√ 21+ Cabang Ilmu Biologi yang Perlu Kalian Tahu {Lengkap}

Cabang Ilmu Biologi – Siapa diantara kalian yang menyukai pelajaran biologi? Tahukah kalian, bahwa ilmu biologi ternyata memiliki cakupan yang sangat luas sahabat.

Karena terlalu luas, ilmu biologi sampai dibagi menjadi berbagai macam cabang. Pembagian cabang ilmu biologi dibagi berdasarkan objek kajian masing-masing cabang ilmu tersebut.

Biologi adalah salah satu cabang pelajaran IPA yang memperlajari tentang makhluk hidup. Contoh sederhannya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh kaliam akan mengalami reaksi metabolisme sampai akhirnya tubuh mendapat energi dari makanan tersebut.

Nah, pada kasus tersebut ilmu biologilah yang berperan untuk membahas masa saja organ yang berperan dalam proses tersebut, apa saja yang dilakukan.

Itu hanya sebagian saja dari penerapan cabang cabang ilmu biologi dalam kehidupan kita. Karena banyaknya objek kajian ilmu biologi, maka terbentuklah cabang biologi yang membahas kajian biologi secara spesifik. Penasaran kan? Yuk luangkan waktu kalian untuk membaca artikel ini 🙂

Botani

cabang ilmu biologi
pict by https://www.pexels.com/id-id/foto/alam-1702954/

Adakah diantara sahabat yang ingin menjadi seorang botanis? Nah, jika ada kalian perlu nih mempelajari salah satu cabang ilmu biologi ini. Pengertian Botani adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan.

Yang dipelajari dalam cabang biologi ini mulai dari jenis, struktur, persebaran, interaksi tumbuhan dengan lingkungan, reproduksi tumbuhandan klasifikasi tumbuhan.

Ilmu ini tentu akan sangat berguna dalam dunia pertanian sahabat, karena kalian dapat mengetahui karakteristik dan macam macam tumbuhan yang ada disekitar.

Zoologi

cabang ilmu biologi
pict by pexels.com

Jika dalam cabang cabang biologi botani kalian mempelajari tentang tumbuhan, maka di cabang ilmu zoologi kalian haya mempelajari seputar tentang hewan.

Pengertian zoologi adalah salah satu cabang cabang biologi yang mempelajari segala hal tentang hewan. Yang dipelajari mulai dari habitat hewan, struktur tubuh hewan, repoduksi hewan dan klasifikasi hewan.

Tahukah kalian, bahwa bayi penyu yang baru lahir dapat menemukan jalannya sendiri untuk kembali ke laut tanpa bantuan orang tuanya? Nah, di cabang ilmu ini kalian bisa mempelajarinya lebih luas. Menarik kan?

Genetika

cabang ilmu biologi
pict by pixabay.com

Kalian pernah mendengar istilah gen atau kromosom? Gen adalah salah satu bagian dari sel yang memiliki peran untuk mengatur pewarisan sifat dari induk pada keturunannya dan persilangan gen.

Gregor Johann Mendel 

Gregor Mendel dikenal sebagai “Bapak Genetika Modern” adalah ilmuan yang berhasil mengemukakan teori pewarisan sifat yang disebut Hukum Mendel.

Genetika adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat. Coba diingat, kalian dulu pernah tidak ya bertanya-tanya kenapa warna kulit kalian kenapa bisa sama dengan warna kulit ibumu? Nah, pada cabang ilmu ini kalian bisa mem[elajari lebih detail lagi.

Ekologi

Ekologi adalah salah satu cabang biologi yang mempelajari tentanf interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya atau interaksi antar sesama makhluk hidup di bumi. Contoh bagaimana cara mencegah pencemaran lingkungan melalui budidaya tanaman.

Virologi

cabang ilmu biologi
pict by pinterest.com

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata virus? Mungkin diantara kalian banyak yang berfikiran negatif tentang virus ya? Karena memang salah satu ciri ciri virus menyebabkan penyakit. Maka tidak heran jika para ahli biologi membentuk cabang ilmu virologi. Pengertian virologi adalah imu yang mempelajari tentang virus.

Bakteriologi

cabang ilmu biologi
pict by pinterest.com

Pengertian bakteriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bakteri. Pada cabang ilmu ini, kalian akan mempelajari mengenai struktur, reproduksi hingga peranan bakteri dan segala sesuatu yang berkaitan dengan bakteri.

Mikologi

cabang ilmu biologi
pict by pixabay.com

Sahabat, kalian sudah pernah melihat jamur pada makanan yang kadaluarsa kan? Atau pernah melihat jamur yang tumbuh di pohon? Atau jangan-jangan kalian pernah makan jamur? Nah, ternyata jenis jamur ini berbeda-beda berdasarkan klasifikasi jamur sahabat.

Pengertian mikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jamur mulai dari struktur, reproduksi dan peranan jamur. Jamur ini termasuk organisme yang unik lho! Bentuk jamur seperti tumbuhan, namun tidak memiliki klorofil sehingga tidak masuk objek kajian cabang ilmu bootani dan terbentuklah mikologi.

Sitologi

Pengertian sitologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang sel. Jadi pada ilmu sitologi kalian akan mempelajari salah satu unit penyusun seluruh makhluk hidup di bumi, yaitu sel.

Cabang biologi ini akan membahas mulai dari struktur dan organel sel, interaksi antar sel, daur hidup sel, pembelahan sel sampai dengan kematian sel akan dibahas pada cabang ilmu ini. Gimana? Seru kan?

Histologi

Pengertian histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan pada makhluk hidup. Contohnya jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, jaringan otot, jaringan ikat dan masih banyak yang lain.

Nah bagi kalian yang ingin masuk jurusan kedokteran, histologi ini sangat bermanfaat sekali untuk dipelajari sahabat. Tertarik tidak?

Embriologi

Pengertian embriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan embrio. Embrio adalah calon makhluk hidup baru bagi hewan dan manusia. Oleh karena itu para ahli membentuk embriologi dan menjadikan embrio sebagai objek kajian penting dalam ilmu biologi.

Fisiologi

Fisiologi disebut juga dengan ilmu faal. Pengertian fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang fungsi tubuh baik secara morfologi maupun secara anatomi. Berdasarkan objek yang dipelajari, fisiologi dibagi menjadi tiga yaitu fisiolohi manusia, fisiologi tumbuhan dan fisiologi hewan.

Kalian penah dengar kata fisioterapi tidak ya? Fisioterapi juga bagian dari fisiologi lho sahabat! Ada yang tahu tidak fisioterapi untuk ngobati apa ya?

Ornitologi

Pengertian ornitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang burung. Pada ilmu ornitologi kalian tidak hanya mempelajari pengklasifikasian jenis burung saja, namun juga akan mempelajari perilaku burung tersebut.

Diantara kalian adakah yang menyukai burung atau penggemar burung? Tahu tidak, kira-kira jumlah jenis burung yang kalian tahu ada berapa? Ternyata, jumlah jenis burung yang berhasil ditemukan di seluruh dunia sekitar 8.800 – 10.200.

Indonesia adalah negara ke-4 yang memiliki jumlah spesies burung terbanyak di dunia yaitu memiliki 1.666 spesies burung yang tercatat pada Bank Lembaga Pelestarian Burung.

Nah, untuk mempelajari seluruh hal yang berkaitan dengan burung yang berjumlah banyak terbentuklah cabang biologi yang disebut ornitologi.

Anatomi

Dalam dunia kedokteran selain histologi, anatomi juga penting untuk dipelajari. Pengertian anatomi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan bagian dalam tubuh makhluk hidup.

Jika kalian memperhatikan struktur lidah kalian, tentu akan melihat tonjolan halus yang ada di permukaan lidah kalian, sadar kan? Nah tonjolan ini dinamakan dengan papla sahabat.

Lalu pasti akan timbul pertanyaan, apa sih fungsi papila? Bagaimana sih struktur lidah dan terdiri dari apa saja? Nah yang seperti ini akan dikupas tuntas dalam ilmu anatomi.

Morfologi

Pengertian morfologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur tubuh luar makhluk hidup. Jadi ilmu ini berlawanan dengan ilmu anatomi, jika fokus morfologi pada struktur bagian luar makhluk hidup, anatomi membahas bagian dalam makhluk hidup.

Kalian penasaran tidak sih kenapa telapak kaki kucing terdapat bantalan warna pink? atau kenapa kaki bebek berselaput? atau kenapa bentuk paruh burung bisa berbeda-beda? Tenang ya, dalam cabang biologi ini, akan terjawab seluruh rasa penasaran kalian!

Entomologi

Tahukah kalian, serangga yan ada di bumi merupakan organisme dengan jumlah yang paling banyak dan beragam?

Keberagaman inilah yang menjadikan serangga sebagai salah satu ojek kajian dalam ilmu biologi yang menarik untuk dibahas, sahabat!

Pengertan entomologi adalah ilmu yang mempelajari tentang serangga. Disini kalian akan belajar tentang jenis serangga, klasifikasi serangga, perilaku serangga serta persebaran serangga yang ada di bumi.

Mikrobiologi

Kalian pernah mendengar istilah mikrobiologi? Mungkin ketika belajar ilmu biologi istilah mikrobiologi bukanlah suatu hal yang asing lagi ya sahabat?

Pengertian mikrobiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang mikroorganisme seperti protozoa, bakteri, archaea dan alga mikroskopik.

Hayo disini siapa ya yang pernah memakai mikroskop? Dalam memelajari ilmu mikrobiologi kalian akan menggunakan mikroskop karena objek yang diamati berukuran sangat kecil.

Evolusi

Mendengar kata evolusi, tentu ingatak kita akan teringat dengan Charles Darwin atau bapak teori evolusi. Ternyata evolusi masuk ke dalam cabang cabang biolog lho! Pasti akan menarik untuk dipelajari!

Pengertian evolusi adalah ilmu yang mempelajari tentang perubahan struktur tubuh makhluk hidup yang secara perlahan dalam waktu yang sangat lama.

Bioteknologi

Pengertian bioteknologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan organisme lain untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia.

Kalian tahu yoghurt kan? Nah yoghurt adalah salah satu produk hasil dari bioteknologi lho! Organisme yang digunakan dalam proses pembuatan yoghurt adalah bakteri Lactobacillus bulgaricus atau Streptococcus thermophillus.

Taksonomi

Pengertian taksonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang pengklasifikasian atau pengelompokan makhluk hidup. Penggolongan makhluk hidup ini tentu tidak sembarangan sahabat, melainkan didasarkan pada tingkatan tertentu.

Carl Von Linne 

Carl Von Linne adalah seorang ilmuan pencetus pertama sistem penamaan makhluk hidup yang disebut tata nama binominal. Carl Von Linne kemudian dijuluki “Bapak Taksonomi Modern“.

Biologi Molekuler

Pengertian biologi molekuler adalah salah satu cabang cabang biologi yang mempelajari tentang molekul di dalam tubuh. Contohnya dalaha interaksi DNA, interaksi RNA, sintesis molekul, lipid, protein dan pemanfaatan molekul tersebut dalam kehidupan manusia.

Imunologi

Pernahkah kalian mendengar istilah imun? Imun adalah sistem kekebalan tubuh. Sedangkan yang akan menetralisir setiap benda asing yang masuk dalam tubuh adalah sistem imun. Pengertian imunologi adalah ilmu yang mempelajari tentang imun.

Paleontologi

cabang ilmu biologi
pict by pexels.com

Pengertian paleontologi adalah cabang ilmu biologi yang membahas tentang kehidupan dari hewan dan tumbuhan pada masa lalu yang saat ini sudah menjadi fosil. Sepertinya seru ya sahabat?

Mamologi

cabang ilmu biologi
pict by pixabay.com

Pengertian mamologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mamalia yang ada di bumi ini. Ilmu ini menarik banget lho sahabat, karena kalian akan mengetahui segala jenis mamalia, klasifikasi mamalia, perilaku dan persebaran mamalia.

Tahukah kalian! 

Paus biru adalah mamalia terbesar yang masih hidup di bumi lho! Jenis mamalia ini bisa tumbuh mencapai 105 kaki dengan berat sekitar 200 ton. 

Setelah membaca artikel ini, kalian tahu kan kalau cabang-cabang ilmu biologi itu sangat banyak sekali. Cakupan ilmu biologi sangat luas sekali sahabat! Mulai dari organisme yang terkecil sampai organisme terbesar ada pembahasannya semua dalam ilmu biologi ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, cabang-cabang ilmu biologi ini akan terus bertambah sahabat. Kalau kalian tertarik dengan ilmu biologi yang mana? Yuk bagikan jawabannya di kolom komentar.

Tinggalkan komentar