Cara Menghemat Uang yang Wajib Dipraktekkan!

Menerapkan hidup hemat merupakan keinginan sebagian besar seseorang, terutama bagi mereka yang pendapatannya tidak tentu. Tapi nyatanya, ungkapan hemat hanyalah sebatas wacana saja karena tidak semua orang mampu menerapkan perilaku hidup hemat.

Tidak sedikit orang juga yang berkeinginan untuk hidup hemat, dengan melakukan beberapa upaya. Tetapi, godaan selalu datang menghampiri di waktu yang tidak tepat. Maka tidak heran juga, jika seseorang rela mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang justru tidak penting.

Jika ditanya, kamu termasuk orang yang setuju atau tidak dengan peribahasa hemat pangkal kaya? Ya, ungkapan itu peribahasa yang sangat sering kita dengar atau kita jumpai di sekolah terutama bagi yang sekolah dasar.

Kalimat itu, seringkali tertanam dan tersimpan dalam benak seseorang. Sayangnya, tidak semua orang mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Memang tidak semua orang memiliki keahlian untuk mengelola keuangan dengan cukup baik. Terkadang gara-gara seseorang tidak dapat mengelolah keuangan dengan baik mengakibatkan jumlah pengeluaran lebih besar daripada jumlah pemasukan.

Jika begitu, pasti kamu setuju dengan tindakan menghemat uang sedari dini akan sangat berharga untuk kehidupan dimasa mendatang? Bukankah seperti itu?

Cara Menghemat Uang Ini Wajib Dipraktekkan

cara menghemat uang
picture by pixabay.com

Saat kondisi ekonomi seperti sekarang ini, upaya untuk menekan biaya hidup perlu dilakukan secara habis-habisan. Sehingga menabung bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk hidup hemat. Hidup Hemat tentu membutuhkan perjuangan yang cukup ekstra bukan?  .

Di zaman sekarang, untuk menyisihkan sebagian uang bisa dikatakan cukup sulit. Gaya hidup orang sekarang mengalami pergeseran signifikan ke arah yang lebih konsumtif.

Khususnya bagi para generasi millenial yang biasanya bergaya hidup hedon. Contoh sederhananya, sekedar meminum kopi di kafe yang jika diperhitungkan pengeluarannya setara dengan harga beras 5kg yang dibisa dipakai berhari-hari.

Kalau gaya hidup sudah demikian, maka dapat dipastikan gaji bulanan akan selalu terasa kurang. Belum lagi nanti kalau tergoda oleh keinginan untuk berbelanja barang yang seharusnya tidak dibutuhkan dan tidak perlu dibeli.

Oleh karena itu, diperlukan tekad yang kuat untuk menerapkan prinsip hidup hemat. Kepandaianmu dalam menghemat uang harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Lalu, bagaimana cara menghemat uang sebaik mungkin? Berikut kami tampilkan beberapa cara menghemat uang. Yuk simak tipsnya.

Cara Menghemat Uang Gaji

cara menghemat uang
picture by pixabay.com

Pendapatan gaji harus dikelola dengan baik dan benar. Agar lebih hemat sehingga pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Dan kedepannya tidak mengalami kesulitan akibat pengelolahan gaji yang tidak benar.

Bagi kamu yang ingin tahu cara menghemat uang gaji, berikut kami rangkum.

Membuat Rencana Bulanan dan Catat Semua Pengeluaran

Pemborosan terjadi ketika kamu mengikuti keinginan tanpa mempertimbangkan butuh atau tidaknya. Cara terbaik untuk menghemat uang gaji, yaitu dengan membuat daftar belanja. Belanjakan uang sesuai rencana awal dan jangan lupa catat setiap pengeluaran.

Membeli Barang yang Dibutuhkan Saja

Cara kedua menghemat uang gaji dengan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Tanyakan pada dirimu, apa Anda membutuhkan? Bisakah untuk dibeli bulan depan? Mampukah kamu membeli sekarang? Sehingga kamu bisa berfikir dengan baik.

Berkomitmen Tidak Menghabiskan Gaji Lebih dari 80 Persen

Sebagai awal komitmen kamu, Silahkan sisihkan 20 persen dari gaji anda untuk ditabung. Mungkin komitmen akan sulit, namun tetap harus kamu lakukan demi kebaikan kedepannya.

Seiring berjalannya waktu, komitmen kamu akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Hal ini nantinya akan membuat pengeluaran kamu lebih hemat.

Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan

cara menghemat uang
picture by pixabay.com

Beragam kebutuhan rumah tangga yang diperlukan menuntut kamu untuk pandai dalam menghemat uang. Selain kebutuhan untuk masing-masing anggota keluarga, kamu juga harus memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumah.

Uang belanja bulanan adalah hal yang harus disiapkan setiap bulannya karena termasuk hal yang penting. Ibu rumah tangga, berperan penting dalam mengatur dan mengolah keuangan sebaik mungkin demi memenuhi kebutuhan yang beragam dirumah.

Hal ini, tentu harus digunakan dengan baik dan tepat agar seluruh kebutuhan terpenuhi. Kamu tidak perlu pusing lagi ya?

Berikut ini cara menghemat uang belanja bulanan ibu rumah tangga yang wajib dipraktekkan di rumah.

Membuat Daftar Belanja Bulanan

Membuat daftar belanja menjadi salah satu hal yang paling utama dilakukan untuk menghemat uang. Alasannya dengan mencatat daftar belanja barang yang sudah habis, menjadi tujuan utama pembelian saat kita ke pasar atau minimarket. Hal ini meminimalisir kamu untuk tidak terlena dengan barang lain.

Jadi, setiap pengeluaran akan terkontrol. Hanya saja, kamu perlu memantapkan hari agar tidak tergoda barang yang tidak terdaftar.

Membuat Prioritas 

Salah satu cara menghemat uang belanja yakni dengan menentukan prioritas. Setelah mendaftar barang yang perlu dibeli, kamu juga perlu menentukan barang mana yang perlu anda prioritaskan dengan menyesuaikan budget uang belanja.

Dengan membuat prioritas, pengeluaran Anda menjadi lebih hemat.

Bedakan Budget Belanja Harian dengan Belanja Bulanan

Budget belanja bulanan tentu jauh lebih besar dari belanja harian karena penggunaanya dalam jangka satu bulan kedepan. Buat rincian masing-masing dan anggaran untuk keperluan bulanan dan harian. Dengan hal ini, akan membantu Anda dalam mengatur keuangan.

Membuat Daftar Menu Makanan 

Dengan menggunakan daftar menu makanan, maka belanja kamu lebih terkontrol dan lebih hemat. Hal ini juga mempermudah kamu untuk membeli bahan-bahan tanpa perlu pusing memikirkan menu setiap harinya.

Bandingkan Harga Sebelum Membeli 

Sebelum membeli produk, ada baiknya Anda melakukan perbandingan antara supermarket A&B. Hal ini menguntungkan kamu, jika ada harga dengan kualitas sama namun harga berbeda.

Membeli Barang-barang dengan Harga Diskon

Semua barang yang kamu beli tidak harus dengan harga diskon. Namun jika ada barang yang harganya mahal bisa dibeli dengan harga murah, kenapa tidak? Sudah pasti hal ini akan sangat membantu kamu dalam menghemat uang.

Membuat Bumbu Dapur Sendiri

Bumbu dapur yang instan tentu akan mempercepat kamu dalam memasak. Jika kamu dapat membuat sendiri, tentu akan lebih hemat. Apalagi harga bumbu dapur instan relatif mahal, jika dibanding kamu membuat sendiri.

Cara Menghemat Uang Saku Mahasiswa

cara menghemat uang saku mahasiswa
picture by pixabay.com

Bagi mahasiswa yang belum menghasilkan pendapatan sendiri, tentu uang jajan lancar mengalir setiap bulan adalah hal yang paing diharapkan. Uang saku, digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian. Seperti makan, membeli buka, transportasi dan lain-lain.

Namun, pada kenyataannya mengelolah uang jajan terkesan rumit. Sehingga membuat mahasiswa tidak bisa menghemat pengeluaran dengan baik.

Lalu, hal apa saja yang perlu dilakukan mahasiswa untuk menghemat uang jajan? Berikut cara mudah menghemat uang bagi mahasiwa.

Mencatat Seluruh Pengeluaran 

Mencatat pengeluaran, bagi mahasiswa sangat diperlukan agar lebih bijak dalam menggunakan uang. Tulis semua kebutuhan yang diperlukan dan tentukan barang mana yang diprioritaskan untuk segera dipenuhi. Lalu sesuaikan dengan anggaran uang saku. Hal ini lebih efektif untuk menghemat pengeluaran.

Menjaga Kesehatan 

Seorang mahasiswa, khususnya yang merasakan menjadi anak kost atau anak rantau sakit merupakan suatu malapetaka. Pengeluaran selama sakit, akan lebih besar karena harus ke dokter. Biaya dokter yang dikeluarkan tentu tidak sedikit. Belum lagi selama nge-kost tidak ada yang bisa merawat dan tugas-tugas pun menjadi membengkak.

Untuk itu, ada baiknya jika mencegah daripada mengobati. Dengan begitu, uang untuk berobat bisa ditabung untuk keperluan selanjutnya.

Menabung

Seorang mahasiswa akan cenderung menghabiskan uang jajn di awal bulan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Uang yang sudah ditabung ini jangan dipakai dan gunakanlah hanya untuk masa-masa yang paling mendesak.

Investasi bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk mahasiswa. Apabila kamu bisa menabung secara konsisten dengan sejumlah uang dari awal mendapat uang jajan, uang tabungan bisa lebih banyak.

Nah, itulah sejumlah cara menghemat uang dengan aksi sederhana yang bisa diterapkan dalam keseharian. Kadang hal-hal sepele ini bisa sering gak terpikirkan lho. Silahkan dipraktekkan dan semoga membantu Anda dalam menekan pengeluaran. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami.

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: