√21+ Tips Menghadapi UN (Ujian Nasional) Agar Sukses dan Lancar

Tips Menghadapi UN –  Ujian nasional adalah salah satu upaya pemerintah dalam menjamin mutu satuan pendidikan. Ujian nasional biasanya disingkat UN atau UNAS. 

Sahabat, ujian nasional sebentar lagi sudah dimulai. Deg-degan tidak sahabat?Nervous dan susah tidur juga ya? Berbagai macam kejala ini sudah pasti kalian hadapi ketika menjelang ujian. 

Nah, berbagai macam gejala menjelang ujian nasional sudah pasti kalian alami. Tapi jangan panik dulu ya sahabat, jangan gugup juga!

Kita akan berbagi tips menghadapi un agar kalian sukses, lancar dan lebih siap lahi dalam menghadapi ujian nasional. Yuk baca tips dan triknya sampai selesai!

Tips Menghadapi UN

tips menghadapi un
pict by pexels.com

Sebelum menghadapi ujian, sahabat perlu melakukan berbagi persiapan nih. Agar dapat mengerjakan soal dengan baik dan maksimal. Berikut nih, kita bagi tips menghapi UN, disimal baik-baik ya sahabat!

Luruskan Niat

Hal yang yang perlu kalian lakukan menjelang ujian nasional yaitu meluruskan niat. Ini merupakan hal yang cukup sering dilupakan oleh kalian sebagai pelajar.

Tanyakan pada hati kalian, untuk apa kalian sekolah. Jangan hanya asal sekolah tanpa tahu tujuan belajar di sekolah. Yang penting masuk, lalu mendapat ijazah.

Jika kalian salah satu bagian dari orang-orang yang seperti ini, coba luruskan niat kalian. Niatkan sekolah untuk mendapatkan ilmu agar bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Membuat Jadwal Belajar Rutin

jadwal belajar
pict by pinterest

Salah satu tips menghadapi UN adalah dengan membuat jadwal belajar rutin. Sekarang kalian bisa mencoba membuat jadwal belajar yang lebih baik, agar kalian dapat mengalokasikan waktu lebih untuk mempelajari pelajaran yang kalian anggap sulit.

Tidak perlu lama-lama dalam belajar, yang penting kalian bisa belajar secara efektif dan rutin dengan jadwal yang sudah kalian buat.

Pahami Kisi-kisi Ujian Nasional

Mengingat ujian nasional yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Sepertinya kurang efektif jika kalian harus membaca seluruh materi dari buku yang pernah dipelajari di sekolah.

Lalu apa yang seharusnya dilakukakan?

Ada baiknya, jika kalian pahami terlebih dahulu standr kompetensi lulusan (SKL) untuk memudahkan proses belajar kalian dan mengetahui materi apa saja yang harus kalian pelajari.

Kalian bisa mendapatkan kisi-kisi ujian nasional di website resmi BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan).

Membuat Ringkasan Materi

tips menghadapi un
pict by walmart.com

Salah satu cara belajar yang terkenal ampuh adalah dengan membuat ringkasan atau biasanya disebut jembatan keledai.

Kalau kalian hanya mengandalkan buku catatan seperti apa yang diajarkan guru saat mengajar dan juga belajar dari buku cetak.

Bisa-bisa kalian kesulitan jika mengerjaan soal yang membutuhkan daya analisa dan butuh pemahaman konsep mendalam.

Nah untuk memahami konsep secara menyeluruh, kalian bisa membuat ringkasan materi atau jembatan keledai.

Apalagi jika ringkasan yang kalian buat ditambahkan dengan gambar visual, diagram dan tabel. Dengan hal ini, akan sangat membantu otak untuk mencerna informasi dengan lebih mudah.

Latihan Soal-soal Ujian Nasional Tahun Sebelumnya

latihan soal
pict by pexels.com

Sahabat pernah mendengar tidak? Ada pepatah yang mengatakan:

“Bisa Karena Terbiasa”

Coba deh bayangkan, percuma saja jika kalian hanya membaca atau menghafal materi ujian nasional. Namun tidak membiasakan diri untuk berlatih mengerjakan soal-soal.

Untuk itu, kalian perlu membiasakan diri mengerjakan soal-soal latihan setelah selesai mempelajari materi.

Dengan begitu, kalian bisa mengukur seberapa besar pemahaman kalian. Jika kalian bisa mengerjakan soal dengan baik dan benar, artinya kalian sudah siap menghadapi ujian nasional.

Apalagi saat ini, banyak sekali contoh-contoh soal UN yang mudah didapat, tidak hanya ditoko buku namun di internet juga.

Coba deh, kalian pelajari berbagai tipe soal. Agar saat UN nanti kalian dapat mengerjakan dengan lancar tanpa kebingungan.

Menciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Belajar akan menjadi lebih menyenangkan jika kondisi mood kalian dalam keadaan baik juga.

Oleh karena itu, ketika belajar dibutuhkan suasana belajar sesuai dengan kepribadian kaliam.

Misalnya seperti belajar di taman belakang rumah dalam kondisi halaman yang bersih dan sebagainya. Ketika kalian sudah nyaman, kalian pasti akan lebih betah untuk belajar.

Mengikuti Seluruh Program Di Sekolah

Beberapa bulan sebelum ujian, sekolah biasanya mengadakan program bimbingan belajar yang harus diikuti para siswa tingkat akhir.

Program yang biasanya berupa try out. Program yang diadakan tentunya sangat bermanfaat untuk persiapan kalian dalam menghadapi ujian nasional.

Kalian akan semakin terbiasa mengerjakan soal sebelum menghadai ujian aslinya. Jadi, jangan malas ya kalau ada bimbingan belajar sebelum ujian nasional.

Belajar Kelompok

Belajar sendiri mungkin terkadang agak membosankan ya sahabat? Coba deh ajak beberapa temanmu yang membuat suasana belajarmu lebih santai dan menyenangkan.

Mungkin ada beberapa orang yang tidak cocok dengan belajar kelompok, namun ada beberaoa juga yang menyukai belajar kelompok.

Untuk kalian yang menyukai belajar kelompok, tenyata ada beberapa kelebihan yang bisa kalian dapatkan dengan belajar kelompok lho.

Dengan belajar seperti ini, kalian dapat saling berbagi pengetahuan dalam memecahkan soal-soal yang sulit bersama teman kalian yang lain.

Selain itu, kelebihannya kalian bisa saling mendukung dan menyemangati. Namun, tetap harus diingat ya tujuan utamanya belajar bukan hanya nongkrong.

Mengurangi Hal yang Tidak Bermanfaat

Mulai dari sekarang, kalian harus mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang kurang penting nih sahabat.

Misalnya seperti nongkrong berjam-jam sepulang sekolah, main game yang tidak kunjung selesai dan menghabiskan waktu di depan televisi.

Untuk itu, kalian bisa mengubahnya dengan kebiasaan yang lebih bermanfaat ya sahabat.

Fokus

Selama persiapan menghadapi un, yuk mulai belajar menahan diri! Salah satunya nih sahabat, dengan tidak terlalu sering membuka media sosial.

Sesekali boleh kok mengecek update-an atau posting kegoatan terbaru kalian. Tapi jangan sampai berjam-jam juga ya!

Hal ini perlu kalian lakukan agar perhatian kalian tidak beralih ke hal yang kurang bermanfaat.

Kalau kalian memang tipe orang yang susah untuk fokus, mungkin belajar efektif akan membantu kalian untuk lebih fokus lagi. Tetap semangat ya sahbaat!

Sediakan Waktu untuk Bermain

Sesekali jalan-jalan tidak ada salahnya lho sahabat, walau hanya sekedar untuk me-refresh otak. Tidak perlu jauh-jauh juga bisa, misalnya kalian berkeliling kompleks. Menghirup udara segar akan membuat otak kalian kembali fresh.

Jaga Kesehatan

Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi kesehatan kalian. Mulai sekarang, kalian wajib mengkonsumsi makanan yang lebih sehat dan bernutrisi.

Tidak hanya mengatur asupan saja lho, kalian juga harus mengontrol waktu istirahat kalian juga.

Kurang-kurangi deh begadang yang kurang penting. Walau ada tugas, ada baiknya jika diselesaikan sesegera mungkin tanpa perlu kalian begadang.

Jangan lupa juga dibarengi dengan olahraga ya. Kalau tidak sempat dihari sekolah, mungkin minggu jadi ide yang tepat untuk olahraga.

Untuk olahraga, efeknya bukan hanya untuk menghadapi ujian nasional saja, tapi efek jangka panjang juga terasa. Siapa coba yang tidak ingin berumur panjang?

Berdoa

Tips menghadapi un yang terakhir adalah berdoa! Perbanyaklah kalian berdoa gar kalian diberi kelancaran selama UN.

Berdoa baik dari kesehatan, kelancaran saat mengerjakan, hingga untuk hasilnya nanti.

Jangan lupa juga berdoa untuk teman-teman kalian juga ya!

Berusaha dan Tawakal

Setelah kalian melakukan beberapa tips menghadapi un di atas, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin.

Dengan berusaha mempelajari seluruh materi sebelum ujian dan berlatih mengerjaan soal-soal ujian. Setelah itu serahkan semua hasilnya pada yang mau kuasa sembali kalian berdoa. 

Sekian beberapa tips menghadapi UN yang wajib kalian coba sebagai persiapan ujian nasional. Semua tips yang ada di atas akan sia-sia jika kalian tidak mulai mencoba dan mempraktekkannya. Yuk mencoba mulai dari sekarang! Semoga sukses ya sahabat! 

 

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

%d blogger menyukai ini: