Iklan : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis Jenis Iklan dan Contohnya

Mengenal Jenis Jenis Iklan –  Dalam dunia pemasaran, keberadaan iklan merupakan sesuatu yang sangat penting. Tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memasang sebuah iklan.

Iklan juga sangat mudah untuk kita lihat karena sering kita jumpai. Baik iklan di media cetak maupun iklan media elektronik. Contoh iklan yang sering muncul ada di televisi, radio, internet, website, majalah, dan lainnya.

Tahukah kamu bahwa sebenarnya macam macam iklan banyak? Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa semua jenis iklan itu sama. Namun, sebelum berkenalan dengan jenis jenis iklan, kamu perlu tahu dulu apa itu iklan? Berikut pembahasan lengkapnya!

Apa Itu Iklan? 

Sebelum membahas lebih jauh mengenai macam-macam iklan, terlebih dahulu kamu harus tahu arti iklan itu sendiri. Berikut adalah pengertian iklan atau definisi iklan menurut parah ahli di bidang periklanan:

  • Menurut Rachmat Kriyantono, iklan adalah segala bentuk pesan mengenai suatu produk yang ingin disampaikan melalui media, dibiayai oleh pemrakarsa dan ditujukan kepada semua masyarakat.
  • Iklan adalah suatu pesan yang menawarkan produk untuk ditujukan pada masyarakat lelalui suatu media, (Rhenald Kasali)
  • Menurut Wikipedia, iklan atau pariwara adalah seluruh bentuk pesan promosi yang disampaikan melalui media cetak maupun elektronik yang dibiayai oleh sponsor.
  • Courtland L. Bovee mengatakan bahwa pengertian iklan adalah suatu komunikasi non personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif mengenai suatu produk, jasa atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.
  • Menurut Kotler, Definisi iklan adalah bentuk promosi suatu barang, jasa dan ide secara non personal oleh sponsor tertentu, dimana untuk penayangannya harus membayar terlebih media terlebih dahulu.

Dari pendapat di atas, secara umum pengertian iklan merupakan suatu bentuk penyampaian informasi suatu produk yang dilakukan perusahaan, lembaga, perseorangan maupun instansi .

Ciri Ciri Iklan 

Berikut adalah ciri-ciri iklan yang perlu kamu tahu:

Informatif

Ciri iklan yang pertama yaitu informatif. Maksud informatif atau memberi informasi mengenai suatu produk atau jasa yang sedang di promosikan secara jelas dan detail.

Informasi tersebut bisa berupa harga produk atau jasa tertentu, ukuran, dimensi, berat dan spesifikasi lainnya.

Komunikatif

Ciri dari iklan berikutnya adalah harus bersifat komunikatif, maksudnya adalah menggunakan bahasa yang mudah di pahami dan di mengerti oleh semua masyarakat.

Menarik

Ketika kamu ingin membuat iklan, maka yang paling penting adalah buat semenarik mungkin. Karena ciri utama iklan adalah menarik. Jika dari awal jenis iklannya menarik, tentu calon pembeli akan penasaran dengan iklan tersebut.

Sebaliknya jika iklan yang kamu buat tidak menarik, maka orang enggan untuk mengetahui lebih jauh produk yang di iklankan.

Menarik disini memili arti yang luas, seperti mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan cara mengemas kelebihan dan keuntungan membeli produk atau jasa kita, tentunya dengan penyampaian yang baik.

Bersifat Mengajak

Pada dasarnya iklan dibuat untuk mengajak dan menarik masyarakat agar  menggunakan atau mencoba produk atau jasa yang di promosikan. Bersifat mengajak ini juga disebut sebagai ciri periklanan.

Bahasa Mudah Dimengerti 

Ciri iklan selanjutnya adalah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Jika kamu menggunakan bahasa yang terbelit belit untuk membuat iklan, maka calon konsumen kesusahan untuk memahami.

Iklan biasanya tayang dalam waktu beberapa detik saja, oleh sebab itu iklan harus dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti, singkat, padat dan jelas.

Jika iklan yang kamu buat tidak dikemas dengan bahasa yang mudah dimengerti, maka kamu akan kalah dengan pesaing yang menjual produk sama dengan yang kamu tawarkan.

Syarat Syarat Iklan 

Iklan dapat disebut baik jika sudah memenuhi syarat-syarat berikut ini:

  1. Iklan harus proporsional dan bersifat obyektif.
  2. Iklan sebaiknya dikemas sebaik mungkin agar lebih menarik, sehingga menarik perhatian dan minat masyarakat.
  3. Informasi iklan harus jelas, padat dan mudah dipahami.
  4. Isi iklan sebaiknya tidak menyakiti, menyinggung atau merendahkan produk atau jasa lain.

Unsur Unsur Iklan 

Berikut unsur unsur dalam iklan:

  • Perhatian (Attention), iklan yang bagus adalah iklan yang menarik perhatian masyarakat.
  • Minat (Interest), setelah menarik perhatian, iklan diharapkan dapat menarik minat masyarakat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci tentang suatu produk atau jasa.
  • Keinginan (Desire) adalah cara untuk menggerakkan keinginan konsumen agar berminat dengan produk atau jasa tersebut.
  • Rasa Percaya (Conviction), suatu iklan harus ditunjang dengan pembuktian atau kata-kata untuk menumbuhkan rasa percaya masyarakat.
  • Tindakan (Action) adalah tujuan akhir dari pengiklan untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk atau jasa.

Fungsi dan Manfaat Iklan

Seorang pakar komunikasi asal Amerika Serikat, Terence A. Shimp menyatakan bahwa pada dasarnya, iklan memiliki empat fungsi, yaitu:

  1. Informing (Memberi informasi)
  2. Persuading (Membujuk)
  3. Reminding (Mengingatkan)
  4. Adding Value (Memberi nilai tambah)

Pada dasarnya, seorang pengiklan berusaha mengiklankan suatu produk atau jasa agar memperoleh manfaatnya. Berikut beberapa manfaat iklan bagi pengiklan:

  1. Produk atau jasa yang di iklankan lebih terkenal di kalangan masyarakat luas.
  2. Meningkatkan brand awareness suatu merek, sehingga masyarakat luas mudah mengidentifikasi produk tersebut.
  3. Dengan iklan, konsumen baru akan bertambah sehingga dapat meningkatkan penjualan suatu produk/jasa.
  4. Pengiklan akan mendapat keuntungan lebih.

Tujuan Iklan 

Seperti arti iklan sendiri, pada dasarnya tujuan iklan adalah untuk mendorong atau membujuk orang agar tertarik menggunakan produk, jasa, kegiatan atau lowongan pekerjaan.

Berikut beberapa tujuan iklan yang berhasil kita rangkum dari berbagai sumber:

  • Meningkatkan penjualan produk maupun jasa.
  • Memberi informasi kepada masyarakat tentang produk atau jasa tertentu, merek, perusahaan, lowongan pekerjaan maupun ide.
  • Membangun citra baik terhadap produk, jasa, merek maupun perusahaan di mata masyarakat.
  • Mempengaruhi target market untuk menggunakan atau membeli produk.

Jenis Jenis Iklan 

Ada banyak sekali jenis iklan yang dapat kamu lihat di berbagai media. Berikut akan kami sebutkan jenis iklan dan contohnya.

Berikut beberapa contoh iklan penawaran

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya 

Berdasarkan isinya, jenis iklan dibedakan menjadi empat, yaitu:

Iklan Niaga (Iklan Penawaran)

Iklan niaga atau penawaran adala jenis iklan yang menawarkan produk atau jasa untuk masyarakat luas. Iklan penawaran terbagi menjadi dua, yaitu iklan penawaran jasa dan iklan penawaran barang.

Berikut contoh iklan penawaran barang adalah:

  • Iklan Rokok
  • Iklan Jual Rumah
  • Iklan Handphone
  • Iklan produk makanan
  • Iklan produk minuman
  • Iklan Shampo
  • Iklan Online Shop

Berikut contoh iklan penawaran jasa adalah:

  • Iklan Gojek
  • Iklan Pegadaian
  • Iklan Asuransi

Iklan Layanan Masyarakat 

Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang dibuat oleh suatu instasi atau lembaga. Tujuan iklan tersebut biasanya untuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai hal-hal tertentu.

Jenis iklan ini pada umumnya ditayangkan di telivisi, selain itu petugas instasi terkadang bersosialisasi secara langsung ke desa.

Contoh iklan layanan masyarakat seperti sosialisasi mengenai bahaya narkoba atau di masa pandemi seperti ini ada tayangan iklan sosialisasi masyarakat untuk di rumah saja dan menjaga jarak.

Pada umumnya, bentuk iklan layanan masyarakat berbentuk vidio biasa, terkadang berupa film pendek ataua motion graphic. 

Berikut beberapa contoh lain dari iklan layanan masyarakat:

  • Iklan pemilihan umum
  • Iklan keluarga berencana
  • Iklan sosialisasi anti narkoba
  • Iklan ketertiban lalu lintas
  • Iklan sosialisasi gerakan anti nyamuk (3M)
  • Iklan himbauan hidup sehat

Iklan Pengumuman

Jenis iklan selanjutnya yaitu iklan pengumuman atau pemberitahuan dimana jenis iklan tersebut bertujuan menarik golongan masyarakat tertentu.

Iklan jenis ini sering kamu temui dimana saja, baik di dunia nyata maupun di dunia maya seperti media sosial. Iklan ini biasaya berupa poster atau vidio.

Berikut contoh iklan pengumuman atau iklan pemberitahuan, yaitu:

  • Iklan berita duka
  • Iklan kompetisi
  • Iklan konser musik
  • Iklan pertandingan olahraga

Iklan Permintaan

Iklan permintaan adalah jenis iklan untuk meminta sesuatu dari seseorang yang melihat iklan tersebut.  Iklan jenis ini yang sering kita temui adalah iklan lowongan pekerjaan yang muncul di koran-koran atau media lain seperti instagram atau facebook.

Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Iklan berdasaran tujuannya terbagi menjadi dua, yakni iklan komersial dan iklan non komersial. Berikut penjelasannya!

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah jenis iklan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Iklan komersial terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Iklan Bisnis adalah iklan yang ditujukan kepada pengelolah (instasi atau perorangan) dengan tujuan mencari relasi.
  • Iklan Profesional adalah jenis iklan yang ditujukan kepada para profesional, untuk mencari profit ekonomi.
  • Iklan Konsumen adalah iklan yang ditujukan kepada end consumer (konsumen akhir) suatu produk., tujuannya untuk mencari profit.

Iklan Non Komersial

Iklan non komersial adalah jenis iklan yang tujuannya untuk memberi edukasi, mengajak dan memberi informasi kepada masyarakat. Jadi, iklan ini tujuan utamanya bukan untuk mengejar keuntungan, melainkan untuk kepentingan sosial.

Keuntungan yang diperoleh dari iklan non komersial adalah pengetahuan, sikap, kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat terhada topik yang diiklankan.

Jenis Iklan Berdasarkan Media 

Berikut jenis jenis iklan berdasasarkan media:

Iklan Elektronik

Pengertian iklan elektronik adalah jenis iklan yang memanfaatkan media elektronik untuk menayangkan iklannya.

Berikut beberapa contoh iklan elektronik:

  • Iklan Film
  • Iklan Radio
  • Iklan Televisi
  • Iklan Animasi
  • Iklan Musik
  • Running text
  • Property endorsement
  • Iklan Sponsor Program

Selain itu, jenis iklan media elektronik ini ada yang di tayangkan di luar ruangan seperti yang berada di bus, taksi, Terminal, dan Stasiun.

Iklan Internet 

Iklan internet adalah jenis iklan yang medianya menggunakan internet. Biasanya jenis iklan internet bisa kita temui di blog, situs berbagi video seperti youtube dan lainnya.

Contoh iklan internet adalah

  • Iklan adsense
  • Banner iklan id blog
  • Iklan endorsement  di sosial media
  • Dan lainnya.

Iklan Luar Ruangan

Iklan luar ruangan ada yang memasukkan kategori iklan media cetak, namun sering di kategorikan sendiri karena segmentasi yang berbeda.

Contoh iklan iuar ruangan sering kamu temui di jalanan, antara lain :

  • Iklan Spanduk
  • Iklan Billiboard
  • Dan lainnya.

Iklan Media Cetak 

Berikut contoh iklan media cetak:

  • Koran
  • Poster
  • Stiker
  • Sablon
  • Branding Mobil / Bus

Biaya Iklan 

Manfaat iklan yang di rasakan oleh para pengiklan tentu banyak sekali, karena itu iklan menjadi sangat penting dalam hal menjual dan menawarkan produk atau jasa.

Seperti contoh iklan televisi yang menawarkan slot iklan kisaran 20-30 detik dengan biaya yang terbilang fantastis. Untuk iklan di televisi biasanya dipengaruhi oleh jam penayangan iklan.

Misalnya untuk iklan di stasiun Global Tv dengan durasi iklan 30 detik tayang pada pulu 18.00-24.00 malam, dibandrol dengan harga 50-70 juta rupiah. Sangat fantastis bukan?

Untuk jam 04.00 – 09.00 pagi hari harganya jauh lebih murah dibanding dengan slot iklan malam hari. Hal ini karena pagi hari orang-orang cenderung produktif, sehingga jarang untuk menonton tv. Dengan demikian, jangkauan audiens lebih sedikit.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *