jenis kain brokat

√ 9+ Jenis Kain Brokat Cantik dan Menarik yang Wajib Kamu Tahu!

Jenis Kain Brokat – Selama berabad-abad kain brokat menjadi pilihan yang tepat sebagai bahan dalam berbusana formal, khususnya di Indonesia yang digunakan sebagai bahan kebaya.

Bahan brokat juga populer digunakana sebagai gaun pengantin karena kesannya yang mewah namun tetap elegan. Pada saat ini kain brokat juga dipakai oleh negara-negara Asia untuk pakaian adat, pernikahan dan pesta.

Namun, seiring perkembangan zaman, penggunaan kain brokat semakin pesat. Beragam kreatifitas dan ide muncul dari para desainer untuk mengaplikasikan bahan brokat.

Bagi yang masih belum tahu brokat itu seperti apa? Yuk jangan lewatkan pembahasan ini.

Kain Brokat Adalah

Bahan brokat biasanya dikenal dengan sebutan kain yang estetik. Sahabat tahu alasannya? Kain brokat salah satu jenis kain yang estetik karena kaya akan dekorasi dan tampilannya yang menarik.

Pada zaman dulu, kain brokat adalah salah satu jenis kain yang kaya akan motif. Umumnya motif tanaman, bunga.

Teknik pengolahan bahan brokat dari pintalan benang tenun  terbuat dari sutera yang diwarna dengan atau tanpa akses emas atau perak.

Brukat atau brokat berasal dari bahasa Italia, dari kata brokoli yang artinya kain yang disulam. Beberapa sumber lain juga mengatakan bahwa kata brokat berasal dari bahasa lain, dari kata brocarreyang artinya menusuk atau bahan yang ditusuk.

Seperti yang kita ketahui bahwa kain brokat adalah bahan utama dalam pembuatan kebaya. Hal inilah yang menjadi dasar utama munculnya motif brokat yang semakin berkembang dan beragam.

Dahulu kain brokat yang identik dengan kebaya selalu digunakan oleh orang-orang tua untuk acara folmal. Namun seiring perkembangan motif bahan brukat yang semakin beragam, anak-anak muda juga ikut nyaman mengenakan kain brokat.

Saat ini kebaya berevolusi dari yang rumit dan sedikit ndeso menjadi sesuatu yang elegant, unik dan menarik.

Terlebih lagi, saat ini juga muncul jenis-jenis kain brokat dengan warna yang soft dan modifikasi kebaya trendy semakin memberi kesan cantik dan anggun bagi anak muda.

Karakteristik Kain Brokat

Kain brokat memiliki tekstur yang berpori dan relatif tipis. Karena sifat kain brokat yang keras dan kasar menjadikan jenis kain ini gatal jika tersentuh kulit secara langsung.

Oleh karena itu, harus ada pelapis pada bagian dalam brokat agar memberi kesan yang nyaman bagi pemakainya.

Brokat berasa; daro Cina dan Perancis, untuk brokat yang berasal dari Cina memiliki karakteristik tekstur yang longgar pada  serat kainnya, tebih transparab jika tidak ada kain pelapisnya di bagian dalam kain.

Sedangkan untuk jenis kain brokat Prancis sudah diaplikasikan dengan kain sutra, tepatnya pada tahun 1760 sampai 1770. Sehingga tekstur kainnya lebih rapat dan tidak perlu menggunakan pelapis tambahan.

Lalu apa saja sih jenis jenis kain brokat? Mari simak penjelasannya.

Kelebihan Kain Brokat

Sudah tidak asing lagi bagaimana peran kain brokat yang sampai saat ini menjadi salah satu perpaduan dan memberi nuansa kombinasi pada beberapa busana atau gaun seperti yang populer gamis brokat, kebaya brokat dan jenis pakaian lainnya.

Kelebihan dari bahan brokat sudah tidak dapat diragukan lagi. Selain memberi kesan mewah dibanding kain yang polosan ada lagi kelebihan lainnya.

Dari sisi harga kain brokat memang sangat beragam, harga kain dipengaruhi oleh jenis jenis kain brokat yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Selain kesan mewah, kain brokat juga memberi kesan yang cantik bagi penggunanya. Maka tidak heran jika salah satu jenis kain ini sering digunakan pada acara-acara tertentu terutama pada acara pernikahan.

Baca Juga : Jenis Kain Katun 

Jenis Kain Brokat untuk Kebaya

Brokat adalah salah satu bahan kain yang sering digunakan untuk pembuatan busana kebaya. Untuk saat ini memang banyak jenis kain brokat untuk kebaya yang bertebaran dipasaran.

Dari yang model klasi hingga yang model paling modern dan terbaru bisa kita temui dengan mudah di pusat perbelanjaan.

Tidak jarang karena banyaknya jenis kain brokat membuat orang-orang semakin kebingungan dalam memilih bahan brokat.

Maka timbul pertanyaan bagaimana cara memilih kain brokat yang bagus untuk kebaya? Daripada kita salah dalam memilih, yuk kenali dulu macam macam kain brokat berikut ini.

Brokat Prancis

jenis kain brokat prancis
pict by kainbaliya.com

Jenis kain brokat prancis atau yang sering disebut French Lace merupakan salah satu jenis brokat yang memiliki kualitas paling baik atau kualitas tinggi dengan harga jual yang tinggi juga.

Ciri kain brokat prancis adalah bahannya yang lembut dan yang paling peting tidak membuat badan gatal dan panas.

Brokat perancis adalah jenis brukat yang paling mahal dibanding brokat yang lain. Harga kain brokat prancis mulai dari Rp 500.000 hingga jutaan rupiah. Yang dicantumkan adalah harga kain brokat per meter.

Harga kain yang relatif mahal karena brokat ini yang memiliki kualitas paling mumpuni di kelasnya. Dan salah satu kelebihan utamanya yaitu dapat membentuk tubuh pemakainya dengan sempurna. Sehingga wajar sekali jika mahal, karena ada harga ada rupa.

Brokat Semi Prancis

jenis kain brokat semi prancis
pict by kainbaliya.com

Nah kalau jenis brokat semi prancis ini bisa dibilang tiruan dari brokat prancis. Karena kedua kualitas kain brokat ini sedikit mirip.

Brokat jenis ini lagi booming menjadi produk yang paling

Hanya saja untuk brokat semi prancis tekstur kainnya sedikit lebih kaku dibanding brokat prancis yang teksturnya halus.

Meskipun begitu, sebagian designer lebih memilih kain brokat semi prancis karena tekstur bahannya yang lebih kuat. Sehingga brukat jenis ini tidak akan mudah robek ketika dijahit.

Harga kain brokat semi prancis bervariasi. Mulai dari harga 100.000 hingga 300.000.

Brokat Jepang

Brokat Jepang biasanya dianggap sebagai saingan dari brokat semi prancis. Brokat ini memiliki tekstur yang lebih lembut dibanding brokat semi prancis.

Namun kalau dilihat dari segi ketenaran, brokat jenis ini masih kalah tenar dengan brokat semi prancis.

Kebanyakan orang-orang memilih brokat semi prancis karena brokat jepang dianggap terasa sintetisnya. Namun pada dasarnya, kembali pada selera masing-masing.

Harga bahan brokat jepang relatif lebih murah dibadingkan dengan harga kain brokat semi prancis.

Brokat Prada

Brokat prada adalah brokat pilihan para desainer. Brokat prada sedikit berbeda dengan brokat yang lain.

Brokat ini memang motifnya timbul namun tetap halus dan elegan. Sehingga tetap cantik meskipun dipotong-potong dan dibentuk model apapun.

Harga jenis kain brokat prada bermacam-macam tergantung tingkat kehalusan dan jenis motifnya.

Brokat Italy

jenis kain brokat italy
pict by emakwatik.com

Brokat itali atau tulle bordir mudah sekali untuk dibedakan dengan jenis brokat yang lain karena berbentuk tulle yang sudah dibordir atau sudah dipayet.

Jika menyukai kain yang berpayet atau ada bordirnya jenis kain ini adalah pilihan yang tepat. Untuk harga kain bervariasi tergantung tingkat kerumitan payet.

Namun, ada beberapa desainer yang tidak mau menggunakan bahan ini, dengan alasan membatasi imajinasi mereka dalam berkarya.

Saran kami, jika hendak membeli bahan ini ada baiknya jika mendiskusikan terlebih dahulu dengan penjahit.

Baca Juga : Kain Balotelli

Jenis Kain Brokat untuk Wisuda

Wisuda adalah momen yang dianggap penting oleh sebagian orang. Kehadirannya menuntuk kita untuk tampil cantik dan menarik saat wisuda.

Di Indonesia para wisudawati menggunakan kebaya berbahan brokat untuk wisuda. Beragam warna dan motif hadir sesuai dengan kepribadian kamu.

Untuk kamu yang ingin membuat kebaya dengan kain brokat, yuk kenali dulu bahannya agar tak salah pilih.

Brokat Tile

Brokat tile adalah perpaduan antara bahan brokat dengan tile, tekstur brokat jenis ini  tipis dan sangat ringan.

Dalam pembuatan kebaya, brokat tile biasanya dijadikan bahan dasar yang sering ditambahkan beberapa kain kecil dari brokat jenis kain lain untuk memperkual motinya. Harga brokat tile cukup terjangkau dan motifnya juga beragam.

Brokat Cornelly

Brokat cornelly atau brokat cord adalah jenis brokat yang mengandung unsur tile di dalamnya.

Nama cord diambil dari beberapa benang cord yang ada di ujung motifnya. Salah satu alasan brokat ini diminati terutama sebagai bahan dasar pembuatan kebaya wisuda karena teksturnya yang halus dan lentur pada beberapa bagiannya. Harga kain brokat cord juga terjangkau.

Brokat Biasa

Dari semua jenis brokat yang sudah dijelaskan sebelumnya, hanya brokat jenis ini yang paling sering kita jumpai. Selain karena bahannya mudah untuk didapatkan, harga yang ditawarkan juga menarik dan murah.

Karakteristik bahan brokat ini selain modelnya yang biasa dan kurang menarik, warna yang ditawarkan juga tidak terlalu bervariasi.

Namun, jenis brokat biasa banyak digunakan dalam banyak acara seperi seragam pernikahan keluarga dan digunakan sebagai kebaya wisuda.

Gimana sahabat, sudah ada gambaran seputar bahan brokat? Nah, setelah dijelaskan secara detail pasti sahabat sudah ada gambaran dalam menentukan jenis kain brokat  yang akan dibeli sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, kami akan memberi tips cara mencuci baju brokat hingga merawatnya dengan benar.

Tips Mencuci dan Merawat Kebaya Brokat Agar Tetap Awet

Merawat dan mencuci kebaya memang tidak bisa asal, agar awet dan bisa dipakai berulangkali memang membutuhkan perawatan yang ektra. Seperti apa tipsnya? Mari kita simak bersama.

  • Cuci Brokat dengan Tangan dan Jangan Terlalu Sering Mencuci Kebaya Karena dapat Merusak Teksturnya 
tips mencuci kain brokat
pict by bahankain.com
  • Hilangkan Noda Kebaya dengan Jeruk Nipis 
  • Brokat Boleh Disetrika Asal Dilapisi
tips merawat kain brokat
pict by google
  • Simpan dengan Baik dan Benar Jika Tidak Mau Bentuk dan Teksturnya Berubah

Inspirasi Model Kebaya Kain Brokat Modern

Inovasi model kebaya modern bahan brokat memang tidak ada habisnya jika dibahas. Banyak desainer yang memodifikasi dengan model yang lebih stylist. 

Tanpa terkecuali model kebaya 2019 terus mengalami perkembangan dengan berbagai inovasi. Buat sahabat lentera yang bingung memutuskan model kebaya brokat yang akan dipakai, berikut kami tampilkan.

  •  Kebaya Brokat Muslim Modifikasi 
gaun brokat
pict by beautynesia.id
  • Kebaya Brokat Muslim Asimetris 
baju brokat
pict by beautynesia.id

Nah apa sudah ada gambaran mau membuat kebaya dengan jenis brokat yang mana? Pemilihan kain kebaya dan model kebaya juga menjadi salah satu hal penting dalam pembuatan kebaya.

 

Tinggalkan komentar

error: