Contoh Energi Alternatif dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh energi alternatif-Dalam kelangsungan hidup manusia, energi memiliki peranan yang sangat penting. Jika energi tidak ada, bisa dipastikan semua aktivitas manusia akan terhambat.

Di zaman yang modern ini, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar aktivitas manusia ditunggangi oleh energi. Seriring berjalannya waktu, penggunaan energi semakin hari semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi dan besarnya jumlah penduduk, sehingga ada tuntuntan untuk melakukan kegiatan secara praktis.

Tahukah Kamu, darimana energi itu berasal? Energi yang selama ini kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari sebagian besar berasal dari fosil makhluk hidup dan mikroorganisme. Fosil ini kemudiam tertimbun dalam perut bumi selama jutaan tahun, lalu mengalami pembusukan.

Jika kita hanya mengandalkan energi yang berasal dari fosil tentu semakin lama jumlahnya akan semakin berkurang kemudian habis.

Oleh sebab itu, sebelum sumber energi fosil benar-benar habis maka kita harus mencari sumber energi lain sebagai pengganti sumber energi fosil. Sumber energi inilah yang selama ini kita kenal dengan sumber energi alternatif.

Pengertian Energi Alternatif

Energi alternatif adalah suatu istilah yang mengarah pada semua energi yang digunakan sebagai pengganti bahan bakar konvensional tanpa berakibat pada hal yang tidak diharapkan.

Apabila kita menggunakan energi alternatif, kita bisa mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Hal ini disebabkan oleh kandungan karbondioksida yang tinggi sehingga berperan besar dalam pemanasan global.

Kata alternatif diatas merujuk pada teknologi-teknologi baru yang menggantikan teknologi penghasil energi yang telah ada saat ini, teknologi baru tersebut menghasilkan energi baru dan lebih ramah lingkungan.

Energi alternatif bisa dihasilkan dari berbagai macam sumber yang berbeda-beda, dan penggunaannya pun juga berbeda-berbeda tergantung dengan kebutuhan.

Sejarah Singkat Energi Alternatif

Energi alternatif sendiri muncul akibat terjadinya krisis minyak bumi global pada tahun 1973. Saat itu, terbentuklah ide baru para ilmuan untuk mencari sumber energi yang renewable atau terbarukan.

Dalam arti lain, energi alternatif ini juga energi yang dapat diperbaharui sehingga krisis energi yang selama ini dikhawatirkan tidak akan terjadi.

Sejak saat itu, PBB membentuk Badan UNFCCC atau United Nation Framework Convention on Climate Change sebagai upaya mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan global.

Syarat Untuk Menjadi Energi Alternatif

Untuk masuk kategori energi alternatif, tidak semua energinya berasal dari alam. Suatu energi perlu memiliki beberapa ketentuan agar dapat digolongkan sebagai energi alternatif. Berikut syarat-syarat agar masuk kategori energi alternatif yang harus dipenuhi :

  • Bukan berasal dari fosil

Energi alternatif dikembangan dengan tujuan untuk menggantikan energi yang berasal dari fosil. Oleh karena itu, untuk menjadi energi alternatif tidak boleh berasal dari fosil.

Contoh energi fosil, meliputi minyak bumi, batu bara dan lainnya. Bahan alam tersebut tidak dapat diperbaruhi

  • Renewable (Terbarukan)

Renewable atau energi yang dapat diperbaruhi menjadi salah satu syarat energi alternatif. Ciri energi ini berbeda dengan sifat energi fosil yang akan habis jika digunakan terus menerus dan tidak dapat diperbaruhi.

  • Ramah Lingkungan

Salah satu dampak dari energi fosil yang tidak dapat diperbaruhi adalah menyebabkan kerusakan lingkungan pada pemakaian berlebihan.

Salah satu kerusakan yang disebabkan berupa pencemaran air, pencemaran udara, atau pencemaran tanah, sehingga hal-hal semacam inilah yang dapat menyebabkan global warming

Faktor inilah yang menjadi salah satu pertimbangan bahwa kita butuh alternatif energi lain yang digunakan agar lebih ramah lingkungan.

Baik itu menyebabkan . Oleh karena itu, syarat sebuah energi dikatakan sebagai energi alternatif adalah tidak merusak lingkungan atau lebih ramah lingkungan.

  • Dapat Diproduksi Secara Massal

Agar manfaat energi alternatif dapat dirasakan secara luas, tentu harus bisa diproduksi massal untuk meningkatkan kesejahteraan hidup manusia.

Sumber Energi Alternatif dan Contohnya

Mulai memikirkan sumber energi alternatif merupakan suatu langkah awal dalam memperbaiki dan mempersiapkan diri pada saat nanti terjadi krisi energi.

Lalu apa saja yang termasuk sumber energi alternatif?

Sumber Energi Alternatif Matahari

contoh energi alternatif matahari
picture by pixabay.com

Salah satu sumber utama dalam kehidupan manusia adalah matahari.  Energi yang dihasilkan matahari berbentuk panas dan cahaya yang mana selama ini manusia telah memanfaatkannya dalam berbagai kehidupan sehari-hari.

Matahari mampu menyediakan energi panas dan cahaya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia secara langsung maupun tidak langsung. Penggunaan energi matahari secara langsung misalnya adalah menjemur pakaian.

Sedangkan penggunaan energi matahari secara tidak langsung yaknik mengubah panas matahari menjadi sumber energi listrik dengan menggunakan alat-alat tertentu, seperti panel surya (solar panel).

Sumber energi matahari yang melimpah menjadikan energi matahari sebagai contoh energi panas yang paling banyak digunakan sebagari energi terbarukan, baik dalam skala besar ataupun kecil

Sumber Energi Alternatif Panas Bumi

contoh energi alternatif panas bumi
picture by pixabay.com

Energi panas bumi merupakan jenis energi yang berasal dari dalam bumi, panas bumi tersebut biasanya muncul di permukaan bumi yang disebabkan oleh aktivitas vulkanik atau gunung berapi. Ada 3 sumber utama panas geotermal, yaitu uap alam, air yang panas dan bebatuan yang kering dan panas.

Air panas tersebut sudah dimanfaatkan secara luas untuk segala kegiatan yang berhubungan dengan pemanasan. Namun pemakaiannya sendiri untuk pembangkit tenaga hingga kini masih menjadi penelitian. Sedangkan batuan kering panas merupakan sumber panas yang paling besar yang disediakan oleh alam, dan masih menjadi penelitian juga bagaimana penggunaannya yang tepat.

Sumber Energi Alternatif Angin

contoh energi alternatif angin
picture by pixabay.com

Sumber energi alternatif yang berikutnya adalah angin, energi angin adalah suatu energi yang berasal dari hembusan angin. Ada beberapa negara yang kini mulai melirik pemanfaatan energi angin tersebut, yang akan digunakan sebagai sumber energi. Salah contohnya kincir angin di Belanda yang digunakan untuk memompa air untuk irigasi.

Kincir angin di Belanda memiliki ukuran yang sangat besar dan juga berat, sehingga kelihatannya putarannya lambat. Padahal baling-baling yang besar dan berat tersebut mampu menghasilkan tenaga yang juga besar. Energi angin juga dapat digunakan untuk menghasilkan listrik yang menggunakan kincir angin, yang disambungkan menggunakan generator untuk menghasilkan listrik.

Sumber Energi Alternatif Hydropower

contoh energi alternatif hydropower
picture by pixabay.com

Energi hydropower adalah suatu energi listrik yang dihasilkan dari kekuatan air, energi yang satu ini dibuat dengan cara membendung air sungai. Lalu menggunakan pipa air tersebut untuk kemudian diarahkan menuju turbin. Prinsip utama dari pembangkit listrik tenaga air ini adalah bagaimana jatuhnya ke turbin, dan seberapa banyak jumlah air yang sudah mengalir.

Maka dari itu PLTA akan bergantung pada sedikit banyaknya pasokan air yang ada. PLTA membutuhkan jumlah air yang sangat besar. Misalnya danau atau waduk, maka para peneliti dapat menentukan tempat yang tepat untuk membangun sebuah waduk dan stasiun pembangkit tenaga listrik.

Sumber Energi Alternatif Gas Alam

contoh energi alternatif gas alam
picture by pixabay.com

Energi alternatif lainnya yang memiliki manfaat untuk manusia yaitu energi gas alam, yang merupakan suatu gas yang terkumpul di bawah tanah yang terdiri dari berbagai macam komposisi campuran hidrokarbon yang memiliki daya tekan yang tinggi. Gas alam yang sudah diolah, kita kenal dengan gas elpiji.

Manfaat dari gas elpiji tersebut sangat banyak, salah satunya adalah untuk memasak. Gas elpiji juga bahkan dapat digunakan untuk kendaraan bermotor, dan untuk menggerakkan mesin-mesin di suatu pabrik. Kini sumber energi gas alam ini sudah banyak dimanfaatkan, untuk pembangkit listri tenaga gas atau PLTG.

Sumber Energi Alternatif Hidrogen

contoh energi alternatif hydrogen
picture by pixabay.com

Sebelumnya kamu perlu tahu bahwa energi alternatif hidrogen dapat diubah menjadi bahan bakar sebagai pengganti BBM. Bahkan energi hidrogen ini diklaim lebih baik dibandingkan BBM, karena bahan bakar hidrogen tidak akan menghasilkan polusi yang berbahaya sehingga tidak akan merusak alam atau bumi kita. Apalagi persediaannya tidak akan cepat habis karena menggunakan air.

Cara pembuatannya yaitu hanya menggunakan air yang kemudian dibakar seperti bensin. Namun untuk menggunakan energi hidrogen ini memang membutuhkan banyak energi kalau energi yang digunakan itu berasal dari bahan bakar fosil, maka keuntungan yang akan didapat minimal sehingga membutuhkan sumber energi yang harus diperbaharui.

Sumber Energi Alternatif Biomassa

Biomassa yaitu massa pada tumbuhan dan kotoran hewan yang mampu memberikan energi, baik dibakar langsung atau pun diubah terlebih dahulu ke bahan lain agar proses pembakarannya menjadi lebih mudah. Sumber energi biomassa ini berasal dari setiap makhluk hidup yang ada di muka bumi.

Diantaranya adalah sisa atau pembuangan dari kotoran manusia atau hewan, karena instalasi energi biomassa ini dapat dibangun melalui tangki kotoran manusia atau hewan. Sedangkan gas yang keluar dari instalasi tersebut disebut dengan biogas.

Sumber Energi Alternatif Tidal

contoh energi alternatif
picture by pixabay.com

Energi tidal adalah energi pasang surut yang terdapat pada air laut, energi yang satu ini mungkin masih asing di telinga kita atau bahkan belum pernah didengar sebelumnya. Jika dibandingkan dengan energi angin dan energi surya, energi tidal ini memang tidak terlalu dikenal. Namun memiliki beberapa keunggulan yaitu memiliki aliran energi yang lebih mudah untuk diprediksi.

Selain itu energi tidal ini juga lebih hemat ruang, dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit. Kelemahan dari energi tidal diantaranya yaitu membutuhkan alat konversi yang handal dan mampu bertahan di air laut, terutama tingkat korosi dan dari kuatnya arus serta badai laut. Karena prinsip kerjanya adalah saat air pasang maka air laut dengan volume jutaan kubik naik ke daratan.

Sumber Energi Alternatif Biodiesel

ergi alternatif biodiesel adalah sumber energi alternatif sebagai pengganti bahan bakar fosil, yang sudah lama dibicarakan oleh banyak orang di dunia. Bahkan kabarnya sudah ada negara maju yang menggunakan energi biodiesel ini, agar tidak ketergantungan pada BBM untuk bahan bakar kendaraan mereka. Lalu beralih ke energi alternatif biodiesel tersebut.

Sumber Energi Alternatif Nuklir

contoh energi alternatif nuklir
picture by pixabay.com

Energi nuklir adalah suatu jenis energi yang berasal dari reaksi berantai dari bahan-bahan radioaktif, yang terjadi di dalam sebuah reaktor. Energi yang dihasilkan oleh nuklir ini merupakan jenis energi yang sangat besar. Sebagai contoh sebanyak 1 gr zat radioaktif dapat menghasilkan listrik sebanyak 50 ribu kwh/jam. Jadi energi nuklir ini sangat baik digunakan untuk kebutuhan listrik.

Energi alternatif nuklir tidak memancarkan gas pada rumah kaca, dan tidak akan menyebabkan pemanasan global. Sudah ada banyak negara yang mengembangkan potensi dari energi nuklir ini, salah satunya negara Jepang. Bahkan hampir seluruh kebutuhan listrik di Jepang berasal dari energi nuklir.

Manfaat Energi Alternatif

  • Energi alternatif menggantikan penggunaan energi fosil sebagai salah satu sumber energi utama di bumi.
  • Energi alternatif memiliki dampak positif untuk lingkungan, karena dinilai lebih ramah terhadap lingkungan dan mampu mencegah kerusakan lingkungan.
  • Energi alternatif menjadi solusi sumber energi bagi kehidupan manusia yang renewable atau dapat diperbaharui, sehingga tidak ada lagi kekhawatiran akan kelangkaan energi.
  • Perawatan teknologi energi alternatif tergolong sangat mudah.
  • Penggunaannya lebih efisien karena dapat digunakan secara bersamaan sebagai sumber hybrid.

Banyak sekali contoh energi alternatif yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia hendaknya menjadi pribadi yang lebih bijak dalam memanfaatkan sumber energi sekitar dalam kehidupan sehari-hari.

Yang perlu disadari, energi yang digunakan kita saat ini sewaktu-waktu bisa saja habis jika terlalu boros dalam menggunakannya.

Terimakasih sudah berkunjung di website kami, semoga informasinya bermanfaat dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: