tingkat organisasi kehidupan

Tingkatan Organisasi Kehidupan {Pengertian dan Struktur Organisasi}

Tingkatan Organisasi Kehidupan – Hallo sahabat lentera, pada pembahasan kali ini masih seputar biologi ya sahabat. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungannya.

Jadi, yang menjadi objek kajian biologi adalah makhluk hidup dan non hidup. Mengapa demikian? Karena makhluk hidup sangat erat kaitannya dengan lingkungan sehingga dalam ilmu biologi akan dipelajari secara detail dan menyeluruh.

Dalam ruang lingkup biologi, organisme yang akan dipelajari khususnya makhluk hidup terdiri dari macam macam tingkatan organisasi kehidupan.

Tingkatan organisasi kehidupan yang ada di bumi memiliki struktur yang sangat terorganisasi mulai dari tingkatan yang terendah sampai tingkatan yang paling tinggi.

Hal tersebut tergantung kekuatan dan kemampuan dari setiap tingkatan organisasi kehidupan. Ketika ada makhluk yang mampu bertahan hidup dalam wilayah yang besar, maka mereka akan lolos seleksi alam yang sangat ketat.

Bukan hanya lolos seleksi alam saja, tapi mereka bisa tetap bertahan hidup walaupun alam tidak bersahabat. Mereka yang terkuat adalah mereka yang menduduki peringkat tertinggi dalam tingkat organisasi kehidupannya.

Pasti diantara sahabat akan menimbulkan pertanyaan, apakah penting mengetahui tingkat organisasi kehidupan? Tentu penting.

Dengan mengetahui tingkat organisasi kehidupan di bumi, akan memberikan pengalaman dan pengetahuan bahwa di atas masih ada makhluk yang jauh lebih baik.

Peringkat organisasi kehidupan mencangkup banyak aspek mulai dari hewan, tumbuhan, manusia dan organisme kecil. Lalu apa saja yang masuk dalam tingkat organisasi kehidupan? Yuk simak bareng-bareng.

Sistem organisasi kehidupan adalah suatu perangkat pada elemen kehidupan dari struktur yang terkecil sampai struktur yang terbesar  dengan memiliki tugas dan fungsi tersendiri. 

Molekul

Molekul adalah tingkat organisasi kehidupan yang paling rendah dan terdiri dari beberapa partikel kecil seperti neutron, proton dan elektron.

Ketiga partikel ini akan berkumpul untuk menjadi satu, kemudian membentuk menjadi suatu atom. Dimana dalam inti atom terdapat neutron dan proton, sedangkan elektron ada dibagian luar atom dan mengelilingi atom.

Di ala ada berbagai jenis atom, contohnya karbon, hidrogen, nitrogen dan sebagainya. Ketika sudah membentuk atom yang memiliki sifat dan karakteristik sediri maka terbentuklah molekul. Contohnya molekul air, protein, glukosa dan sebagainya.

Jadi dapat dikatakan bahwa tingkat organisasi kehidupan terendah adalah atom. Pengertian molekul adalah kumpulan dari beberapa atom yang berinteraksi dan membentuk suatu ikatan.

Sel

contoh sel
pict by materikimia.com

Jika molekul adalah organisasi kehidupan terendah, maka sel berada satu tingkat diatas molekul. Sel adalah kumpulan molekul yang saling berinteraksi dan saling berikatan satu sama lain untuk membentuk organisasi yang baru.

Satu sel memiliki materi yang sifatnya hereditas, maka sel bisa beraktivitas melakukan metabolisme sendiri bahkan sel juga bisa berkembang. Setiap organisme tersusun dari salah satu jenis sel yang secara struktural berbeda yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.

Dari karakteristik inilah sel disebut sebagai unit terkecil dalam kehidupan. Bahkan ada beberapa orang yang tidak dapat melihat sel secara langsung tanpa bantuan mikroskop.

Jaringan

gambar tingkat organisasi kehidupan
pict by materikimia.com

Manusia memiliki jaringan, hewan dan tumbuhan juga memiliki jaringan. Kesimpulannya seluruh makhluk hidup memiliki jaringan? Benar begitu tidak sahabat? Tentu tidak. Jaringan hanya dapat ditemukan pada organisme multi seluler atau memiliki sel banyak.

Jaringan adalah kumpulan dari beberapa sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Karena sel hanya bisa membentuk jaringan dan bekerja sama dengan sesama sel yang memiliki bentuk dan karakter yang sama.

Organ

gambar tingkat organisasi kehidupan
pict by materikimia.com

Sama seperti jaringan, hanya organisem yang memiliki sifat multi seluler (memiliki sel banyak) yang memiliki organ. Organ adalalah kumpulan beberapa jaringan yang yang memiliki fungsi berbeda, kemudian bekerja sama dan menjalankan fungsi tertentu.

Contohnya organ otak, disana akan ditemui beberapa jaringan penyusun otak. Misalnya jaringan syaraf dan jaringan ikat. Nah kedua jenis jaringan ini akan bekerja sama untuk membentuk sistem kordinasi.

Contoh lain adalah organ daun yang terdiri dari beberapa jaringan yang berbeda dan bekerja sama untuk melakukan pertukaran gas oksigen dan karbondioksida , proses fotosintesis dan proses transpirasi.

Perumpamaan dari organ sangat banyak sekali. Contohnya adalah organ mata yang berguna untuk melihat alam sekitar. Organ hidung untuk mencium bau dari sesuatu, organ jantung yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan lain sebagainya.

Sistem Organ

Sistem organ disusun dari kumpulan beberapa organ yang saling berinteraksi untuk menjalankan fungsi tertentu dalam tubuh. Seperti contoh sistem organ yaitu :

  • Sistem pencernaan yang tersusun atau organ lambung, usus dan mulut.
  • Sistem penafasan yang tersusun atas organ hidung, tenggorokan, bronkus dan paru-paru.

Semua sistem organ akan bekerja sama untuk melakuan fungsi atau melakukan proses kehidupan membentuk organisme.

Sistem organ saling mempengaruhi satu sama lain dengan sistem organ lainnya. Jika satu sistem organ rusak maka sistem organ yang lain akan terganggu. 

Organisme

Individu bisa berupa organisme uniseluler (bersel tunggal) dan berupa organisme multiseluler (bersel banyak). Contoh organisme yang bersel tunggal adalah bakteri dan protozoa. Nah satu bakteri atau satu protozoa ini bisa dikatakan individu.

Pada tingkat ini, organisme adalah satua makhluk hidup yang tersusun secara kompleks dengan berbagai macam sistem tubuh yang saling mendukung. Dukungan ini dari mulai tingkatan yang terkecil yaitu molekul hingga sistem organ, agar organisme bertahan hidup dan mampu berinteraksi dengan alam sekitar.

Populasi

tingkatan organisasi kehidupan
pict by pexels.com

Diatas tingkat organisme atau individu masih ada tingkatan lainnya yaitu populasi. Populasi adalah kumpulan dari beberapa individu yang sejenis dan tinggal bersama serta berada dalam waktu yang sama.

Dalam kehidupan nyata, kalian akan menemukan dengan mudah populasi makhluk hidup. Contohnya adalah kumpulan murid-murid yang sedang belajar di sekolah. Kumpulan murid-murid ini dinamakan populasi manusia.

Contoh lain yaitu kumpulan tumbuhan rumput yang ada di sekitar sekolah, disebut dengan populasi rumput. Ada juga kumpulan serangga yang sejenis contohnya belalang yang hidup dalam satu sarang. Jumlah belalang sangat banyak sekali maka kumpulan dari beberapa belalang disebut populasi belalang.

Komunitas

Disekolah kalian ada komunitas menyanyi? Komunitas menari? Komunitas menulis? Pernah tidak berpikir, kenapa harus dinamakan komunitas bukan populasi? Padahal sama-sama dilakukan oleh beberapa orang yang memiliki minat atau hobi yang sama?

Memang benar, bahwa komunitas terdiri dari sekumpulan orang. Namun dari sini letak perbedaan komunitas dan populasi. Jika populasi hanya mampu menampung satu jenis populasi yang jumlahnya banyak.

Berbeda dengan komunitas yang dikatakan sebagai wadah dari banyaknya populasi, jadi dalam satu tempat tidak terdiri satu populasi . Tetapi banyak populasi yang menempati satu tempat yang sama.

Contohnya dalam satu sekolah terdapat populasi guru, populasi siswa dan populasi karyawan. Karena antara guru, siswa dan karyawan jumlahnya lebih dari satu. Mereka juga menempati suatu lokasi dan wilayah yang sama dan melakukan interaksi satu sama lain, maka mereka disebut komunitas.

Ekosistem

tingkatan organisasi kehidupan
pict by pexels.com

Tingakat organisasi kehidupan yang lebih tinggi dari komunitas yaitu ekosistem. Pada tingkat ini akan banyak sekali interaksi antara komponen yang satu dengan komponen yang lain. Bahkan ada hubungan timbal balik antara yang satu dengan yang lain.

Perbedaan tingkat ekosistem dengan komunitas yaitu, jika pada komunitas hanya memfokuskan pada organisme yang hidup dan benda mati tidak dapat disebut dengan komunitas.

Sedangkan ekosistem baik benda hidup maupun non hidup dapat dikatakan sebagai ekosistem. Benda yang hidup dinamakan komponen biotik dan benda non hidup disebut sebagai komponen abiotik. Jika antara komponen abiotik dan komponen biotik saling berinteraksi dalam lingkungan yang sama maka disebut dengan ekosistem.

Bioma

Tingkat organisasi kehidupan selanjutnya yang berada di atas ekosistem adalah bioma. Pengertian bioma adalah kumpulan ekosistem dalam suatu wilayah yang luas.

Contoh dari beberapa bioma besar yang berada di bumi kita antara lain bioma padang rumput, bioma hutan hujan tropis dan bioma gurun. Pada umumnya suatu bioma memiliki iklim yang khas sehingga, ada beberapa jenis organisme khas yang dapat beradaptasi pada lingkungan tersebut.

Nah bagaimana dengan materi kita hari ini mengenai tingkatan organisasi kehidupan? Kesimpulannya tingkatan organisme yang dipelajari dalam ruang lingkup ilmu biologi terdiri dari berbagai tingkatan mulai dari yang terkecil sampai ke yang terbesar.

Setiap urutan organisasi kehidupan yang kita pelajari memiliki ciri masing-masing, fungsi dan tugas tersendiri satu sama lain yang saling mendukung untuk mmeberikan kehidupan bagi makhluk hidup.

Tinggalkan komentar