√ 15+ Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, Tujuan, Ciri dan Jenis-jenisnya

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli – Hallo sahabat lentera, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian belajar menurut para ahli ya.

Sebelum kita masuk ke pembahasan yang lebih lanjut, apa yang ada dipikiran kalian saat mendengar apa itu belajar? Ya, ketika mendengar kata belajar pikiran kita akan langsung tertuju pada sekolah. Sebab ketika berada di sekolah ada proses belajar dan mengajar.

Tahukah sahabat, bahwa belajar secara konsisten dapat membantu kalian dalam memahami konsep belajar yang diajarkan oleh para guru?

Lalu apa saja definisi belajar menurut para ahli? Mari simak pembahasannya.

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

definisi be;ajar menurut para ahli
pict by pexels.com

Berikut kita tampilkan beberapa pengertian belajar menurut para ahli.

Djamarah (2002)

Belajar adalah aktivitas yang dilakukan dengan melibatkan jiwa dan raga. Raga harus sejalan dengan jiwa dalam berproses untuk mendapatkan perubahan.

Perubahan yang diperoleh bukan perubahan fisik, melainkan perubahan jiwa dengan masuknya kesan-kesan yang baru. Perubahan tersebut merupakan hasil dari proses belajar.

Abdillah (2002)

Definisi belajar yaitu usaha yang secara sadar dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku. Baik melalui pelatihan atau pengalaman yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk mendapatkan tujuan tertentu.

W. Gulo (2002)

Pengertian belajar adalah proses yang berlangsung dalam diri seeorang yang mengubah tingkah lakunya. Baik perubahan dalam berpikir, bersikap maupun dalam berbuat.

Udin S. Winataputra (2008)

Arti belajar adalah proses yang dilakukan oleh seseorang dalam memperoleh competencies, skills, dan attitude. Ketiganya diperoleh secara bertahap dan berkelanjutan mulai dari bayi sampai tua melalui rangkaian proses belajar sepanjang hidup.

Skinner (1985)

Definisi belajar adalah “learning is a proces of progressive behavior adaption” yang artinya belajar adalah proses adaptasi yang bersifat progresif (kemajuan terhadap hal-hal positif).

Dengan kata lain, belajar adalah hubungan antara stimulus dan respon yang tercipta melalui tingkah laku yang bersifat progresif.

Morgan (1984)

Pengertian belajar adalah setiap perubahan yang relatif permanen dan terjadi sebagai akibat dari praktik atau pengalaman.

Trianto (2010)

Proses belajar terjadi melalui banyak cara baik disengaja mauoun tidak disengaja dan berlangsung sepanjang waktu dengan perubahan pada diri pembelajar.

Arno F.Wittig (1981)

Definisi belajar adalah perubahan yang relatif menetap dan terjadi dalam seluruh tingkah laku suatu seseorang sebagai hasil dari belajar.

Imron (1996)

Belajar adalah perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang relatif menetap sebagai hasil dari suatu pengalaman.

Moh. Surya (1981)

Definisi belajar adalah proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingah laku baru secara keseluruhan. Sebagai hasil dari pengalaman seseorang itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. Kesimpulan dari defini belajar adalah suatu perubahan dalam diri seseorang.

Ernest R.Hilgard (1984)

Pengertian belajar adalah proses tingkah laku yang dilakukan secara sengaja dan kemudian menimbulkan suatu perubahan. Keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.

Sifat perubahannya relatif permanen dan tidak akan kembali seperti keadaan semula. Tidak dapat diterapkan pada perubahan akibat situasi yang sesaat seperti perubahan akibat sakit dan kelelahan.

Gagne (1977)

Belajar adalah perubahan yang diperlihatkan dalam tingkah laku, yang keadaannya berbeda dari sebelum seseorang berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa.

Perubahan terjadi akibat suatu latihan atau pengalaman. Berbeda dengan perubahan yang terjadi akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

Hilgarde dan Bower (1975)

Definisi belajar adalah sesuatu yang berhubungan dengan tingkah laku seseorang terhadap situasi yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi tersebut.

Dimana perubahan tingkah laku tidak dapat dijelaskan atau hasil respons dari pembawaan dan akibat dari pematangan keadaan sesaat seseorang seperti kelelahan, pengaruh obat dan lain-lain.

Thursan Hakim (2005)

Pengertian belajar adalah proses perubahan dalam kepribadian seseorang dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan pengetahuan, sikap, kebiasaan, daya pikir dan lain-lain.

Muhibbin

Definisi belajar adalah kegiatan yang berproses dan salah satu unsur fundamebtal dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan.

Margaret Gredler (1994)

Definisi belajar adalah segala proses dalam memperoleh keterampilan dan sikap. Sehingga peserta didik mengetahui hal baru dan meningkatkan pengetahuan dari yang tidak tahu menjadi tahu. Dari yang salah menjadi benar dan dari yang kurang baik menjadi lebih baik lagi.

M.Shobry Sutikno

Belajar adalah proses yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan yang baru, sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dan interaksi dengan lingkungannya.

 

Baca Juga : √5 Cara Belajar Efektif yang Baik dan Menyenangkan

Pengertian Belajar Secara Umum

belajar adalah
pict by pexels.com

Secara umum, belajar adalah seluruh aktivitas mental atau psikis yang dilakukan seseorang sehingga menimbulkan suatu perubahan tingkah laku yang berbeda antara sesudah belajar dan sebelum belajar.

Sedangkan menurut wikipedia belajar secara umum adalah perubahan yang relatif permanen sebagai hasil dari latihan atau pengalaman yang diperkuat.

Belajar terjadi akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, belajar adalahh input berupa stimulus dan ouput yang berupa respons.

Tujuan Belajar

tujuan belajar
pict by pexels.com

Proses belajar memiliki beberapa tujuan, diantaranya:

  • Untuk Mendapat Pengetahuan

Dalam proses belajar hal utama yang menjadi tujuannya adalah untuk mendapatkan pengetahuan. Selama proses untuk menambah pengetahuan akan ditandai dengan kemampuan seseorang dalam berfikir.

Pengetahuan dan berfikir dalam proses belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Pengertahuan yang dimiliki seseorang dapat meningkatkan kemampuan berpikir. Begitupun sebaliknya, kemampuan berpikir berkembang seiring bertambahnya pengetahuan yang dipelajari dan dipahami.

  • Untuk Menanamkan Konsep dan Keterampilan

Keterampilan yang dimiliki oleh setiap individu tidaklah datang secara tiba-tiba, tetapi melalui proses belajar.Nah, penanaman konsep itu membutuhkan keterampilan baik keterampilan jasmani maupun rohani. Jadi, penanaman konsep tidak akan terlaksana jika tanpa keterampilan.

Pengertian keterampilan jasmani adalah kemampuan gerakan individu yang diamati dan berhubungan dengan hal teknis. Sedangkan, pengertian keterampilan rohani adalah kemampuan yang berkaitan dengan cara berpikir dan penghayatan dalam memecahkan masalah atau membuat konsep pada diri seseorang yang bersifat kompleks.

  • Untuk Membentuk Sikap

Belajar dapat membentuk sikap mental seseorang melalui penanaman nilai-nilai yang menumbuhkan kesadaran dalam diri seseorang.

Untuk dapat menumbukan sikap mental, tingkah laku dan kepribadian sesorang, pengajar harus melakukan pendekatan yang bijak dan hati-hati.

Cara Belajar yang Baik dan Benar

tujuan belajar
pict by pexels.com

Setelah sahabat mengetahui pengertian belajar menurut para ahli maupun secara umum, sebaiknya kita mengetahui seperti apa sih cara belajar yang baik?

Belajar yang baik dan benar tentu akan menghasilkan sesuatu yang baik juga sahabat, yuk jangan sampai kelewatan.

  • Membuat Target Belajar

Sebagai permulaan, kalian perlu membuat target belajar. Misalnya menentukan durasi waktu dalam belajar, mengetahui hal-hal apa yang akan dipelajari. Target ini akan membuat kalian semakin termotivasi untuk belajar dengan serius.

  • Memahami Apa yang Kalian Pelajari

Sebelum memulai belajar ada baiknya jika menyusun jadwal terlebih dahulu. Kalian harus mempertimbangkan materi dan topik mana yang akan dipelajari terlebih dahulu. Dengan begitu, pola belajar kalian akan menjadi teratur dan target belajar akan tercapai.

  • Belajar di Tempat yang Nyaman

tempat belajar
pict by pexels.com

Pada dasarnya, sebagian besar orang-orang menyukai belajar di tempat yang bersih dan rapi. Kalian salah satunya? Jika salah satunya, maka hal perlu dilakukan adalah mencari ruang belajar yang bersih dan nyaman agar kalian lebih bisa berkonsentrasi dalam belajar.

  • Memahami Kembali Apa yang Sudah Dipelajari

Langkah yang tepat agar dapat mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam mendalami materi yaitu dengan memperhatikan poin-poin penting yang kalian pelajari.

Kalian hanya perlu mengambil garis besarnya saja atau inti dari yang dipelajari, lalu menjabarkan perlahan-lahan.

  • Membuat Ringkasan

Setelah kalian memahami materi yang dipelajari, kalian perlu membuat catatan dengan menuliskan ringkasan dari materi tersebut.

Catatan tersebut berguna untuk membantu kalian mengingat kembali materi yang sudah  dipelajari di lain waktu ataupun saat itu juga. Hal ini tentu akan membantu kalian saat Anda akan menghadapi ujian.

  • Lakukan Belajar Kelompok atau Berdiskusi

Salah satu cara untuk menambah pengetahuan adalah dengan belajar kelompok atau diskusi. Kalian dapat bertanya materi kepada teman kalian materi pelajaran yang tidak dimengerti.

Belajar kelompok juga salah satu upaya untuk membangkitkan semangat dalam belajar agar lebih giat dan aktif lagi.  Selain itu, kalian juga dapat mengajari teman yang kurang memahami materi tertentu.

  • Fokus pada Topik yang dipelajari

Untuk bisa memahami materi dengan baik dan mampu mengingat dalam jangka panjang, maka kalian perlu berkonsentrasi dan fokus pada topik yang sedang dipelajari. Cobalah untuk memfokuskan pikiran kalian dan buang jauh-jauh pikiran yang dapat mengalihkan perhatian.

  • Bertanya Jika Tidak Paham

Jika kalian tidak memahami suatu materi, jangan takut untuk bertanya jika tidak mengerti. Jika kalian hanya diam, maka persoalan apapun tidak akan selesai. Belajar adalah sebuah proses, kalian tidak dituntut untuk mengetahui banyak hal dalam satu waktu.

  • Lakukan Uji Mandiri

Untuk menguji seberapa besar pemahaman kalian dalam menyerap pengetahuan yang didapat salah satu caranya dengan melakukan uji mandiri. Hasil dari uji mandiri tersebut, dapat dijadikan ukuran untuk mengetahui seberapa besar kalian memahami materi.

  • Istirahat Sejenak

Ambillah waktu sejenak untuk beristirahat, jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar secara terus-menerus karena akan mengurangi tingkat konsentrasi. Jika kalian letih, maka tentu tidak dapat belajar dengan baik  dan benar. Berikan istirahat pada badan dan pikiran kalian agar dapat lebih fokus kembali.

Gimana sahabat? Mudah bukan cara belajar yang baik dan benar? 

Konsisten merupakan salah satu kunci utama dalam belajar. Walaupun hanya sebentar, pastikan jika dilakukan berulang ulang dan teratur tentu seiring berjalannya waktu efeknya akan terasa.

Memang pada awalnya akan terasa membosankan, namun ketika sudah terbiasa akan merasa mudah dan terbiasa atau bahkan akan ketagihan. Jadi yuk dicoba dulu untuk konsisten dalam belajar.

Nah, itu tadi beberapa pengertian belajar menurut para ahli dan pengertian belajar secara umum, tujuan belajar serta cara belajar yang baik. Semoga dapat menambah wawasan dan semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di website kami.

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: