Cara Membangkitkan Alam Bawah Sadar dengan Cepat

Apakah Anda ingat ketika Anda mencoba mengendarai sepeda untuk pertama kalinya? Bisakah Anda menghitung berapa kali jumlah pengulangan yang di perlukan?

Untuk melakukan suatu tarian yang sempurna tanpa membuat satu kesalahan, apakah Anda mengingat berapa jumlah pengulangan gerakannya? 1 kali? 10 kali? 100 kali?

Pernahkah Anda mencoba untuk belajar menguasai suatu alat musik baru? Apakah Anda mencoba satu kali saja? Tentu tidak kan?

Serangkaian tindakan yang baru pertama kali di lakukan tentu akan terasa sulit. Karena itu, butuh pengulangan atau repetisi berkali kali agar bisa menguasainya.

Begitu kita terampil, gerakan-gerakan ini akan mulai membutuhkan kesadaran yang kurang sadar sampai semuanya mulai mengalir secara alami atau bertindak secara otomatis.

Semua gerakan otomatis ini di pandu oleh salah satu kekuatan batin yang paling kuat dan menggerakkan perilaku manusia yaitu pikiran bawah sadar atau alam bawah sadar (Subconscious Mind).

Ada yang pernah mendengar istilah alam bawah sadar atau pikiran bawah sadar? Sudah tahu apa itu alam bawah sadar? Jika belum, simak pembahasannya!

Apa itu Alam Bawah Sadar

Dalam ilmu psikologi, pikiran bawah sadar (subconscious Mind) adalah bagian dari pikiran yang saat ini tidak berada dalam kesadaran.

Kata bawah sadar melambangkan versi Inggris yang ter-sub konsentrasi seperti yang di ciptakan oleh psikolog Pierre Janet (1859-1947), yang berpendapat bahwa di balik lapisan fungsi pemikiran kritis dari pikiran sadar terdapat kesadaran kuat yang ia sebut alam bawah sadar atau pikiran bawah sadar (subconscious Mind).

Pikiran sadar kita terdiri dari 12% dari otak kita, sedangkan pikiran bawah sadar terdiri dari 88% otak. Apa artinya hal itu bagi kita?

Ini berarti bahwa pikiran bawah sadar mengendalikan hidup kita. Hal ini benar adanya, sebagian besar dari kita tidak atau belum memahami rasio kesadaran ini.

Kita berpikir bahwa hidup kita hanya di kendalikan oleh pikiran sadar saja. Namun, ternyata tidak pikiran bawah sadar / alam bawah sadar kita adalah yang mengendalikan hidup kita.

Pernahkah kita mengendalikan peredaran darah dalam tubuh? Tidak pernah! Karena semua di lakukan oleh alam bawah sadar.

Pernahkah kita mencoba mengendalikan pergantian sel dalam tubuh yang terjadi setiap waktu? Tidak pernah! Karena semua dilakukan oleh alam bawah sadar.

Karena itu, kita perlu memahami cara mengendalikan alam bawah sadar agar data-data yang terekam sesuai dengan apa yang menjadi tujuan kita.

Apa Kekuatan Alam Bawah Sadar

Peran pikiran bawah sadar adalah menyimpan semua pengalaman hidup kita sebelumnya. Keyakinan, ingatan, keterampilan, semua situasi yang telah kita lalui dan semua gambar yang pernah kita lihat.

Semua hal tersebut tersimpan di pikiran bawah sadar kita dan menjadi software kita. Sebagai penyimpan data dan program, pikiran bawah sadar akan menentukan cara kita merespon sesuatu, bertindak dan berpikir.

Alam bawah sadar juga bertanggung jawab atas perasaan dan emosi yang di picu secara otomatis ketika tiba-tiba kita menghadapi situasi yang baru.

Sebagai contoh ketika kita  hendak memberikan presentasi maka semua ketakutan dan perasaan cemas yang mungkin kita alami sebenarnya di luncurkan dan di kendalikan oleh pikiran bawah sadar.

Sebaliknya, pikiran sadar bertanggung jawab atas logika, perhitungan dan semua tindakan yang di lakukan saat kita sadar.

Pikiran bawah sadar juga mengontrol fungsi-fungsi lain di dalam tubuh kita seperti bernafas dan mengatur detak jantung.

Ketika informasi tentang mengemudi di simpan ke pikiran bawah sadar kita, hal itu akan tersimpan sebagai sebuah program.

Pikiran kita mirip dengan komputer, informasi tentang mengemudi akan di install sebagai perangkat lunak yang dapat di jalankan secara otomatis kapan pun di perlukan.

Hal yang sama berlaku untuk banyak kegiatan dan emosi lainnya. Jika seseorang mengganggu kita, program kemarahan yang di pasang di pikiran sadar kita akan di luncurkan dan hasilnya adalah perilaku yang mungkin akan kita sesali nantinya.

Dengan memprogram pikiran bawah sadar dengan program baru, kita dapat memperbaiki banyak masalah di tingkat kesadaran atau kepribadian kita.

Pastikan saja sistem auto pilot kita mampu menjalankan sistem kita. Tanpa merusak hidup atau menyebabkan kita mendapat masalah di kemudian hari.

Pikiran bawah sadar tidak dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Pikiran bawah sadar akan mengubah pemikiran yang di gerakkan oleh rasa takut menjadi kenyataan, serta mengubah pikiran yang di dominasi oleh kepercayaan menjadi kenyataan.

Ini sebenarnya adalah salah satu celah bagi orang untuk dapat menanamkan program apa pun ke pikiran bawah sadar manusia.

Contoh Perilaku Alam Bawah Sadar

Cara terbaik untuk memahami alam bawah sadar adalah dengan melihat contoh orang yang ingin belajar cara mengendarai mobil.

Pada awalnya kita tidak akan dapat melakukan percakapan dengan siapa saja saat mengemudi mobil, karena kita akan fokus pada berbagai gerakan yang terlibat. Itu karena diri kita masih menggunakan pikiran sadar untuk mengemudi.

Beberapa minggu kemudian, mengemudi menjadi sebuah habit atau kebiasaan alami yang terjadi secara otomatis tanpa perlu memikirkannya di level pikiran sadar.

Orang tersebut bahkan mulai bisa mengemudi sambil menggunakan ponselnya atau berbicara dengan teman-temannya saat mengemudi.

Hal ini terjadi karena kebiasaan mengemudi telah di pindahkan ke pikiran bawah sadarnya dan karenanya pikiran sadar menjadi lebih bebas.

Dengan demikian, orang tersebut selama mengemudi dapat berbicara di ponsel. Dia bahkan bisa melakukan kegiatan chatting sambil mentransfer uang menggunakan aplikasi ponsel pintar saat dia mengemudi.

Cara Kerja Alam Bawah Sadar

Menurut pakar hipnoterapi Adi W. Gunawan, pikiran alam bawah sadar bekerja untuk melindungi kita dari hal-hal yang di anggap berbahaya secara fisik maupun emosional.

Pada intinya pikiran bawah sadar selalu menginginkan kita dalam kondisi yang nyaman. Karena itu pikiran bawah sadar memiliki sistem perlindungan yang kuat dalam menjaga data-data yang tersimpan.

Contohnya adalah fobia dan trauma, sebagian orang menganggap bahwa trauma adalah penyakit. Namun, faktanya trauma tidak lebih dari cara pikiran bawah sadar melindungi kita dari bahaya.

Trauma adalah peristiwa kurang baik yang terjadi di masa lalu. Peristiwa itu tersimpan dalam alam bawah sadar.

Ketika ada peristiwa yang berkaitan kejadian tersebut muncul, maka secara otomatis pikiran bawah sadar akan memberitahu bahwa hal ini adalah sesuatu yang berbahaya.

Cara kerja bawah sadar yang lain untuk melindungi data-data adalah dengan memfilter setiap informasi yang akan masuk.

Untuk memasukkan data atau informasi pada pikiran bawah sadar adalah perkara yang tidak mudah. Informasi tersebut harus melalui mekanisme penyaringan cukup ketat.

Setiap informasi yang masuk pada alam bawah sadar, jika tidak relevan dan tidak penting maka informasi tersebut akan di tolak.

Jika berhasil masuk di filter pertama, setiap informasi akan di filter lagi oleh mental di dalam pikiran bawah sadar.

Filter mental terdiri dari:

  • Filter untuk keselamatan hidup
  • Moral atau agama
  • Filter sesuatu yang di anggap benar atau salah
  • Filter sesuatu yang di anggap masuk akal atau tidak

Jika berhasil lolos dari 4 filter tersebut, maka data tersebut akan di terima di simpan dalam pikiran bawah sadar.

Menurut Pak Adi W. Gunawan, data yang tersimpan di pengaruhi 3 faktor, jika:

  • Program sejalan dengan cara kerja alam bawah sadar.
  • Kuatnya emosi yang di rasakan.
  • Jika tidak ada pertentangan dengan program bawah sadar yang sudah ada.

Baca Juga : Cara Menarik Energi Uang dengan Konsep Law of Attraction

Sekilas Tentang Reticular Activating System

Filter pertama yang di lalui setiap informasi masuk dalam otak adalah kritisnya pikiran sadar.

Dalam neurology, kritisnya pikiran sadar disebut dengan Reticular Activating System (RAS).

RAS ibarat satpam yang menjaga pintu gerbang otak. Fungsi Reticular Activating System (RAS) adalah sebagai penyaring informasi yang masuk sebelum menuju pikiran bawah sadar.

Menurut para ilmuan ada sekitar 2 juta bit lebih informasi yang masuk setiap hari. Mulai dari informasi tentang pekerjaan, sifat seseorang, barang-barang di sekitar kita dan lainnya.

Atas bantuan Reticular Activating System (RAS) dari sekitar 2 juta informasi tidak masuk semuanya ke pikiran.

Informasi tersebut lebih dulu di filter Reticular Activating System (RAS), kita hanya menerima sekitar 5-9 bit setiap detiknya.

Contoh sederhananya ketika kita sedang mengobrol di keramaian. Meskipun banyak orang yang berbicara, kita tetap bisa mengobrol dengan lawan bicara tanpa merasa terganggu dengan kebisingan.

Apakah Pikiran Bawah Sadar Bisa Di Program Ulang?

Dengan ini kita menjadi paham bahwa kita hidup berdasarkan program yang tertanam di alam bawah sadar.

Sama halnya dengan komputer yang bekerja sesuai dengan program yang terinstal di memorinya.

Sederhananya bahwa apa yang terjadi dalam hidup kita sekarang adalah hasil dari program yang tertanam di alam bawah sadar kita.

Lalu apakah kita dapat menciptakan program yang kita inginkan di pikiran bawah sadar? Apakah kita dapat menghapus program yang tidak kita inginkan dan mengganti dengan yang lebih positif?

Jawabannya adalah sangat bisa dan sangat memungkinkan. Sama halnya dengan komputer, kita bisa menginstal dan meng-uninstal setiap program.

Kita bisa menginstal ulang program yang selama ini bekerja dengan kurang baik dan menggantinya dengan program yang lebih baik lagi.

Caranya bagaimana? Caranya dengan membangkitkan alam bawah sadar untuk mencapai yang kita inginkan.

Cara Membangkitkan Alam Bawah Sadar dengan Cepat

Untuk mencapai hal yang kita inginkan dengan memaksimalkan potensi alam bawah sadar, kita perlu membangkitkannya.

Membangkitkan alam bawah sadar bermanfaat bagi kita untuk mencapai tujuan. Caranya yakni dengan memastikan bahwa pikiran bawah sadar memiliki program-program dan data yang positif.

Selanjutnya pikiran bawah sadar akan bekerja dengan kekuatan dan keajaibannya sendiri. Tugas kita hanya mengisi pikiran bawah sadar dengan hal-hal yang kita inginkan terjadi.

Untuk membangkitkan alam bawah sadar dengan mengisi data yang positif dapat di lakukan dengan beberapa cara yaitu:

Afirmasi Positif

Pikiran bawah sadar kita dapat membuat semua yang kita katakan dan lakukan sesuai pola yang konsisten menjadi kenyataan.

Inilah sebabnya mengapa afirmasi positif sangat efektif. Kita dapat membangkitkan alam bawah sadar dengan cepat jika menyelipkan kalimat positif yang berorientasi pada impian atau kesuksesan.

Mulailah membiasakan diri dengan berafirmasi positif setiap hari. Ucapkan satu kata positif setiap kali kita menghadapi tantangan atau sekedar untuk menambah energi positif.

Visualisasi

Jika ada tujuan dalam pikiran kita, ada baiknya untuk selalu melakukan visualisasi tujuan tersebut.

Kita dapat menggunakan visualisasi untuk memprogram pikiran kita mewujudkan impian. Alasannya karena pikiran bawah sadar tidak dapat membedakan mana kenyataan dan mana imajinasi.

Misalnya jika kita sedang mengerjakan proyek apa saja, coba bayangkan bagaimana jika kita menangani proyek dengan pasti dan positif. Bayangkan bahwa proyek kita aman dan berhasil di implementasikan.

Rajin melakukan latihan ini akan membantu dalam mengubah imajinasi menjadi kenyataan. Visualisasi dapat memakan waktu sekitar 5 menit, namun dampak positifnya sepanjang hidup.

Visualisasi merupakan cara membangkitkan alam bawah sadar dengan cepat. Apa saja yang ingin di capai, visualisasi dapat mengaktifkan alam bawah sadar untuk bergerak mencapai semua yang kita inginkan.

Teknik Bersyukur

Meluangkan waktu untuk bersyukur setiap hari sama halnya dengan mengaktifkan alam bawah sadar agar lebih memperhatikan hal yang baik.

Syukur yang dapat memprogram bawah sadar bukan syukur biasa. Namun ungkapan rasa syukur ketika mendapat sesuatu secara mendalam dan bersyukur ketika bahkan sebelum menerima hal baik.

Alih-alih bersyukur atas hal yang baik dalam hidup, bersyukurlah untuk semua hal yang kita inginkan terjadi seolah-olah kita sudah memiliki.

Meditasi

Meditasi menjadi cara terbaik untuk lebih fokus pada alam bawah sadar. Bagi yang bermeditasi untuk pertama kalinya, lakukan sesi meditasi selama 5-10 menit.

Mulai dengan mencari tempat yang tenang dan nyaman, kemudian lakukan meditasi. Pegang stopwatch untuk mengatur sesi meditasi. Teknik meditasi dapat membantu untuk lebih fokus dan bertekad.

Melakukan meditasi akan membuat kita lebih rileks, nyaman serta membantu alam bawah sadar untuk berkonsentrasi hanya pada hal-hal yang baik.

Memprogram Alam Bawah Sadar dengan Relaksasi

Ada banyak cara masuk alam bawah sadar dengan cepat, salah satunya melalui relaksasi.

Relaksasi berguna untuk memastikan bahwa data alam bawah sadar relevan dengan hal yang menjadi tujuan kita.

Dengan begitu, kita dapat memprogram alam bawah sadar sesuai dengan tujuan untuk mencapai yang kita inginkan. Kira-kira bagaimana caranya? Berikut pembahasannya.

Cari Tempat yang Tenang

Mulai cari tempat yang tenang dimana kita tidak akan di ganggu siapa saja. Berbaring secara telentang dengan kaki sedikit terbuka.

Hadapkan telapak tangan ke bawah dengan lengan sedikit terentang dari tubuh dan pastikan Anda nyaman.

Fokus pada kesadaran pikiran Anda, jangan sampai perhatian Anda teralihkan selama relaksasi entah itu dari suara, suhu sekitar maupun ponsel Anda.

Arahkan Pandangan Pada Satu Titik

Fokuskan pandangan Anda pada satu titik di langit-langit. Mulai tarik nafas panjang, ulangi sampai 3 kali.

Buang napas dalam-dalam dan rasakan gelombang relaksasi menghampiri Anda. Saat Anda melepaskan ketegangan dan kekhawatiran, rasakan tubuh yang mulai relaks. Pada napas ketiga, tutup mata Anda.

Ambil Napas 7

Setelah menutup mata, ambil tarikan napas dalam-dalam hingga 7 kali. Biarkan diri Anda tenggelam ke tempat tidur.

Dengan setiap napas, pikirkan diri Anda lebih dalam dan lebih rileks. Setelah 7 napas, pastikan diri Anda dalam kondisi relaksasi yang dalam. Jika tidak, maka lanjutkan sampai otot di tubuh Anda benar-benar rileks dan santai.

Ketika Anda sudah mencapai keadaan relaksasi ini, maka alam bawah sadar Anda tidak perlu bekerja keras untuk menggerakkan otot, mengatur suhu dan melacak fungsi motorik. Sehingga Anda mendapat perhatian penuh.

Dalam istilah ilmiah di kondisi ini otak beralih dari memproduksi gelombang beta (keadaan sangat sadar) menjadi otak yang memproduksi gelombang theta.

Pada gelombang theta, kita dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar kita dan secara alami dapat menghilangkan stres.

Mulai Visualisasi

Setelah benar-benar rileks dan sudah mencapai relaksasi total, mulailah untuk memvisualisasikan tujuan.

Bayangkan diri  kita mencapai tujuan kita dan mendapatkan hasilnya. Sedetail mungkin, karena pada kondisi rileks seperti ini otak tidak dapat membedakan mana imajinasi dan mana yang kenyataan.

Semakin besar perasaan dan semakin kita mempercayainya, maka potensi berhasilnya juga semakin tinggi. Sebab di tahap visualisasi ini pada teknik relaksasi kuncinya ada di perasaan kita.

Kesimpulan

Membangkitkan alam bawah sadar dengan cepat berguna untuk memprogram ulang alam bawah sadar agar mencapai tujuan kita.

Sering kali seseorang merasa kurang beruntung dalam setiap hal, kemungkinan besar bukan salah tindakannya.

Melainkan karena program di pikiran bawah sadar yang tidak relevan dengan keinginannya. Sehingga menghambat kesuksesannya.

Dengan memahami cara memaksimalkan potensi bawah sadar ini akan bermanfaat untuk meraih kesuksesan di masa depan.

 

Sumber:

  • https://edwardrhidwan.id/
  • https://www.hackingofgod.com/

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: