√ Jenis Bisnis Online Lengkap dengan Tujuan, Keuntungan dan Pengertian Bisnis Online

Pengertian bisnis online menurut para ahli – Pada era yang modern ini, perkembangan bisnis online di Indonesia semakin pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang mulai beralih dari penjualan offline menjadi jualan online.

Selain itu, banyak juga pemula yang mulai menggeluti bisnis online mulai dari menjual barang hingga menjual konten. Perkembangan tersebut tidak lepas dari pengaruh teknologi.

Dari banyaknya jenis bisnis online, toko online menjadi salah satu model bisnis yang paling banyak diminati. Pasalnya, banyak kelebihan toko online sehingga menjadi alternatif penjual untuk berjualan lewat internet.

Secara umum toko online dikenal dengan e-commerce atau electronic commerce merupakan tipe bisnis yang penjual dan pembelinya melakukan transaksi lewat internet. Beberapa toko online besar di Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan lainnya.

Ternyata, perkembangan bisnis online yang pesat bukan hanya di Indonesia saja, melainkan hampir ke seluruh dunia. Hal ini dipengaruhi meningkatnya jumlah pemakai internet sehingga perkembangan toko online terus meningkat.

Inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis online saat ini sangat dipertimbangkan. Namun, tahukan Anda pengertian bisnis online itu sendiri? Jika belum, ada baiknya menyimak artikel berikut ini.

Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli 

Sebelum mengetahui pengertian bisnis online menurut para ahli, ada baiknya mengetahui pengertian bisnis online secara umum terlebih dahulu.

Dalam bahasa Inggris, bisnis online disebut dengan electronic business atau e-business. Sedangkan menurut wikipedia, pengertian bisnis online adalah:

Bisnis online adalah tipe bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet dalam semua aktivitas bisnisnya.

Karena mengandalkan jaringan internet, jenis bisnis ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja selagi ada jaringan internet yang bagus.

Untuk pengertian bisnis online menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Pengertian Menurut KBBI

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, bisnis online adalah suatu usaha komersial yang bergerak dalam bidang penjualan produk maupun jasa dengan memanfaatkan media internet.

Pengertian Dalam Buku New Enterpreuneur Orientation 

Dalam buku new enterpreuneur disebutkan bahwa, bisnis online merupakan pekerjaan yang dilakukan oleh perorangan maupun sekelompok orang untuk menghasilkan lama melalui internet.

Pengertian Menurut Yudi Wicaksono

Menurut Yudi Wicaksono, bisnis online adalah sarana jual beli produk maupun jasa atau layanan melalui internet dengan mengukur fitur yang disediakan.

Pengertian Menurut Jasma dan Solusindo 

Jasman dan Solusindo berpendapat bahwa pengertian bisnis online adalah tempat untuk berbagi informasi dimana kita dapat menyumbangkan ide atau pemikiran untuk membuat komunitas yang solid melalui jaringan internet.

Pengertian Menurut Dedik Kurniawan 

Menurut Dedik Kurniawan, bisnis online merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan berbasis internet dalam melakukan serangkaian kegiatan, misalnya bisnis itu sendiri.

Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Dengan bertambahnya pengguna internet, maka dapat dipastikan jika perkembangan bisnis online sendiri semakin pesat. Terutama bisnis online yang menggunakan media toko online atau e-commerce. 

Berdasarkan hasil  survey BPS sekitar akhir tahun 2013, pengguna internet di Indonesia mencapai angka 71,19 juta jiwa. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 13% dibandingkan pengguna internet tahun 2012.

Perkembangan tersebut sejalan dengan perkembangan pengguna internet di seluruh dunia. Dengan semakin tingginya pengguna internet, khususnya negara Indonesia, akan dijadikan sebagai salah satu tempat yang tepat sebagai pusat operasi toko online dunia.

Hal ini dibuktikan dengan naiknya pertumbuhan pasar toko online yang setiap tahun rata-rata naik sekitar 17%. Melihat data tersebut, maka potensi berbisnis secara online semakin terbuka lebar untuk siapapun. Semakin banyak masyarakat tidak mau ribet untuk mendapatkan barang, maka sebakin tinggi peluang bisnis online.

Tujuan Bisnis Online 

  • Mendapat penghasilan
  • Mendapat banyak pengunjung, sehingga pendapatan meningkat
  • Berkomunikasi
  • Membangun komunitas
  • Mendapatkan iklan

Jenis Bisnis Online

Banyak sekali macam macam bisnis online yang beredar di sekitar masyarakat, namun tidak semuanya dapat diadaptasi menjadi bisnis. Karena ada beberapa jenis bisnis yang memerlukan effort lebih, namun ada juga jenis bisnis yang memungkinkan seseorang tidak mengeluarkan modal.

Lalu apa saja contoh bisnis online yang banyak digeluti? dan apa saja peluang usaha online bagi pemula? Berikut beberapa contoh bisnis online yang banyak digeluti.

Dropshipper 

Pada saat ini, salah satu jenis bisnis yang banyak diminati masyarakat khususnya kaum milenial karena tanpa modal uang adalah dropship. Pada usaha online ini yang dibutuhkan hanyalah pemilihan suplier yang tepat dan cara pemasaran yang baik.

Bisnis dropship adalah salah satu jenis bisnis online dimana seseorangan atau suatu usaha menawarkan produk milik orang lain tanpa menyetok barang.

Orang yang melakukan dropship disebut dropshipper.

Peminat bisnis dropship sangat banyak karena cukup mudah, terutama jika melakukan transaksi di e-commerce yang telah menyediakan fitur untuk dropshipper. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis dropship banyak peminatnya di e-commerce .

Namun kekurangan atau kelemahan bisnis online ini adalah tidak dapat memonitor kualitas produk yang dijual. Karena para dproshipper merupakan pihak ketiga yang hanya memasarkan produk kepada peminat.

Reseller 

Seringkali banyak pembahasan mengenai apa bedanya reseller dan dropshipper? Memang ide bisnis online ini hampir mirip dengan dropshipper, hanya saja produk yang dijual reseller ada wujudnya artinya menyetok barang. Sehingga dari segi kualitas jualan, produk dari reseller lebih terjamin.

Sama halnya dengan dropshipper, reseller juga banyak diminati para kaum milenial. Untuk menjadi reseller juga cukup mudah, penjual hanya memerlukan modal untuk membeli produk sesuai syarat dari vendor.

Namun kekurangan dari reseller adalah ketika tidak memenuhi target penjualan, maka stok lama produk harus segera dijual agar tidak mengendap di gudang.

Bisnis Online Shop

Jika dropship dan reseller bergantung pada pihak lain, beda lagi dengan online shop yang menjual produknya sendiri atau menjual melalui e-commerce. Hal ini lebih enak karena dapat memonitor seluruhnya baik dari segi kualitas produk, jumlah produk dan lainnya.

Penjualan melalui marketplace memang lebih efektif karena sudah memiliki pasar sendiri dan banyak yang akan melihat produk kita daripada jualan di media sosial yang butuh effort lebih untuk mencari peminatnya.

Content Creator 

Pada era yang serba digital ini, konten dapat dijadikan produk yang dapat dijual, karena konten dapat memberi informasi, mengedukasi, mempromosikan atau bahkan sebagai bahan personal branding.

Dengan demikian, bukan tidak mungkin jika konten dapat dibisniskan. Seluruhnya terangkung dalam istilah content marketing. Di Indonesia sendiri sudah banyak bermunculan bisnis dengan menjual konten sebagai produknya.

Selain itu, jika ingin memulai bisnis content creator secara mandiri dapat dilakukan melalui beragam channel seperti instagram, youtube, tiktok atau platform podcast dengan menjadi konten kreator lepas.

Keuntungan Bisnis Online

Salah satu dampak positif bisnis online yaitu mendapat keuntungan dan manfaat bisnis online jika bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan bisnis seseorang terutama jika dijalankan dengan strategi yang tepat, tentu akan memberi banyak keuntungan dan manfaat.

Keuntungan Bagi Penjual

Berikut beberapa keuntungan dan manfaat bisnis online bagi penjual:

  • Pendapatan yang tidak terbatas

Penghasilan yang menjanjikan merupakan salah satu alasan mengapa usaha online banyak digemari hampir seluruh lapisan masyarakat. Tidak peduli suku, ras, agama dan usia, semua dapat menjalankan bisnis online dengan ciri khasnya masing-masing.

  • Fleksibel 

Keuntungan lain dari bisnis online adalah tidak memerlukan waktu yang banyak. Bisnis atau usaha online dapat dijalankan sesuai keinginan pemilik bisnis. Pemilik bisnis dapat dengan mudah mengontrol waktu yang tepat untuk berbisnis.

Selain itu, untuk berkomunikasi dengan pelanggan juga cukup mudah. Pemilik dapat merespon pelanggan kapan saja dan dimana saja menggunakan gadget. Namun meskipun fleksibel, dalam hal merespon pelanggan adalah yang utama dan harus cepat untuk perkembangan bisnis kedepannya.

  • Modal yang minim

Berbeda dengan bisnis offline yang membutuhkan modal lebih, dengan bisnis online Anda hanya perlu modal yang minim atau bahkan tanpa modal sama sekali. Bahkan untuk memasarkan produk juga dapat dilakukan dengan gratis dengan memanfaatkan sosial media hingga website.

  • Jangkauan pasar lebih luas 

Ketika menjalankan bisnis offline, pelanggan yang datang sangat terbatas. Jika pelanggan yang menemukan bisnis tidak banyak, maka keuntungan yang didapat relatif kecil.

Namun jika dikembangkan secara online, jangkauan pelanggan akan lebih luas. Karena produk jualan tidak hanya dapat diakses pelanggan domestik, pelanggan luar negri juga dapat mengakses bisnis Anda. Jika demikian, maka pendapat hasil jualan online tidak terbatas.

  • Meminimalisir biaya 

Manfaat lainnya dari bisnis online adalah untuk menghemat biaya. Sebenarnya biaya yang dibutuhkan tidak banyak. Cukup sediakan laptop atau gadget yang terkoneksi dengan internet saja bisnis sudah dapat dijalankan.

Bahkan dengan biaya sebesar nol rupiah, bisnis online juga dapat dilakukan contoh bisnis online-nya dropship. Meskipun biayanya cukup kecil, dibutuhkan kemampuan yang baik untuk menentukan strategi dalam menjalankan bisnis.

Keuntungan Bagi Pembeli / Pelanggan

Jual beli online selain memberi manfaat kepada penjual, tentu juga memberi manfaat bagi konsumen. Berikut beberapa keuntungan pelanggan yang mengakses bisnis tersebut.

  • Mudah dijangkau 

Tidak dapat dipungkiri bahwa jual beli secara online memberi kemudahan bagi pelanggan karena mudah dijangkau. Pelanggan cukup mengakses website penjual untuk mengetahui produk yag ditawarkan.

Sama halnya dengan pasar, selama jual beli online pelanggan juga dapat membandingkan harga toko yang satu dengan harga di toko lain.

Selain itu, pembeli juga dapat menjangkau bisnis hingga ke luar negri jika membutuhkan barang impor. Dengan syarat gadget memiliki koneksi internet, maka pembeli dapat belanja online produk lokal maupun non lokal.

  • Proses transaksi dilakukan dengan cepat 

Selain kemudahannya, transaksi dalam bisnis online juga tergolong cepat. Pembayarannya pun sudah cukup mudah, bisa dengan transfer bank, mbanking, ibanking maupun virtual account.

Pelanggan juga dapat mengakses pembayaran kapan saja tanpa harus bertemu penjual terlebih dahulu. Kemudahan inilah yang memberi keuntungan kepada pelanggan.

  • Menghemat Waktu, Biaya dan Tenaga

Keuntungan dan manfaat jual beli online bagi pelanggan yaitu hemat waktu, biaya dan tenaga. Untuk belanja, pelanggan tanpa perlu menyita waktu banyak untuk berkunjung ke lapak penjual.

Pembelian barang juga dapat dilakukan kapan saja, karena pada toko online sudah menyediakan fasilitas gambar prorduk yang nanti akan dibeli pelanggan.

Dalam produk yang dipasarkan pelapak online sudah ada keterangan produk baik dari segi spesifikasi barang, ukuran, bahan dan harga. Hal ini sangat menghemat waktu dan tenaga pembeli.

Bisa dibilang, bisnis online cocok bagi pelanggan yang malas menunggu antrian membayar belanja, juga cocok untuk orang yang super sibuk.

Kekurangan Bisnis Online

Berbicara tentang keuntungan tentu tidak lepas dari kekurangan. Ada beberapa kekurangan dari bisnis online yang mungkin menjadi alasan seseorang mengapa masih memilih bisnis offline. Berikut kekurangannya.

  • Tidak dapat bekerja tanpa bantuan koneksi internet

Seluruh media sosial yang digunakan sebagai media promosi, tentu membutuhkan koneksi internet. Terlebih ketika mati lampu koneksi internet menjadi lemot, padahal saat itu sedang banyak orderan dan pelanggan.

Berbeda dengan bisnis offline yang tetap berjalan lancar meskipun tanpa bantuan koneksi internet. Sehingga dapat melayani pelanggan dengan sangat baik.

  • Barang tidak sampai ke tangan pembeli 

Kekurangan jual beli online lainnya yaitu ketika barang tidak segera sampai ke pembeli, entah karena ekspedisinya maupun karena barang hilang.

  • Dibutuhkan kesabaran jika pembeli banyak bertanya, namun tidak membeli 

Menjadi pebisnis online, harus super sabar, kapanpun smartphone berbunyi, penjual harus sigap untuk membalas dan melayani pelanggan. Meskipun pelanggan hanya sekedar bertanya barang karena hal ini termasuk wajar ketika berbisnis online.

  • Rawan dibohongi atau ditipu

Sistem belanja online memang mengharuskan pembeli membayar orderan dahulu sebelum barang sampai. Proses ini sangat aman jika pembeli langsung membayar dan penjual langsung bertanggung jawab mengirim barang.

Namun, pada kenyataannya masih ada saja oknum yang sengaja tidak mengirim orderan pembeli. Hal ini mencoreng citra baik bisnis online. Padahal tidak semua penjual berlaku curang.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika melakukan transaksi jual beli online melalui marketplace atau platform e-commerce lainnya agar lebih aman.

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol 

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis online, diantaranya :

Menemukan Ide Bisnis

Mencari ide untuk memulai bisnis tentu tidak mudah, terutama bagi pemula tanpa pengalaman. Untuk itu, ada beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan untuk memulai bisnis online. Berikut caranya:

  • Mencari peluang
  • Melihat kemampuan dan hobi Anda yang berpotensi dijadikan bisnis
  • Belajar kelebihan dan kekurangan bisnis lain
  • Mengikuti trend

Menentukan Target Pasar 

Sebelum memulai bisnis online, yang wajib Anda lakukan adalah menentukan target pasar. Dengan demikian, bisnis Anda lebih terarah.

Kesalahan umum bagi pemula yang hendak memulai bisnis adalah tidak mengetahui target pasar atau bahkan menjadikan semua orang sebagai target pasar.

Oleh karena itu, akan lebih bagus dan baik jika mulai dari sekarang Anda menentukan target market-nya.

Mencari Traffic 

Karena sasan utama pebisnis online adalah media sosial atau media massa, tentu traffic sangat dibutuhkan. Kunjungan atau traffic adalah cara yang digunakan untuk mendatangkan konsumen.

Untuk mendapatkan traffic banyak cara yang dapat dilakukan seperti menggunakan iklan di media sosial, melalui website dan melalui digital marketing lainnya.

Conversion 

Conversion adalah proses mengubah pengunjung menjadi pembeli. Proses ini bisa dibilang sebagai uji coba/ trail and eror-nya memulai bisnis.

Masalah dan Solusi Bisnis Online

Salah satu peluang usaha di era digital ini adalah bisnis online. Maraknya bisnis online memiliki banyak manfaat juga memiliki beberapa hambatan sekaligus kendala jika ingin memulai usaha.

Berikut ini adalah beberapa kendala bisnis online yang sering muncul sekaligus dengan solusinya.

  • Maraknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan pelanggan terhadap peluang usaha online rendah. Penipuan sering terjadi terkait barang yang dikirim tidak sesuai gambar, bisa juga sudah bayar namun barang belum dikirim.

 

Solusi : Agar konsumen lebih yakin, ada baiknya jika mencantumkan alamat lengkap, kontak yang bisa dihubungi baik melalui chatting, telepon atau sms.

Selanjutnya jaga kualitas produk yang Anda tawarkan dan lengkapi diskripsi produk secara detail hingga konsumen memperoleh informasi yang lengkap.

  • Persaingan bisnis online yang sangat tinggi membuat persaingan semakin ketat karena sudah dijankan ribuan orang di berbagai negara.

Solusi : Tawarkan produk yang memiliki keunikan dibanding produk kompetitor, sehingga persaingannya tidak terlalu tinggi.

Dukung dengan promosi bisnis online seperti optimasi seo, memasang iklan baris, memberikan konten gratis kepada konsumen sekaligus memasakan secara offline. Dengan strategi bisnis tersebut, dapat dipastikan bisnis Anda semakin dikenal banyak orang.

  • Kendala koneksi internet. Memang bagi sebagian orang yang ada di kota besar, koneksi bukan kendala yang cukup fatal. Namun bagi orang yang tinggal di daerah pinggiran dengan koneksi terbatas tentu menjadi kendala.

Solusi : Anda dapat menggunakan modem internet, pilihlah modem dengan sinyal yang bagus di daerah Anda sehingga koneksi cepat.

  • Terbatasnya pengetahuan terkait bisnis online. Banyak yang ikut-ikutan berbisnis online atau membuka toko online, namun tidak mengetahui apa strategi bisnisnya agar optimal.

Solusi : Untuk menambah pengetahuan, Anda dapat mempelajari melalui google, youtube maupun buku bisnis yang banyak beredar di pasaran. Jika keuangan Anda cuku bagus, Anda dapat memanfaatkan kursur online yang ditawarkan pakar bisnis dan pakar internet marketing.

Demikianlah pengertian bisnis online menurut para ahli, jenis bisnis online, contoh  bisnisnya dan beberapa keuntungan serta kelemahannya. Semoga artikelnya bermanfaat.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: