Contoh Iklan Layanan Masyarakat Berbagai Tema, Unik dan Menarik

Berbicara tentang iklan tentu bukan hal yang asing lagi. Bagaimana tidak, kamu sangat sering menjumpai iklan yang ada di sekitar, baik di televisi maupun di sepanjang jalan ketika bepergian.

Namun tahukah kamu bahwa jenis iklan sangat beragam? Salah satunya adalah jenis iklan layanan masyarakat atau ada yang menyebut juga ILM (Iklan Layanan Masyarakat).

Iklan adalah segala bentuk promosi dari suatu jasa maupun barang yang di sampaikan kepada masyarakat melalui media tertentu. Sedangkan iklan layanan masyarakat tentu jenis iklan yang ditujukan kepada masyarakat untuk tujuan tertentu. Lebih jelasnya mengenai pengertian iklan ILM berikut ini.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat 

Jika biasanya pada jenis jenis iklan yang sifatnya  komersial ada tarif bagi pengiklan, berbeda dengan iklan layanan masyarakat yang sifatnya non komersial.

Pemerintah Indoesia mendukung penuh adanya iklan layanan masyarakat. Hal tersebut tentu tertuang dalam undang-undang penyiaran pasal 33 yang berbunyi “bahwa semua media massa harus menyediakan waktu bagi iklan layanan masyarakat secara gratis”

 

Pengertian iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan non komersial yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Sedangkan pegertian iklan layanan masyarakat menurut para ahli sebagai berikut ini:

  • Menurut Kasali 1992 : 121, Public Service Announcement (Iklan Layanan Masyarakat) adalah suatu permintaan penyiaran yang di keluarkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerintah secara langsung sebagai bentuk solidaritas terhadap masalah yang di hadapi masyarakat.
  • Susamto 1976: 203, iklan layanan masyarakat adalah media informasi yang terkait setiap masyarakat, penyebaran informasi yang tidak melalui pembelian ruang dan waktu dan dilaksanakan berdasarkan kegiatan non-profit (tidak mengejar keuntunga).
  • Liliweri 1992:32, definisi iklan layanan masyarakat merupakan jenis iklan yang sifatnya non profit, sehingga jenis iklan tersebut tidak mencari keuntungan setelah pemasangan informasi kepada masyarakat secara global.

Ciri Ciri Iklan Layanan Masyarakat 

Berikut beberapa ciri dari iklan layanann masyarakat yaitu:

  • Bersifat tidak komersial
  • Tidak bersifat agamis
  • Tidak mengandung unsur politik
  • Berwawasan nasional
  • Diajukan oleh organisasi yang di akui
  • Untuk semua lapisan masyarakat
  • Dapat di iklankan
  • Untuk kepentingan umum, sehingga mendapat dukungan media nasional.

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat 

Secara lebih lengkap dan detail, berikut fungsi iklan layanan masyarakata:

  • Informingmaksudnya iklan ini berfungsi memberi informasi kepada masyarakat mengenai suatu program atau layanan dan aktivitas sosial suatu organisasi.
  • Persuadingyaitu jenis iklan ini berfungsi untuk mengajak masyarakat ikut serta dalam program tertentu misalnya KB, pembuatan KTP, BPJS dan program pemerintah lainnya.
  • Remindingfungsi reminding adalah membuat masyarakat agar selalu ingat dengan program yang di jalankan pemerintah.
  • Adding Valuefungsi ini memberikan nilai tambah kepada program tertentu melalui persepsi masyarakat.

Media Penyebaran Iklan Layanan Masyarakat

Media untuk menyebarkan jenis iklan layanan masyarakat sangat beragam, atara lain:

  1. Koran
  2. Poster
  3. Iklan Televisi
  4. Iklan Radio
  5. Video Kreatif
  6. Baliho
  7. Spanduk
  8. Dan lainnya

Contoh Iklan Layanan Masyarakat 

Berikut adalah contoh-contoh iklan layanan masyarakat yang berhasil di kutip dari beberapa sumber.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Covid-19

contoh iklan layanan masyarakat tentang hoax

Pandemi melanda seluruh belahan dunia, salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus yakni dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak.

Tidak jarang banyak bermunculan iklan layanan masyarakat terkait covid-19. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat yang abai untuk menjaga protokol kesehatan. Padahal sudah banyak orang menjadi korban keganasan virus corona.

Di buatkan iklan saja masyarakat banyak yang kurang peduli, apalagi tidak ada iklan (himbauan) sama sekali.

Berikut isi iklan layanan masyarakat terkait Covid-19:

  • Himbauan untuk menggunakan masker selama masa pandemi Covid 19
  • Himbauan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan.
  • Ajakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.
  • Anjuran untuk menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pendidikan

iklan layanan masyarakat tentang pendidikan, contoh iklan layanan masyarakat pendidikan

Pentingnya pendidikan bagi anak harus benar-benar di sadari  oleh para orang tua. Hingga ada yang berpendapat bahwa pendidikan adalah jembatan untuk mencapai kesuksesan.

Berbagai masalah pendidikan di Indonesia hingga saat ini masih terasa. Mulai dari banyaknya anak yang tidak melanjutkan sekolah karena kurangnya perhatian orang tua. Ada juga yang berkesempatan mengenyam pendidikan namun di sia-siakan karna kurang pengawasan orang tua.

Oleh sebab itu, pemerintah kian semangat membuat iklan layanan masyarakat tentang pendidikan sebagai salah satu pengingat bahwa pendidikan itu sangat penting.

ILM tentang pendidikan biasanya di kampanyekan oleh pemerintah atau dinas pendidikan sebagai pihak yang bertanggung jawab memenuhi hak rakyat, yaitu mengenyam pendidikan.

Gerakan yang gencar di kampanyekan oleh pemerintah yaitu wajib belajar 12 tahun. Tentu program ini di berikan secara gratis tanpa di pungut biaya oleh pemerintah.

Adanya iklan tersebut untuk menggugah kesadaran masyarakat terkait pentingnya pendidikan. Jenis iklan tersebut juga sebagai pengingat bahwa pemerintah benar-benar memenuhi hak rakyat lewat pendidikan.

Berikut Contoh kalimat atau isi dari iklan layanan masyarakat tentang pendidikan:

  1. “Setitik ilmu Jauh Lebih Berharga Di Bandingkan Setumpuk Harta”
  2. “Satukkan hati, wujudkan cita-cita”
  3. Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan
  4. “Tuntutlah ilmu mulai dari ayunan sampai ke liang lahat”
  5. “Mau jadi apa saja, yang penting sekolah dulu”
  6. “Banyak membaca buku semakin banyak ilmu”
  7. “Jadilah anak yang di sayang karena pendidikan dan moralnya”
  8. “Sekolah adalah rumah kita, guru adalah orang tua dan sahabat yang membimbing kita. Pelajar berbudi pekerti, cinta damai dan saling tolong menolong, memiliki rasa belas kasih. bersahabat dan tersenyum bersama. Pelajar Indonesia.. Pelajar Berbudi Pekerti!.” (Contoh iklan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI)”

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Lingkungan / Go Green

iklan layananan masyarakat go green, contoh iklan layanan masyarakat tentang lingkungan

Salah satu penyebab bumi tidak baik-baik saja adalah kebakaran hutan, penebangan hutan secara liar, kerusakan lingkungan, pemanasan global, pembuangan sampah sembarangan dan lainnya.

Sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan merawat bumi sebaiknya atau dengan gerakan go green.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, tentu saya gerakan tersebut harus dilakukan bersama-sama. Oleh sebab itu, muncullah iklan ILM agar banyak orang yang dapat melihat dan bersama-sama menjaga lingkungan.

Isi iklan layanan masyarakat tentang goo green:

  1. “Selamatkan pohon kita. Jangan lukai pohon dengan paku!”
  2. “Yuk hindari menempel papan pengumuman atau iklan di pohon!”
  3. “Lestari alamku sejahtera hidupku.”
  4. “Hijau alamku, damai hidupku.”
  5. “Yuk, hijaukan duniamu.”
  6. “Jangan jadikan hutan sebagai dongeng bagi anak cucu kita.”
  7. “Hematlah energimu untuk generasi berikutnya.”

Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Narkoba 

contoh iklan layanan masyarakat narkoba

Narkoba salah satu hal yang memiliki efek buruk bahkan dapat mengancam jiwa. Untuk itu, pemerintah Indonesia sering mengkampanyekan bahaya narkoba melalui iklan layanan masyarakat.

Berikut contoh teks iklan tersebut:

  1. “Narkoba menjahkan dengan orang-orang tersayang.”
  2. “Generasi emas adalah generasi yang bebas narkoba.
  3. “Terus berkarya tanpa narkoba.”
  4. “Narkoba hanya merusak masa depan. Jangan pernah coba-coba narkoba.”
  5. “Dunia terasa indah tanpa Narkoba.”

“Ketika tekanan kerja mendera, dan hidup terasa membebani, jiwa dan langkah kehilangan arah. Saat itulah, narkoba mengulurkan tangan-tangan kejinya, merenggut karir, merampas pekerjaan, menghancurkan orang -orang tercinta, tak ada tempat untuk lari. Kecuali memperteguh diri dan kembali ke pelukan keluarga. Sayangi keluargamu – JAUHI NARKOBA!!” (iklan layanan BNN).

Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok

contoh iklan layanan masyarakat rokok

Seperti yang kita tahu, merokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan diri maupun orang lain. Meskipun tidak ada larangan untuk merokok, tetap saja rokok adalah sesuatu yang berbahaya.

Meskipun demikian, banyak orang yang tetap merokok, sehingga upaya kecil yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan mengkampanyekan bahaya rokok melalui iklan.

Iklan bahaya rokok sering disampaikan melalui gambar maupun vidio. Bahkan dalam kemasan bungkus rokok, ada peringatan bahwa rokok berbahaya.

Selain melalui gambar dan video, bahaya rokok juga sering disampaikan melalui teks kalimat atau slogan ajakan untuk berhenti merokok. Berikut contohnya:

  1. “Merokok sama halnya dengan menggali kuburan sendiri.”
  2. “Merokok menyebabkan penyakit mematikan! Sayangilah diri Anda dan keluarga dengan berhenti merokok!”
  3. “Hidup sehat tanpa rokok”
  4. “Stop merokok mulai sekarang!”
  5. “4000 zat kimia Anda hisap dan dua kali lipatnya dihirup oleh orang lain yang tak merokok. Sudahkah cukup rokok membunuh nyawa tak berdosa.”
  6. “Manis, sih. Tapi sayang pembunuh! Stop merokok! Satu batang rokok mengandung 4000 racun sebagai penyebab penyakit dan penyebab kematian. Sehat itu mahal!”
  7. “Setiap kali Anda hisap rokok, maka rokok akan membunuhmu hidup-hidup. Merokok merusak dan menghancurkan organ secara perlahan. Rokok juga akan merusak jaringan vital tubuhmu, jantung, paru- paru, mulut, gigi, tenggorokan dan otak. Berhentilah merokok sekarang juga! Rokok membunuhmu hidup-hidup!!”

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Hoax

contoh iklan layanan masyarakat tentang hoax

Dari tahun ke tahun, perkembangan ilmu pengetahuan tidak pernah stagnan. Di era digital seperti saat ini, internet adalah hal yang sangat dibutuhkan. Pemakaian gadget dan medsos (media sosial) adalah sesuatu yang tidak dapat dibendung lagi.

Dua hal tersebut ibarat kebutuhan yang harus terpenuhi, hampir semua orang senang dengan kehadiran gadget dan medsos.

Karena dunia digital semakin mudah di akses, banyak oknum-oknum yang memanfaatkan untuk menyebarkan berita bohong atau berita hoax.

Dampak negatifnya dapat menimbulkan kegaduhan dan perpecahan di masyarakatt setelah berita hoax tersebar. Karena maraknya informasi hoax, pemerintah secara masif membuat iklan.

Iklan tentang hoax ini termasuk jenis iklan layanan masyarakat, sebab berisi informasi untuk masyarakat tanpa tujuan komersial.

Beriku contoh kalimat iklan tentang berita hoax:

  1. “Stop Hoax. Klarifikasi, konfirmasi dan validasi terlebih dahulu informasi yang kamu terima.”
  2. “Stop menebar hoax, mari menebar kebaikan.”
  3. “Jangan biarkan hate speech dan hoax jadi kebiasaanmu. Mulai dengan satu jam tanpa sosmed!”

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Lalu Lintas 

Aturan lalu lintas di berikan agar manusia lebih menjaga keselamatan ketika berada di jalan raya. Sayangnya masih ada saja pengendara yang abai dan justru melanggar aturan lalu lintas.

Contoh pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi adalah menerobos lampu merah, tidak memakai helm dan lainnya.

Untuk itu, pemerintah khususnya pihak kepolisian lalu lintas membuat iklan layanan lalu lintas agar setiap pengendara mematuhi aturan yang ada.

Isi iklan layanan masyarakat tentang lalu lintas:

  1. “Ingat GATEL. Gerakan Tertib Lalu Lintas.”
  2. “Ingin selamat? Taati peraturan lalu-lintas.”
  3. “Berkendaralah dalam kecepatan yang wajar dan patuhi aturan lalu lintas dan .”
  4. “Hati-hati di jalan, jangan lupa berdoa, keselamatan adaah yang nomor satu.”
  5. “Hati-hati di jalan. Keluarga Anda sedang menanti di rumah.”
  6. “Gunakan helm bagi pengendara roda dua dan kenakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil. Hati-hat di jalan, semoga saelamat sampai tujuan.”
  7. “Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.”

Iklan Layanan Masyarakat Keluarga Berencana

Program keluarga berencana adalah gerakan yang di buat pemerintah Indonesia untuk membentuk keluarga sehat dan sejahterah dengan membatasi angka kelahiran.

Program keluarga berencana (KB) dikampanyekan pemerintah melalui iklan layanan masyarakat. Dimana iklan tersebut berisi tentang pentingnya program KB dan mudahnya dalam menjalankan program tersebut.

Berikut contoh iklan Keluarga berencana (KB):

  1. “Ayo ikut KB. Untuk mengatasi jumlah ledakan penduduk.”
  2. “2 anak cukup! Ayo ikut Kb, ”

Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Siskamling

contoh iklan layanan masyarakat tentang siskamling

Siskamling adalah singkatan dari sistem keamanan lingkungan.

Lambat laun, program siskamling semakin terkisis bahkan sudah tidak ada lagi. Padahal siskamling ini termasuk program yang bagus.

Tujuan siskamling yaitu menjaga keamanan, memberi perlindungan serta mencegah terjadinya kejahatan berupa gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (KAMTIBNAS).

Isi iklan layanan masyarakat tentang siskamling:

  1. Himbauan untuk menghidupkan kembali gerakan siskamling.

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Posyandu

Posyandu adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelolah dan diselenggarakan bersama masyarakat.

Harapan adanya posyandu  yaitu agar dapat membantu kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Posyandu disosialisasikan kepada masyarakat dengan masif, sehigga disosialisan dengan banyak cara. Salah satunya melalui iklan layanan masyarakat.

Contoh iklan posyandu sebagai berikut :

  1. “Pantau terus tumbuh kembang putra putri Anda di posyandu terdekat.”
  2. “Ingat, selalu cek kondisi ibu hamil oleh bidan di posyandu.”
  3. “Anak harus diajak ngobrol dan bermain. Agar mereka mau makan 3x sehari, diselingi buah 2x agar anak sehat dan tinggi. Itu merupakan salah satu cara agar Anak Bergizi Tinggi Berprestasi.”

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pentingnya Olahraga 

Berikut Contoh ILM pentingnya olahraga:

  1. “Cegah obesitas dengan pola makan sehat yang teratur, dan rutin berolahraga.”
  2. “Perbanyak aktivitas fisik dan ikuti berbagai event olahraga agar tubuh selalu fresh dan sehat.”
  3. “Olah Raga dengan porsi yang tepat akan memelihara kebugaran dan kesehatan.”
  4. “Mulailah seribu langkah dengan satu langkah kecil. Jalan kaki dan perbanyak aktivitas fisik.”
  5. “Biasakan pola hidup sehat dengan makan-makanan yang bergizi, istirahat yang ckup dan olah raga teratur.”

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Makanan Sehat

ILM tentang makanan sehat, sebenarnya masuk kategori jenis iklan tema kesehatan. Mengingat makanan sehat merupakan faktor pendukung hidup sehat.

Isi iklan layanan masyarakat tentang makanan biasanya berupa:

  1. Tips memilih makanan yang baik.
  2. Informasi tentang jenis makanan yang baik dan jenis makanan buruk untuk tubuh.
  3. Informasi mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna.

Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Demam Berdarah 

Penyakit demam berdarah adalah jenis penyakit yang serius karena dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab itu tidak bisa dianggap remeh.

Pemerintah berusaha mengkampanyekan tentang bahaya demam berdarah melalui iklan layanan masyarakat agar masyarakat mudah untuk mendapat informasi.

Tujuan iklan layanan masyarakat tentang demam berdarah yang utama adalah agar masyarakat mengetahu bahaya nyamuk tersebut dan mengetahui cara mencegahnya.

Berikut teks iklan atau slogan layanan masyarakat terkait bahaya DBD :

  1. “Biasakan untuk menerapkan pola hidup bersih pada lingkungan. Agar tidak ada celah bagi Aides Agepty. Tanggap DBD.”
  2. “Waspadalah terhadap cuaca yang tidak menentu. kelembapan udara membuat nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Nyamuk berkembang biak ditempat yang tergenang air, nyamuk menggigit sambil menyebarkan parasit ke darah, menggigit dan menyebarkan dari orang yang terinfeksi virus. Waspada demam berdarah, nyamuk aedes aegypti ada di sekitar kita!!”
  3. “Mari lakukan gerakan 3 M untuk mencegah perkembang-biakan nyamuk Aides Agepty. Menguras bak mandi, menutup bak penampungan air dan mengubur sampah yang berpotensi digenangi air. Ayo mulai dari diri sendiri.”

Iklan Layanan Masyarakat Hemat Energi Listrik 

Berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat tentang hemat energi listrik yang dapat kamu jadikan referensi tugas sekolah dan sebagainya. 

  1. “Istirahatkan lampu jika tidak kamu gunakan”

  2. “Ayo hemat energi listrik!! Matikan lampu dan peralatan jika tidak digunakan!”

  3. “Hemat energi, untuk masa depan yang lebih baik”

  4. “Yuk hemat energi, untuk bumi yang lebih baik”

  5. “Biasakan mematikan lampu di siang hari, mulai dari diri kita sendiri. Listrik terkontrol nyaman di hati”

Iklan Layanan Masyarakat Menggosok Gigi 

Salah satu kebersihan tubuh yang harus di jaga dan dibiasakan sedini mungkin adalah kebersihan gigi.

Banyak orang yang mengeluh dan merasakan sakit gigi karena kondidi gigi berlubang. Hal ini tentu salah sendiri karena kurang menjaga kebersihan gigi.

Karena itu, banyak iklan yang bertebaran tentang pentingnya menggosok gigi sebagai pengingat agar selalu menjaga kebersihan gigi.

Harapan iklan tentang menggosok gigi adalag agar para anak-anak hingga orang dewasa sadar untuk menjaga kebersihan gigi.

Berikut contoh iklan layanan masyarakat tentang kebersihan gigi:

  1.  “Selamatkan gigimu dan bersihkann dari kuman
  2. “Mari biasakan untuk menggosok gigi dengan baik dan benar yaitu dengan gerakat sikat secara vertikal”
  3. “Menyikat gigi sebelum tidak sama dengan menghindari gigi berlubang”
  4. “Sikat gigimu dengan pasta gigi agar gigi sehat dan terawat”
  5. “Yuk menyikat gigi setiap pagi dan malam hari, agar gigimu terawat dan bebas dari kuman penyebab bau mulut”

Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Makan Ikan 

Ikan merupakan salah satu jenis makanann yang mengandung banyak gizi. Karena hal baik dari ikan, maka muncul gerakan makan ikan.

Selain karena bergizi, gerakan makan ikan juga dapat membantu untuk mensejahterakan kehidupan nelayan. Berikut contoh dari iklan layanan masyarakat tersebut :

  1. “Ikan mengandung omega tiga yang baik untuk perkembangan otak terutama bagi janin dalam kandungan ibunya. Jadi jangan ragu untuk sering-sering makan ikan”
  2. “Sumber gizi yang ramah bagi kantong masyarakat Indonesia adalah ikan. Gizi ikan tidak kalah dengan sumber protein hewani lainnya”
  3.  “Ayo makan ikan!”
  4. “Ikan mengandung gizi yang tinggi, sehat dan enak”
  5. “Apapun jenis ikannya, lemak yang ada pada ikan adalah lemat tak jenuh, sehingga mudah dicerna tubuh dengan baik”

Iklan Layanan Masyarakat Sadari Kanker Payudara 

Kanker payudara adalah penyakit yang rentan di derita wanita, bahkan dapat menyebakan kematian.

Untuk itu, sejak awal perempuan harus dapat mendeteksi keberadaan kanker payudara agar nanti penanganannya lebih optimal.

Gerakan sadari kanker payudara kemudian membuat iklan layanan masyarakkat terkait hal tersebut.

Contoh iklannya seperti berikut ini :

  1. “Selalu ada waktu untuk sinema favorit, namun jangan sampai tidak ada waktu untuk sadari deteksi dini kanker payudara”
  2. “Tiga dari sepuluh wanita tidak menyadari gejala awal kanker payudara. Sadari dan periksa payudara sendiri sebagai langkah awal deteksi kanker payudara’

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pencemaran Udara

Pencemaran udara telah lama dikampanyekan, karena semakin hari udara menjadi semakin tercemar. Polusi udara semakin meningkat terutama di kota-kota besar.

Bahkan menurut data, kualitas udara di Jakarta termasuk dalam deretan kualitas udara terburuk di dunia. Untuk itu, semua orang harus bekerja sama menjaga kebersihan udara.

Berikut teks iklan tentang pencemaran udara:

  1. “Kami membutuhkan oksigen, bukan karbondioksida”
  2. “Stop polusi udara”

Iklan Layanan Masyarakat Dalam Bahasa Inggris 

Berikut contoh kalimat iklan layanan masyarakat bahasa Inggris dengan berbagai tema:

  1. “Burning green, save earth save life”
  2. “All children have access to education”
  3. “Stop global warming”
  4. “Smoking kills 14.000 people everyday”
  5. “Go Green”
  6. “Stop burning our life”
  7. “Say no to drugs”

Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Jawa 

Iklan layanan masyarakat dalam bahasa Jawa:

  1. “Uncalan sampah ing sawijining panggonan”
  2. “Ayo, wis dadi pakulinan kanggo ngumbah tangan nganggo sabun”
  3. “Mungkasi pemanasan GLOBAL”
  4. “Lampet lampu nalika ora dienggo”
  5. “Ayo, nglindungi bayi saka rasa sakit, cacat lan matine saka campak lan rubella’
  6. “Dunyo apik tanpo narkoba’
  7. “Ayo, gabung KB, 2 bocah luwih apik”
  8. “Njagao lingkungan ben tetep resik”
  9. “Fokus nalika nyopir”

Iklan Layanan Masyarakat Bahasa Sunda

Contoh iklan bahasa sunda :

  1. “Jauhkeun narkoba, jadikeun bangsa sinareng nagara aman tur tentrem salawasna”
  2. “Ulah jadikeun narkoba jadi pelarian”
  3. “Selametkeun keluargi tina bahaya narkoba”
  4. “Tos rea roko ngarenggut nyawa jalmi nu teu boga dosa”
  5. “Hirup sehat tanpa roko, jauhkeun roko ti ayeuna oge”
  6. “Ngarokok sarua jeung ngagali kubur sorangan”
  7. “Hejo alam kuring, tengtrem hirup kuring”
  8. “Urang kedah mimiti paduli ngeunaan kana akibat nu ditimbulkeun tina miceun sampag papaduan”
  9. “Ulah jadikeun leuweung nu tadina hejo minangka ukur jadi dongeng kanggo anak incu urang engkina”

Iklan Layanan Masyarakat Kampanye Anti Korupsi 

Korupsi merupakan tindakan yang mencederai rasa kemanusiaan. Korupsi lahir dari keserakan manusia agar hidupnya sejahtera seorang diri.

Semua orang yang memiliki hari nurani sepakat untuk mengutuk hal tersebut, Meskipun pada akhirnya sudah biasa ibarat suatu budaya.

Gerakan anti korupsi kemudian dikampanyekan lewat berbagai media salah satunya dengan iklan layanan masyarakat. Isi iklan gerakan anti korupsi sebagai berikut:

  1. “Ayo berantas korupsi!’
  2. “Selamatkan bangsa dari korupsi”
  3. “Korupsi adalah bencana di atas bencana”

Iklan Layanan Masyarakat Tentang HIV/AIDS

contoh iklan layanan masyarakat tentang hiv aids

Iklan layanan masyarakat tentang HIV/AIDS ini ada karena beberapa orang salah kaprah mengenai penyakit ini.

Banyak orang yang membenci para penderita HIV/AIDS bahkan ada yang menganggap sampah masyarakat atas perbuatan buruknya.

Padahal penyakin HIV/ AIDS dapat menyerang siapa saja meskipun tanpa melakukan seks bebas atau memakai narkoba.

Jadi pada intinya, harusnya penyakit ini yang diperangi bukan malah membenci orang yang terserang penyakitnya.

Berikut contoh iklan HIV/AIDS :

  1. “Stop HIV/AIDS”
  2. “Stop Seks Bebas’
  3. “Jauhi penyakitnya, bukan orangnya”

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: