kendala terbesar bagi pemula yang ingin memulai usaha. Lalu bisnis apa yang cocok tanpa adanya lahan usaha? Jika Anda salah satu yang bingung, bisnis makanan ringan atau cemilan bisa jadi ide yang cocok. Bisnis ini bisa dijalankan hanya di rumah saja.

Bagaimana cara kerjanya? Anda bisa kerjasama dengan pemilik warung  menggunakan sistem titip jual. Dimana Anda mengirimkan beberapa barang dagangan, lalu waktu berikutnya akan dihitung jumlah dagangan yang terjual dan di bayar oleh pemilik warung.

Jasa Penerjemah

Jika Anda menguasai bahasa asing, maka manfaatkan keahlian tersebut untuk menawarkan jasa penerjemah. Bisnis penerjemah memang dibedakan menjadi dua, yaitu yang profesional dan yang pemula.

Namun, penerjemah profesional dahulunya juga penerjemah pemula. Penerjemah profesional biasanya tarifnya relatif mahal dan bekerja di bawah sumpah. Untuk penerjemah pemula, bisa dimulai dari menerjemahkan dokumen seperti artikel, skripsi, makalah dan lain sebagainya.

Peluang bisnis ini juga memberi hasil yang lumayan. Contohnya tarif terjemahan ANda 50/kata. Jika dalam satu halaman ada 500 kata, maka Anda mendapat 25.000. Kemudian jika dalam sehari Anda menyelesaikan 5 dokumen, maka Anda sudah mendapat 125rb, menarik bukan?

Tips Memulai Bisnis

Jika kamu ingin menjadi seorang entrepreneur, namun masih belum tau langkah apa yang perlu kamu tempuh untuk memulai bisnis. Tips ini, wajib kamu baca dan kamu coba.

Pilih Usaha yang Sesuai Hobi

Coba bayangkan, ketika Anda menyukai kegiatan tertentu sudah pasti Anda akan melakukan dengan sukarela dan senang hati. Anda juga pasti akan melakukan yang terbaik. Sama halnya dengan memulai bisnis, ketika Anda membuka usaha sesuai dengan hobimu maka secara otomatis akan menjalankan dengan sepenuh hati.

Oleh karena itu, langkah awal bisnis untuk pemula yakni tentukan usaha sesuai dengan hobi. Seperti contoh Anda memiliki hobi merias wajah, Anda bisa membuka usaha menjual alat make up dan perlengkapan make up lainnya.

Fokus Pada Satu Jenis Bisnis

Ketika target awal kita memulai bisnis agar secepat mungkin mendapat keuntungan, maka akan banyak jenis usaha yang akan dicoba. Untuk pemula, akan lebih baik jika hanya fokus pada satu jenis bisnis. Agar bisnis yang Anda pilih lebih terarah.

Anda juga akan lebih mudah menemukan ide kreatif dan beragam inovasi dari bisnis yang kamu jalankan. Berbeda dengan ketika memilih menjalankan lebih dari satu bisnis. Tentu pikiran juga tenaga akan terbagi-bagi, sehingga kemungkinan besar bisnis yang  dijalani akan sulit untuk berkembang dengan baik.

Menentukan Jenis Usaha

Kebanyakan orang memilih bisnis yang sedang hits karena dianggap cepat menghasilkan uang. Menentukan jenis bisnis ini penting sekali bagi pemula karena menentukan nasib bisnis jangka panjang.

Boleh saja, Anda menentukan bisnis yang sedang hits, namun menjalankan bisnis yang sesuai hobi Anda cenderung bertahan lama dibanding bisnis yang musiman atau hanya sekedar ikut-ikutan saja.

Belajar Usaha dari Orang Berpengalaman

Salah satu kunci kesuksesan bagi seorang pengusaha adalah belajar dan terus belajar. Ilmu memang mahal harganya. Semua orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada seseorang yang menguasahi segala hal, maka bersikap terbuka dengan pemikiran orang lain adalah keharusan dalam memulai bisnis.

Terutama belajar kepada orang yang sebelumnya sudah menyelami bisnis dan telah berpengalaman dalam dunia bisnis. Anda juga dapat berkonsultasi agar mendapat ilmu yang bermanfaat dari mereka. Pilihlah mentor orang yang sudah sukses dalam hal bisnis untuk menjadi penasehat Anda. Berdiskusi dengan mereka tentang hal yang perlu dilakukan untuk memulai usaha hingga sukses.

Bekerjasama dengan Patner Bisnis yang Tepat

Untuk Anda yang baru memulai bisnis, jika memutuskan untuk bekerjasama dengan orang lain pilihlah patner yang tepat dan terpercaya. Anda dapat mendiskusikan modal bisnis serta segala permasalahan internal dalam memulai bisnis. Anda juga perlu berhati-hati agar terhindar dari penipuan. Tidak sedikit patner bisnis yang tidak jujur menjadi sebab perpecahan yang berbuntut pada hancurnya bisnis yang dibangun.

Memilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi bisnis untuk pemula perlu dipikirkan secara matang. Tidak sedikit pengusaha yang rela mengeluarkan modal besar, namun usahanya tidak sesuai yang diharapkan hanya karena pemilihan lokasi yang kurang tepat. Sebagai contoh jika Anda ingin membuka bisnis kuliner, maka lokasi strategisnya yang bisa dipilih berada disekitar perkantoran, kampus atau pabrik.

Melihat Peluang Usaha Sekitar

Tidak banyak orang menyadari potensi usaha yang ada di lingkungan sekitar. Jika kamu sedang mencari peluang usaha, maka bisa dimulai dengan mengamati dan menganalisa peluang lingkungan sekitar. Seperti contoh mengamati warung sembako disekitar rumah, selanjutnya pelajari faktor-faktor yang membuat warung tersebut ramai dan sukses.

Dari data tersebut Anda bisa membuat warung sembako juga dengan konsep yang berbeda. Dengan memberikan konsep yang tidak dimiliki warung sembako sebelumnya.

Keuntungan Merintis Bisnis Bagi Pemula

Sebuah bisnis yang besar, pada awalnya berasal dari bisnis yang kecil dulu. Memiliki bisnis bagi pemula memiliki banyak keuntungan. Selain mendapat penghasilan, dengan bisnis bagi pemula mendapat keuntungan adalah mudah dikelola karena jenis usahanya kecil dan ringan. Berikut beberapa keuntungannya:

  • Bisnis yang dijalankan di awal untuk pemula, tidak memerlukan modal yang besar. Modal yang sedikit ini nominalnya dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan ribu tergantung jenis usaha yang dipilih. Apalagi saat ini sudah bisa diperjual belikan lewat internet, tanpa modalpun juga bisa dijalankan seperti bisnis online dropshipper.
  • Usahanya lebih cepat dimulai. Memulai usaha bagi pemula tidak memerlukan waktu lama. Karena jenis usahanya yang ringan dan modal yang kecil, tanpa perlu waktu lama untuk mengumpulkan modal. Usahanya bisa secepat mungkin dimulai.
  • Fokus pada kebutuhan pelanggan. Karena bisnisnya masih kecil, pelayanan menjadi prioritas utama. Jika service baik, akan membangun image baik bagi toko kamu dan belanggan akan datang lagi ke toko kamu.
  • Fleksibel. Usaha kecil mudah beradaptasi dengan kebutuhan pasar juga mampu menghadirkan inovasi baru yang menyesuaikan dengan keadaan.
  • Bebas, pemilik bisnis bebas mengelolah strategi bisnis, mengambil keputusan namun tetap tidak lepas dari tanggung jawab.

Itulah beberapa tips usaha untuk pemula dan beberapa peluang bisnis yang cocok untuk pemula. Silahkan dipilih sesuai yang Anda minati. Menjadi entrepreneur dalam bidang apa saja yang paling utama dibutuhkan adalah pengalaman bagi pelakunya. Hal ini bisa Anda dapatkan ketika sudah memutuskan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis.

Di tahap inilah Anda belajar, sekaligus ladang usaha untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun tidak langsung mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar, setidaknya Anda sudah mendapatkan bekal sebagai bahan evaluasi untuk menjalankan bisnis selanjutnya.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: