macam macam warna merah

Mengenal Jenis-jenis Warna Merah

Jenis Warna Merah – Hallo sahabat lentera, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas informasi mengenai salah satu dari beraneka ragam jenis warna di dunia.

Setelah sebelumnya kita membahas pengertian warna secara umum dan klasifikasinya. Di pembahasan kali ini, kita akan mempelajari lebih dalam lagi macam macam warna merah.

Berdasarkan teori Brewster, warna merah merupakan salah satu jenis warna primer. Dimana warna primer adalah  warna pokok atau warna dasar yang berfungsi sebagai pondasi terbentuknya warna lainnya.

Secara teknis tanpa adanya warna primer, maka warna lain tidak akan bisa dibentuk. Karena warna primer adalah warna induk, yang murni terbentuk sendiri tanpa perlu dicampur warna lain.

Nah, sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih jauh, ada baiknya kalau kita mengetahui apa arti warna merah itu sendiri terlebih dahulu. Yuk kita simak bersama-sama penjelasannya.

Pengertian Warna Merah

pengertian warna merah
by pinterest

Merah atau warna merah adalah warna yang berada di frekuensi cahaya yang paling rendah yang dapat dilihat dan dapat dipandang oleh mata manusia. Macam-macam warna merah memiliki panjang gelombang dengan jangkauan sekitar 630 hingga 760 nm.

Darah yang diberi dengan oksigen akan menjadi berwarna merah dikarenakan adanya hemoglobin. Cahaya merah merupakan cahaya yang awal kali diserah oleh air yang ada di laut, hal ini membuat banyak ikan yang terlihat berwarna merah cerah menjadi terlihat berwarna hitam pada habitat asli mereka.

Warna merah adalah salah satu dari warna primer additif, yakni komplemen dari warna cyan atau biru kehijau-hijauan. Warna merah juga pernah dipertimbangkan untuk menjadi warna primer subtraktif. Namun diketahui warna cyan, magenta dan juga warna kuning lebih mendekati warna primer subtraktif yang mampu dideteksi oleh pandangan mata.

Arti dan Pengaruh Warna Merah

macam-macam warna merah
by google

Warna merah adalah warna yang memberi kesan hangat dan positif yang berkaitan dengan kebutuhan fisik dan keinginan kita untuk bertahan hidup. Hal ini memancarkan energi yang kuat. Lalu apa saja arti warna merah dan pengaruh warna merah? Berikut kami sajikan informasinya:

  • Merah adalah energi

Jenis jenis warna merah akan meningkatkan energi fisik kita, meningkatkan detak jantung dan tekanan daerah kita dengan mendorong pelepasan hormon adrenalin.

  • Merah adalah keinginan

Warna merah berkaitan dengan keinginan fisik dalam segala hal, baik itu seksual maupun nafsu makan.

  • Merah adalah gairah 

Macam-macam warna merah artinya warna penuh gairah dalam suatu masalah maupun usaha, termasuk cinta atau kebencian yang penuh gairah.

  • Merah adalah aksi

Warna merah melambangkan suatu aksi yang bergerak cepat dan mempromosikan kebutuhan atau tindakan serta gerakan.

Dalam kehidupan sehari-hari, makna warna merah dapat memberi pengaruh berupa:

  • Merangsang (Stimulus)

Merah dapat merangsang indra fisik, nafsu birahi dan fisik. Hal ini akan merangsang gairah menjadi lebih dalam lagi pada diri kita, seperti keberanian, kebencian atau balas dendam.

  • Menarik perhatian

Jenis-jenis warna merah dapat menuntut kita untuk memperhatikan dan mengingatkan kita akan bahaya. Nah, inilah salah satu penyebab mengapa warna merah lampu lalu lintas sebagai tanda berhenti? Karena merah adalah warna universal sebagai tanda bahaya.

  • Tegas dan agresif

Sebuah survei kecil pernah dilakukan beberapa tahun lalu yang menunjukkan bahwa pengemudi mobil merah termasuk wanita, mengatakan bahwa mereka merasa cukup agresif ketika mengendarai mobil merahnya.

Arti Warna Merah dalam Psikologi Warna

arti warna merah
picture by pexels.com

Me

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Warna merah merupakan warna yang memiliki aura yang sangat kuat. Warna merah memberi arti suatu gairah dan memberi energi yang menyerukan suatu tindakan agar pekerjaannya segera tuntas.

Dalam psikologi warna, macam-macam warna merah merupakan warna yang memiliki arti simbol kebaranian, kekuatan dan energi, selain itu warna merah juga menjadi simbol tentang gairah untuk melakukan suatu tindakan.

Macam-macam warna merah merupakan warna yang paling utama dari jenis warna lain. Warna merah termasuk dalam golongan warna yang hangat. Makna warna merah sendiri dapat mewakili suatu reaksi terkuat dalam diri seseorang.

Warna merah adalah warna intens yang dikemas dengan perasaan emosi seseorang mulai dari cinta, kemarahan, dewa asmara hingga iblis. Warna merah ini merupakan warna yang panas, yang mampu membakar emosi.

Bukan hanya panas, macam macam warna merah juga terkenal dengan psikologi seseorang dengan karakteristik orang yang kuat, berani dan berenergi.

Studi menunjukkan bahwa jenis warna merah dapat menunjukkan efek fisik atau kesehatan seperti tekanan darah tinggi, peningkatan laju pernapasan, meningkatnya metabolisme tubuh, hingga peningkatan kepercayaan diri yang tinggi.

Warna merah merupakan warna yang sangat mencolok, oleh sebab itu warna merah dipercaya sebagai warna yang dapat memberikan daya tarik lebih, sehingga warna merah banyak mendapatkan perhatian dari orang yang lain ketika melihatnya.

Perhatian yang banyak itu juga memberikan kesan kepada seseorang untuk dengan mudah memusatkan perhatian dan membuat keputusan cepat dalam melakukan sebuah tindakan.

Alasan diatas juga menjadi sebab, mengapa mobil ambulan dan mobil pemadam kebakaran menggunakan warna merah.

Baca Juga : √25+ Jenis-jenis Warna Pink Lengkap Beserta Penjelasannya

Arti Warna Merah Di Berbagai Budaya Dunia

arti warna merah
by pinterest.com

Macam-macam warna merah yang ada di dunia ini memiliki arti luas. Sehingga di berbagai budaya dunia, arti warna merah berbeda dari negara yang satu dengan yang lain. Penasaran kan apa arti warna merah berdasarkan berbagai budaya di dunia? Yuk jangan sampai terlewatkan!

Arti Warna Merah Di China

Di China, makna warna merah yaitu sebagai simbol keberuntungan. Bahkan, warna merah dijadikan sebagai warna baju khusus bagi pengantin wanita agar si mempelai mendapat kemakmuran dan kekayaan dalam kehidupan mereka.

Selain itu, warna merah juga menjadi icon warna negara China. Hal tersebut dibuktikan dengan pemakaian warna merah sebagai warna bendera China. tempat ibadah orang China hingga Barongsai yang identik dengan negara China juga berwarna merah.

 Arti Warna Merah Di Eropa

Eropa seringkali mengkombinasikan warna merah dengan warna hijau. Kedua warna tersebut mewakili warna hari natal dan musim liburan yang menyenangkan.

 Arti Warna Merah Di Afrika Selatan

Makna warna merah di negara Afrika Selatan yaitu berkabung. Warna merah di Afrikan Selatan diasosiasikan sebagai warna kematian. Karena sebab itu, palang merah di kawasan negara Afrika mengubah warna logonya menjadi kombinasi warna hijau dan warna putih.

 Arti Warna Merah Di Amerika Serikat

Di Amerika serikat, kombinasi warna merah, warna putih dan warna biru sering digunakan unruk mewakili jiwa patriotisme dan kebangsaan negara. Kombinasi warna merah, warna putih dan warna biru juga digunakan sebagai warna bendera Amerika Serikat.

Makna warna merah di Amerika Serikat seringkali dikaitkan dengan warna batu permata merah yang dipercaya untuk meningkatkan antusiasme dan minat. Selain itu juga dipercaya meningkatkan energi, menciptakan dan menambah kepercayaan diri.

 Arti Warna Merah Di India

Dalam budaya India, warna merah dianggap sebagai warna yang penting dan jenis warna yang sakral. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan penggunaan warna merah ketika berdoa, memberi persembahan, dan ketika dalam prosesi pernikahan.

Makna warna merah dipandang sebagai kemurnian yang membuat pengantin di India diwajibkan menggunakan warna apa saja pada hari pernikahannya.

Selain itu, pengantin India identik dengan titik merah di dahinya setelah proses upacara pengucapan janju atau komitmen daam pernikahan.

makna warna dalam logo
pict google

 Warna merah memiliki arti semangat, tekad dan keberanian dalam bertindak. Saat warna merah dipakai pada logo Honda, citra pemberani dan frontier teknologi melekat kuat pada diri mereka.

Dalam psikologi warna, macam macam warna merah menjadi simbol keberanian, cinta dan keinginan yang kuat (tekad). Jenis warna merah termasuk warna yang mudah untuk menarik perhatian.

Perusahaan yang ingin mencitrakan diri sebagai inovatorpioneer dan market leader. Pasti memilih warna merah sebagai warna dominan dalam logo mereka.

Karena mereka ingin mencuri perhatian dunia. Mereka ingin bilang, kami memiliki tekad dan impian yang kuat untuk membuat produk yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Brand Besar yang Menggunakan Logo Warna Merah:

  1. Honda
  2. Coca Cola
  3. Nintendo
  4. Air Asia
  5. Toyota

Aturan Penggunaan Warna Merah dalam Logo Desain:

  • Padukan warna merah dengan desain logo yang unik dan sesuai dengan filosofi perusahaan.
  • Dalam psikologi warna, anak-anak cenderung menyukai jenis warna pink, sedangkan orang dewasa menyukai jenis warna merah tua. Ini adalah fakta, semakin tua seseorang, maka pemikirannya semakin kompleks. Sehingga kebanyakan dari mereka tertarik dengan warna yang lebih tua.
  • Warna merah tidak cocok untuk logo perusahaan yang memiliki filosofi back to nature dan kesehatan. Hal ini disebabkan, warna merah sering dikaitkan dengan api, panas dan barang kimia berbahaya (danger).

Macam macam Warna Merah

macam macam warna merah
pict by omarkardoudi.kinja.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikut macam macam warna merah :

  • Merah Red
  • Merah Cherry
  • Merah Bunga Mawar
  • Merah Selai
  • Merah Merlot
  • Merah Garnet
  • Merah Crimson
  • Merah Ruby
  • Merah Scarlet
  • Merah Wine
  • Merah Brick
  • Merah Apel
  • Merah Mahogany
  • Merah Blood
  • Merah Sangria
  • Merah Berry
  • Merah Currant
  • Merah Blush
  • Merah Permen
  • Merah Lipstick
  • Merah Maroon
  • Merah Bata
  • Merah Muda
  • Merah Hati
  • Merah Darah
  • Merah Cabe
  • Merah Tua
  • Merah Salmon
  • Merah Pigment
  • Merah Mobil Pemadam Kebakaran
  • Merah indian
  • Merah koral (Coral Pink)

Kode Warna Merah

Berikut daftar kode HTML warna merah :

kode warna merah
by koinilmu.com

Macam-macam Warna Merah Lainnya dan Kodenya

  • Warna Merah Lembayung
                                                                #DC143C                                                                               

 

  • Warna Merah Tua
                                                                   #8B0000                                                                           

 

  • Warna Merah Salmon
                                                                   #FA8072                                                                   

 

  • Merah Ruby
                                                                   #E0115F                                                                       

Filosofi Warna Merah

filosofi warna merah
picture by pexels.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di sekeliling kita, bukan hal yang asing lagi jika setiap benda memiliki macam macam warna yang beragam. Warna-warna tersebut, tentu memiliki filosofi yang berbeda. Bahkan dalam satu warna bisa memiliki lebih dari satu makna. Tergantung siapa yang menilainya.

Nah, kalau dengan warna merah apa filosofinya? Berikut ulasannya.

Warna Merah Memengaruhi Manusia untuk Merespon Lebih Cepat dan Lebih Kuat

makna warna merah
picture by aca.co.id

 

 

 

 

 

 

 

Sadar atau tidak, ketika seseorang melihat macam macam warna merah, mata manusia akan merespon lebih kuat dan lebih cepat dibandingkan saat melihat warna lain.

Dikutip dari Science Daily, menurut studi yang diterbitkan di journal Emoticon (2011), Andrew Elliot dari Universitas Rochester menyatakan bahwa macam macam warna merah dapat merangsang reaksi fisik, karena warna merah terlihat sebagai tanda bahaya.

Tanpa disadari, hal ini memang benar adanya. Meskipun hanya bertahan sebentar, akan tetapi warna merah dapat berpengaruh sebagai pembangkit kekuatan di beberapa jenis olahraga, salah satunya olahraga angkat beban.

Seringkali Wanita Dinilai menarik Ketika Memakai Pakaian atau Lipstik Merah

makna warna merah
picture by pinteres.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seringkali kita mendengar fakta warna merah yang dinilai menarik saat dipakai seseorang. Tahukah sahabat, bahwa hal itu bukan hanya sekedar mitos? Ya, banyak studi yang telah membuktikan bahwa seorang wanita yang memakai macam macam warna merah cenderung terlihat lebih menarik dan menawan.

Penelitian yang dilakukan Andrew Elliot dan Daniela Niesta dari Universitas Rochester pada tahun 2008, mengungkapkan bahwa para pria sepakat bahwa wanita lebih menarik ketika memakai pakaian merah. Sumber dikutip dari The Conversation.

Poin penting selanjutnya adalah lipstick merah, sebuah studi dari Universitas Manchester dari Daily Mail mengatakan bahwa bibir wanita yang dipoles dengan warna merah cenderung lebih menarik dibanding dengan lipstick nude. Studi ini memberi kesimpulan bahwa bibir merah dengan daya tarik memang saling berkaitan.

Baca Juga : Makna Tersembunyi Warna Hijau dan Jenis-jenisnya

Atlet yang Berpakaian Warna Merah Cenderung Menjadi Pemenang

macam-macam warna merah
picture by pexels.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seringkali atlet yang mengenakan pakaian merah dihubungkan dengan peluang meraih kemenangan yang lebih besar karena melambangkan sisi dominannya. Menurut studi dari Universitas Durham yang dilakukan oleh Dr. Russell Hilll dan Dr. Robert Barton, atlet-atlet yang mengenakan pakaian warna merah pada saat olimpiade ditahun 2004 sebagian besar atau 60% dari para atlet memenangkan olimpiade tersebut. Bukan hanya di satu jenis olahraga, melainkan serangkaian olaharga yang lain seperti tinju, gulat dan lain-lain.

Warna Merah Memberi Efek Buruk Secara Psikologis, Jika Dilihat Sebelum Ujian

makna warna merah
picture by pexels.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Macam macam warna merah bukan hanya memberi efek positif saja, namun ada efek negatif juga yang ditimbulkan warna merah. Seperti yang dilansir dari The New York Times, peneliti dari Universitas Rochester memberi kesimpulan bahwa ketika seseorang melihat warna merah sebelum melakukan ujian atau tes menyebabkan kurang maksimalnya dalam mengerjakan soal.

Karena warna merah sering diasumsikan otak sebagai tanda bahaya, kesalan atau peringatan. Akibat hal inilah yang memberi kesan negatif terhadap warna merah pada kondisi tertentu.

Karakter Penyuka Warna Merah

macam-macam warna merah
picture by pixabay.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk mengetahui karakter sesorang bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara, salah satu cara dengan mengetahui warna favoritnya.

Warna favorit memiliki makna tersendiri bagi kepribadian seseorang, entah dari warna baju yang dipakai atau hal lainnya.

Warna merah selalu dominan dengan simbol pemberani. Makanya tidak heran jika ada beberapa orang penyuka warna merah yang memiliki karakter yang kuat dalam dirinya.

Penasaran karakter seseorang berdasarkan warna favorit merah ? Yuk kita simak bersama-sama.

Pemberani

Hampir semua orang tahu kalau warna merah simbol keberanian. Begitu pula bagi  mereka yang menyukai warna merah, itu tandanya kamu adalah pribadi yang berani. Mereka juga suka dengan tantangan.

Percaya Diri

Selain berani, salah satu karater penyuka jenis warna merah adalah iya yang memiliki kepercayaan yang tinggi. Tidak peduli seberapa berat hari-harinya, mereka selalu optimis dan percaya diri.

Saking percaya dirinya, penyuka warna merah cenderung suka menjadi pusat perhatian. Mereka bertekad untuk tampil paling unik dan menonjol diantara yang lain. kamu termasuk?

Penuh Semangat

Penyuka jenis warna merah, akan lebih mudah menarik perhatian orang lain berkat kepribadiannya yang pebuh semangat. Tidak jarang juga, orang lain menilai sebagai sosok yang antusias dalam menjalani hari-harinya.

Aura positif dari penyuka warna merah akan semakin menyala ketika mereka menggunakan baju warna favoritnya. Jadi tidak heran ketika mereka mengenakan pakaian warna merah, akan terlihat lebih energik dan membangun suasana yang menyenangkan.

Tenang

Hal positif yang menjadi salah satu sifat penyuka warna merah adalah sifat tenang. Dalam segala hal seperti menyelesaikan pekerjaan, penyuka warna merah akan mampu mengendalikan dengan baik karena pembawaannya yang tenang.

Berjiwa Kompetitif

Salah satu karakter orang yang menyukai warna merah yaitu berjiwa kompetitif. Jiwanya yang kompetitif menuntut mereka untuk enggan menjadi yang nomor dua dan selalu merasa tidak puas. Namun. yang lebih hebat lagi, mereka penyuka warna merah berusaha menjadi sisinya yang orisinil tanpa beralih untuk menjadi orang lain.

Sang pemimpi

Penyuka warna merah adalah sang pemimpi yang berani berusaha sekeras mungkin demi mewujudkan imipiannya. Bahkan mereka dikenal dengan pembuat rencana-rencana yang realists untuk mewujudkan cita-citanya. Sisi buruknya, jika terlalu berlebihan akan terkesan ambisius.

Berjiwa Petualang Tinggi

Diantara karakter orang yang menyukai warna merah adalah berjiwa petualang tinggi. Mereka tidak akan pernah takut dalam menghadapi tantangan baru.

Ketika mendapat tantangan, mereka akan maju terus pantang mundur untuk menjalankan tantangan yang menhadapinya. Bagi penyuka warna merah, tantangan adalah pengalaman baru dan salah satu waktu yang tepat untuk bereksplorasi.

Fakta Unik tentang Jenis Warna Merah yang Jarang Diketahui Orang

fakta warna merah
by pinterest.com

Apa saja fakta unik dari warna merah? Berikut kami sajikan informasinya.

  • Merah menjadi salah satu warna internasional yang disepakati sebagai tanda berhenti.
  • Warna merah adalah salah satu dari dua warna favorit yang banyak disukai orang-orang.
  • Warna merah kombinasi warna kuning adalah warna merah tomat. Sebagian ada yang mengatakan bahwa jantan cenderung tertari pada tomat merah, sementara betina lebih tertarik pada merah berry.
  • Di pasar saham wilayah Asia Timur, warna merah digunakan sebagai petunjuk kenaikan harga saham.
  • Sejarah bahasa mengungkapkan bahwa warna merah adalah warna ketiga setelah warna hitam dan warna putih.
  • Merah adalah macam warna yang cukup populer digunakan sebagai macam macam warna bendera di dunia. Jika dihitung, sekitar 77% dari semua warna bendera di dunia menggunakan varian warna merah.
  • Warna merah sering dikaitkan dengan ulang tahun pernikahan keempat puluh, karena ruby merah adalah hadiah ulang tahun pernikahan tradisional keempat puluh.

Istilah Kata pada Warna Merah (Red Color)

makna warna merah
by pinterest.com

Dalam bahasa Inggris, ada beberaa frase tertentu atau kata yang menggunakan kata merah (red). Beberapa kata yang paling umum digunakan dan artinya, diantaranya:

“In the red” artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan rekening bank atau rekening perusahaan, yaitu pengeluaran lebih besar dari pendapatan.

“Seeing red” artinya perasaan seseorang yang sangat marah.

“Red letter day” artinya suatu keberuntungan ketika suatu hari sesuatu yang baik terjadi.

“Caught red handed” artinya tertangkap basah melakukan sesuatu yang salah.

“Red herring” artinya sesuatu yang merupakan gangguan dari masalah nyata.

Penutupan

Nah, itulah beberapa ulasan seputar warna merah. Filosofi warna merah beserta makna warna merah dalam pandangan psikologi. Semoga bermanfaat dan semoga dapat menambah wawasan.

Tinggalkan komentar