jenis bahan serat alam

Kenali Lebih Dalam Jenis Bahan Serat Alam Untuk Pakaian

Hallo sahabat lentera, bagimana kabar kalian? Semoga hari kalian selalu baik ya. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang  jenis bahan serat alam.

Nah, apa sih yang terlintas dipikiran sahabat lentera ketika mendengar kata serat? Mungkin salah satu dari sahabat ada yang menjawab komponen untuk melancarkan pencernaan ya?

Tidak salah sih, tapi pembahasan kita bukan yang itu. Serat yang kita bahas disini adalah serat yang biasanya digunakan manusia sebagai bahan dasar pembuatan kain dalam sektor tekstil. Yuk dibaca penjelasan dibawah ini.

Pengertian Bahan Serat Alam

sahabat, sadar tidak jika baju yang kalian pakai, celana yang kalian pakai, sarung dan lain-lain terbuat dari serat lho.

Nah, sektor tekstil memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga setiap orang perlu mengetahui dasar-dasar pengetahuan mengenai serat atau bahan.

Terutama bagi mereka yang pekerjaannya bergerak dibidang tekstil atau segala hal yang berbau bahan dasar untuk pembuatan pakaian.

Pengetahuan dasar mengenai serat adalah salah satu cara untuk memfasilitasi diri sendiri agar menemukan tipe bahan yang cocok untuk membuat barang tertentu. Dan juga untuk mengidentifikasi kualitas bahan dan cara untuk mengaplikasikannya.

Bahan serat alam adalah salah satu jenis bahan yang berupa potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang dan utuh.

Serat sebagai bahan yang bentuknya memanjang, oleh manusia diolah menjadi sebuah benang, benang tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat sebuah kain sahabat.

Secara umum, bahan serat alam dibedakan menjadi dua, yaitu serat alami dan serat sintesis. Sesuai dengan namanya, bahan serat alami berasal dari alam yang kemudian digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakaian atau tekstil.

Sedangkan serat sintesis diciptakan akibat ketidakmampuan serat alam untuk mencukupi kebutuhan manusia yang beragam, sehingga terbentuklah serat sintesis.

Nah, pada kesempatan kali ini pembahasan kita difokuskan pada jenis bahan serat alam. Jenis bahan serat alam dari tumbuhan bisa diambil dari bagian biji, daun, buah dan batang tumbuhan.

Apa saja jenis jenis bahan serat alam ? Mari kita simak pembahasannya bersama-sama.

Jenis-jenis Bahan Serat Alam

Ada beberapa jenis bahan serat alam dari tumbuhan dan hewan yang akan kita pelajari bersama-sama, mulai dari ciri, bentuk, warna, tekstur dan teknik pengolahan hingga menjadi sebuah kain, sebagai berikut.

Serat Kapas

serat kapas
pict by manfaat.co.id

Kapas adalah salah satu bahan serat alami yang paling banyak digunakan dalam pembuatan kain katun untuk pakaian yang berasal dari biji tanaman kapas.

Tanaman kapas memiliki sirkulasi udara yang cukup baik sehingga menyejukkan. Ketika panas juga mampu menjaga panas dari dingin.

Oleh karena itu, serat kapas banyak digunakan sebagai bahan dasar kain katun untuk digunakan membuatt baju kaus yang santai dan kasual.

Selain sebagai bahan dasar pembuatan pakaian, serat kapas juga digunakan dalam produk perabot rumah tangga dan industri yang lainnya.

Bahkan, 40% serat yang digunakan dalam proses produksi adalah serat kapas. Hal ini terjadi pada tahun 2004.

Sifat Serat Kapas

Untuk kapas yang akan mulai dijual memiliki ciri tersendiri agar bisa dipasarkan dan digunakan dengan baik, bahkan ada nilai standar tersendiri untuk kapas tersebut.

Standarisasi serat kapas bisa dilihat dari segi kebersihan, panjang serat, tingkat putih dan kekuatan serat.Serat kapas adalah pilihan terbaik untuk dibuat bahan dalam bentuk pakaian karena perawatan dan kenyamanannya yang mudah.

Serat kapas awal mulanya diproses dan diolah menjadi benang, lalu benang-benang tersebut diolah lagi menjadi kain yang nyaman dan mudah dicuci tetapi juga mudah kusut.

Serat kapas bisa menjadi kuat hingga 20% ketika dalam keadaan basah. Kelemahan serat kapas adalah mudah sekali untuk diserang jamur.

Sehingga dianjurkan menyimpan dalam keaadaan kering dengan bantuan sinar matahari pada saat penjemuran.

Ciri-ciri Serat Kapas

  • Bentuknya menggumpal
  • Tekstur lembut
  • Berwarna putih

Fungsi Serat Kapas

  • Banyak digunakan pada produk tekstil
  • Umumnya digunakan pada pakaian tenun dan rajutan
  • Dipakai pada tekstil rumahan seperti handuk mandi, jubah mandi dan lain-lain
  • Digunakan sebagai campuran bahan serat sintetis seperti rayon, poliester, spandeks.

Teknik pengolahan serat kapas bisa dipintal menjadi benang kemudian ditenun untuk menjadi kain. Jenis bahan serat alam menjadi bagian penting dalam industri tekstil.

Produk tekstil yang dihasilkan dari serat kapas biasa disebut sebagai jenis kain katun, baik itu untuk benang ataupun kain.

Serat Rami

jenis bahan serat alam
picture by tokopedia.com

Salah satu dari jenis bahan serat alam yaitu serat rami. Serat rami adalah serat alami yang dihasilkan oleh tanaman rami. Tanaman rami sejenis rumput yang tumbuh di daerah tropis.

Serat rami dalam dunia tekstil sama halnya dengan serat yang lain, dipintal kemudian dirajut untuk dijadikan kain.

Karakter serat rami sama halnya dengan serat kapas, hanya saja serat rami teksturnya lebih kuat, berkilap dan bisa menyerap air dengan baik.

Nah, serat rami ini banyak digemari oleh para produsen kain karena teksturnya yang nyaman dan baik untuk digunakan sebagai busana apapun.

Pemanfaatan serat rami dalam dunia tekstil berbentuk kain linen. Kain linen adalah kain yang berbahan dasar serat tumbuhan yang berasal dari batang tanaman rami.

Karakteristik Serat Rami

  • Warnanya kuning ke abu-abuan
  • Lebih terang dari sifat kapas dan sedikit halus
  • Tidak terpengaruh oleh sinar matahari
  • Berwarna putih kecoklatan
  • Tekstur kuat, ringan, tahan panas dan tahan air

Serat Sutera

jenis bahan serat alam
picture by pinterest

Sutera diberikan julukan “The Queen of Fibers” yang mempunyai arti berkilau, lembut, halus, cantik, dan mewah.

Serat sutera adalah jenis bahan serat alam yang dapat ditenun menjadi tekstil. Jenis sutra yang paling umum adalah sutra dari kepompong yang dihasilkan oleh larva ulat sutra yang diternak oleh para peternak ulat.

Serat sutra ini bagus dijadikan kain, karena lembut, tidak mudah kusut, sangat halus, daya tahannya tinggi, tahan terhadap cahaya matahari, daya serapnya bagus.

Kain sutera yang dihasilkan serat sutera biasanya bersifat kenyal, kuat, sejuk dipakai, mengkilat dan licin.

Sehingga, sering sekali serat sutra digunakan sebagai bahan pakaian yang berkualitas tinggi. Kain sutra sudah sangat populer dengan keindahan dan kehalusannya.

Selai dimanfaatkan sebagai bahan pakaian, serat sutra juga biasa digunakan juga dalam pembuatan alat-alat rumah tangga seperti gorden, sprei, untuk benang jahit, benang sulam, isolasi listrik, kain parasut, senar alat-alat musik.

Serat Wol

jenis bahan serat alam
pict by republika.co.id

Serat wol adalah salah satu contoh jenis bahan serat alam yang diperoleh dari rambut hewan domba dan kambing.

Pada awalnya serat ini bentuknya keriting namun kuat dan akan berbentuk benang setelah di pintal. Teknik pengolahan bahan serat wol ini dengan dipintal, dirajut kemudian ditenun.

Serat wol sangat bervariasi bentuknya tergantung dari mana serat itu berasal. Pemanfaatan serat wol paling banyak digunakan sebagai bahan baku pakaian seperti jaket, jas, baju hangat dan juga topi.

Serat wol memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Meiliki tampilan yang tampak berkerut
  • Teksturnya halus dan lembut
  • Mudah menyerap kelembapan
  • Cenderung bersifat elastis
  • Banyak ditemukan berwarna putih krem
  • Serat wol tidak mendukung persebaran api ketika terbakar karena mengandung nitrogen dan air yang tinggi

Nah, itulah beberapa contoh jenis bahan serat alam. Masih banyak contoh-contoh yang lain ya sahabat, nanti akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Bahan serat yang kami jelaskan diatas seringkali kita temui dan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga bisa menambah wawasan sahabat dan semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung pada website kami.

 

Tinggalkan komentar