pengertian hutan

√ 19 Manfaat Hutan Lengkap Beserta Penjelasannya

Manfaat Hutan – Kata hutan selalu identik dengan pepohonan yang rimbun, tinggi, gelap dan tempatnya hewan-hewan buas. Namun, tahukah kalian jika manfaat hutan bagi manusia sangat banyak? 

Hutan adalah salah satu sumber daya alam yang sangat berguna untuk makhluk hidup di bumi.

Sepertiga dari seluruh daratan yang ada di bumi berupa hutan. Sehingga wajar, jika fungsi hutan sangat vital bagi kehidupan manusia.

Di dalam hutan, banyak sekali jenis tumbuhan dan spesies hewan. Maka tidak heran, jika banyak makhluk hidup yang menggantungkan hidupnya kepada manfaat hutan.

Pengertian Hutan

pengertian hutan
by google

Hutan memiliki nama latin sylva, sylvi atau sylvo diartikan sebagai tempat yang mempunyai luas setidaknya lebih dari ¼ hektar.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian hutan adalah tanah luas yang di tumbuhi pohon-pohon dan tidak dipelihara orang.

Sedangkan pengertian hutan secara umum adalah sebuah kawasan yang cukup luas, ditumbuhi pepohonan dengan berbagai unsur biotik dan abiotik sebagai habitat alami dari hewan dan tumbuhan.  

Menurut undang-undang No.41 tahun 1999 tentang kehutanan, definisi hutan di jelaskan lebih luas lagi. Hutan adalah ekosistem berupa lahan yang berisi sumber daya alam hayati, di dominasi oleh pepohonan dalam lingkungan satu dengan lainnya yang tidak dapat dipisahkan.

[su_note note_color=”#c0ddb1″]Peran hutan sangat penting untuk keseimbangan alam sebagai salah satu contoh ekosistem. Bahkan hutan dijuluki sebagai paru-paru dunia karena fungsi hutan yang penting bagi keberlangsungan bumi. Tanpa adanya hutan bisa dibayangkan bahwa keseimbangan alam di bumi menjadi rusak dan terganggu.[/su_note]

Lalu, selain yang disebutkan apa fungsi hutan yang lain? Penasaran kan? Yuk simak pembahasan mengenai manfaat hutan secara lengkap!

Baca Juga : Manfaat Batubara

Fungsi Hutan dan Manfaat Hutan

fungsi hutan
by google

Tahukah kalian, apa manfaat dari hutan? Manfaat hutan yang begitu luas berperan paling penting bagi kehidupan seluruh makhluk di bumi.

Berikut beberapa manfaat hutan bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup, lengkap beserta penjelasannya!

Manfaat Hutan Sebagai Paru-paru Dunia

manfaat hutan
by google

Salah satu fungsi hutan yaitu sebagai paru-paru dunia. Maksudnya, hutan merupakan penghasil oksigen terbesar dan menyerap karbondioksida.

Fungsi hutan yang pertama ini, sangat penting. Memang seperti tidak terlihat, namun manfaat hutan sangat terasa sekali.

Paru-paru merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi menukar karbondioksida dengan oksigen yang dihasilkan hutan.

Pepohonan pada hutan menjadi sumber penghasil oksigen alami yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Tanpa oksigen yang dihasilkan hutan, manusia tidak akan bisa bernafas. Jika tidak bisa bernafas tentu manusia akan mati. Begitulah peran hutan di bumi sebagai paru-paru dunia.

Penghasil Oksigen(O2)

Pepohonan dalam hutan, secara keseluruhan memang bukanlah penghasil oksigen terbesar di dunia. Posisi pertama masih dipegang gangga di lautan yang memproduksi kurang lebih 70% oksigen dunia.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa peranan hutan bagi manusia menjadi penting karena berperan sebagai penghasil gas yang diperlukan untuk kelangsungan hidup manusia.

Menyerap Karbon Dioksida(CO2)

Salah satu fungsi hutan yaitu menyerap Karbondioksida yang di hasilkan manusia dan hewan. Karbon dioksida merupakan salah satu zat berbahaya.

Berbagai proses pembakaran seperti motor dan pabrik yang beroperasi menghasilkan zat CO2. Sehingga manfaat hutan di perlukan dalam hal ini.

Pepohonan di hutan, membutuhkan zat CO2 untuk proses fotosintesis sebagai penghasil makanan. Dengan manfaat hutan yang menyerap CO2 akan menghindari manusia dari zat yang berbahaya ini.

Bila tidak ada hutan, tentu manusia akan semakin sengsara karena karbon dioksida yang berbahaya.

Mengatur Suhu Bumi

Ilustrasi Sepertiga Bumi Adalah Hutan
Picture by pixabay.com

Saat kalian berjalan menelusuri hutan diantara pepohonan pada siang hari, kalian pasti akan merasakan suasana teduh dan adem? Benar kan?

Ini salah satu manfaat hutan adalah sebagai payung alami, yang akan membantu menurunkan suhu permukaan bumi bagi manusia.

Sinar matahari sulit menembus payung alami yang disediakan hutan, membuat udara disekitar terasa lebih sejuk jika dibandingkan dengan kawasan yang tanpa pohon.

Semakin lebat hutannya, maka udaranya akan terasa lebih sejuk. Memang sederhana, tetapi dengan hal ini semakin membuat suhu bumi lebih sejuk.

Tanpa hutan, sinar matahari akan secara langsung menembus permukaan bumi sehingga meningkatkan suhu bumi.

Jika suhu bumi naik, maka cadangan air permukaan tanah akan semakin cepat menguap seperti di gurun, tanaman akan sulit tumbuh dan pada akhirnya akan menyusahkan manusia yang berujung pada kekeringan.

Menjaga Keanekaragaman Hayati

Hutan Menjaga Keanekaragaman Hayati
Picture by pixabay.com

Hutan merupakan salah satu tempat menjaga keanekaragaman hayati. Bagaimana tidak? berbagai macam spesies satwa dan berbagai jenis tumbuhan ada di kawasan pepohonan yang rimbun.

Dengan rusaknya hutan, tentu akan mengancam kelestarian dari banyak spesies dan rusaknya keanekaragaman hayati.

Maka menjaga kelestarian hutan, menjadi sangat penting karena sama halnya dengan memastikan manfaat hutan sebagai penjaga keanekaragaman hayati terlaksana.

Dapat Mencegah Banjir

Ilustrasi Hutan Mencegah banjir
Picture by pixabay.com

Akar tumbuhan dari pepohonan yang ada di hutan dapat menyerap air yang cukup tinggi. Akar pada tumbuhan juga mampu menahan laju air, sehingga hal ini dapat mencegah banjir.

Mencegah Erosi

Ilustrasi Hutan Mencegah longsor
Picture by nusantaranews

Akar yang terdapat pada tumbuhan di hutan bermanfaat untuk mencegah erosi atau pengikisan tanah ketika terjadi hujan. Sehingga adanya bencana alam seperti longsor dapat dicegah sedini mungkin, dengan manfaat pohon yang ada di hutan.

Menyimpan Cadangan Air

 

Manfaat hutan
picture by pexels.com

Hutan adalah tempat yang tepat untuk menyimpan cadangan air. Karena tumbuhan yang ada di hutan dapat menyerap air dengan baik dibandingkan dengan tanah kosong yang tidak ditumbuhi apapun di atasnya.

Maka, untuk mencegah kekeringan hal yang paling tepat dilakukan dengan menanami hutan atau lahan kosong dengan banyak pohon.

Mempertahankan Kesuburan Tanah

 

Didalam hutan banyak terdapat jenis tumbuhan. Ketika daunnya berguguran kemudian membusuk akan terurai dan bercampur dengan tanah.

Tanah campuran daun yang terurai ini, selanjutnya menjadi tanah humus. Yang bermanfaat untuk menyuburkan tanah di hutan.

Mencegah Interusi Air Asin

Interusi air asin adalah pergerakan air asin menuju air tawar yang dapat mengkontaminasi air tawar sehingga cadangannya menipis dan terbatas. Manfaat hutan akan terasa dalam hal ini, sebab adanya hutan mangrove disekitar pantai mampu mecegah interusi air asin ke daratan.

Habitat Alami Flora Dan Fauna

Di dunia, hutan secara langsung menjadi tempat bagi ribuan spesies flora dan fauna. Hampir seluruh dari spesies yang kita kenal, hidup dan tinggal di hutan.

Berperan Dalam Siklus Terbentuknya Hujan

Tahukah kamu, bahwa hutan turut andil meciptakan awan dalam proses terbentuknya hujan?

Selama ini, siklus hujan selalu dikaitkan dengan sumber mata air dunia. Seperti laut, sungai atau danau. Namun faktanya tak hanya sumber mata air saja yang berperan, hutan juga ikut andil.

Hasil peneliti hutan Amazon menggunakan satelit menemukan fakta terbaru, ternyata hutan Amazon berkontribusi besar menyebabkan hujan di wilayahnya.

Penelitian mereka menunjukkan, bahwa selama fotosintesis tumbuhan hutan, juga melepas uap air ke udara. Dan uap air dari proses inilah membentuk awan hujan.

Lanjutan dari penelitian mengatakan bahwa dalam uap air yang dilepaskan pohon mengandung partikel garam. Unsur garam ini, nantinya yang akan mempercepat awan menjadi berat dan menurunkan dalam bentuk hujan.

Tempat Tinggal Manusia

Hutan Sebagai tempat Tinggal
picture by pixabay.com

Pada umumnya, orang-orang yang hidup bersuku-suku masih memanfaatkan hutan sebagai tempat tinggal.

Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di hutan, cara orang-orang disana bertahan hidup.

Ya, kurang lebih sekitar 50 juta orang di seluruh dunia tinggal di dalam hutan. Lantas jika hutan semakin berkurang, tentu mereka akan menderita bukan?

Sumber Makanan

Sumber Makanan dari Hutan
picture by pixabay.com

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan hutan sebagai tempat mencari makanan. Mereka mencari makanan dengan memanfaatkan buah-buahan yang ada dan berburu hewan untuk kelangsungan hidup mereka.

Sumber Obat-Obatan

Fungsi Hutan Penyedia Obat
picture by pixabay.com

Selain menjadi sumber makanan, di hutan juga terdapat berbagai macam dan jenis bahan medis yang berfungsi untuk pengobatan secara alami.

Destinasi Wisata

Fungsi Hutan Sarana Wisata
picture by idntmes.com

Hutan berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata yang menyenangkan jika dikelola dengan baik dan benar. Tidak sedikit yang memanfaatkan hutan sebagai tempat wisata yang bernilai tinggi.

Dengan menjadikan hutan sebagai kawasan wisata maka masyarakat akan mendapatkan penghasilan yang lebih baik tanpa merusak hutan.

Bukan hanya mendapatkan penghasilan, dengan memanfaatkan hutan masyarakat juga dapat berinteraksi dengan banyak kalangan yang datang untuk berwisata ke hutan sehingga pola pikir masyarakat juga akan terbentuk dengan baik.

Sarana Pendidikan

Hutan digunakan sebagai sarana belajar bagi manusia termasuk mahasiswa kehutanan, dengan demikian hutan memberikan pengetahuan bagi kehidupan manusia. Tumbuhan ekosistem dan makhluk hidup lain dapat dipelajari.

Sarana Olahraga

Banyak jenis olahraga yang memanfaatkan hutan sebagai sarana. Olahraga yang dapat dilakukan di hutan seperti climbing, mendaki hutan, sisir hutan, arung jeram, flyng fox, dan juga kegiatan yang dilakukan di hutan lainnya.

Penyumbang Devisa

Devisa merupakan alat pembayaran internasional berupa barang bernilai yang sudah disepakati oleh setiap negara.

Devisa bisa berupa valuta asing, emas, surat berharga, atupun barang yang memang sudah disepakati secara internasional.

Fungsinya bisa untuk pembayaran cicilan utang luar negeri atau atau sebagai biaya pembangunan suatu negara.

Karena kekayaan hutan sangatlah banyak, maka hasil hutan juga menjadi faktor penyumbang terbesar devisa suatu negara.

Itulah beberapa manfaat hutan, tentu masih banyak lagi fungsi hutan selain yang disebutkan di atas.

Jika hutan memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan, maka sudah sepatutnya kita untuk melestarikan hutan dan menjaganya dari kerusakan.

Karena percuma saja jika kita tahu manfaat hutan, tetapi terus melakukan hal yang justru merusak dan menganggu kelangsungan makhluk hidup di hutan.

Bisa dibayangkan, apa jadinya bumi jika tanpa hutan? Tentu keseimbangan di bumi akan terganggu yang kemudian menyebabkan kerusakan.  

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: