Kelebihan dan kekurangan shopee, kelebihan dan kekurangan shopee dan lazada, cara berjualan di shopee, cara dropship di shopee, jualan di shopee

√ Kelebihan dan Kekurangan Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Kelebihan dan kekurangan shopee – Dengan adanya berbagai jenis marketplace di Indonesia, membuat sebagian orang bingung untuk membeli produk maupun menjual barang.

Salah satunya shopee yang menjadi satu dari sekian banyaknya marketplace dengan pengguna tertinggi di sekitar masyarakat Indonesia.

Hal ini tentu di dasari oleh iklan gratis ongkir shopee yang sangat menggiurkan.
Maka tidak heran, jika sebagian menggunakan aplikasi ini untuk belanja online.

Namun, dibalik kelebihannya yang menonjol tentu shopee juga memiliki beberapa kekurangan.

Hal ini juga berlaku pada marketplace lain seperti tokopedia, lazada, blibli, bukalapak dan e-commerce lainnya.

Setiap marketplace tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, entah berlaku untuk penjual maupun pembeli.

Untuk itu, kami akan membahas kelebihan dan kekurangan shopee yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk berjualan maupun berbelanja di shopee.

Kelebihan shopee bagi penjual

Untuk kelebihannya, mungkin sebagian besar orang sudah tau. Karena apapun yang di iklankan merupakan kelebihan shopee.

Namun ada beberapa kelebihan bagi seller shopee, yang tidak bisa Anda dapatkan di e-commerce lain, diantaranya:

Pengguna yang melimpah

Pada kalangan masyarakat Indonesia, shopee sebagai marketplace baru memang lebih populer dibanding pendahulunya seperti lazada dan tokopedia.

Dengan kepopuleran ini, tentu akan mendatangkan banyak pengunjung dan pengunduh aplikasi shopee.

Traffic yang banyak ini akan membuat banyak orang melihat jualan Anda, sehingga potensi laris semakin tinggi.

Banyak program yang menguntungkan penjual

Sekilas, program yang dibuat shopee cenderung hanya untuk memuaskan konsumen saja.

Namun, hal ini tentu berdampak pada seller shopee. Contohnya program gratis ongkir, bisa meningkatkan penjualan produk, sehingga seller juga diuntungkan.

Ada fitur penghargaan bagi penjual

Salah satu penghargaan bagi yang berjualan di shopee adalah star seller. Jika toko Anda mendapat predikat star seller, maka banyak keuntungannya.

Salah satu keuntungan star seller shopee adalah produk jualan Anda akan sering di promosikan.

Toko Anda juga lebih dipercaya pelanggan, sehingga akan lebih banyak lagi yang belanja produk Anda.

Dapat upload produk lebih dari 10 gambar

Dengan banyaknya variasi yang diupload dalam sekali posting, memberi keuntungan kepada penjual dengan varian yang beragam.

Karena pembeli pada dasarnya lebih suka variasi produk yang beragam, sehingga potensi terjual lebih tinggi.

Memiliki fitur untuk memilih varian

Dengan fitur ini, pembeli di shopee akan dengan mudah memilih tanpa perlu bertanya varian lain pada seller.

Selain itu, penjual juga dapat mengatur ketika salah satu varian habis. Jadi pembeli, akan langsung mengetahui jika barang yang diinginkan habis.

Terintegrasi oleh sistem pengiriman paket

Ketika ada pembeli, sistem shopee akan langsung terintegrasi dengan sistem pengiriman paket. Anda tidak perlu menulis alamat penerima ketika jualan di shopee.

Jadi, Anda hanya perlu menulis kode pengiriman barang dan data pembeli akan muncul.

Hal ini sangat efektif untuk menghindari kesalahan penulisan alamat, jika dilakukan secara manual.

Gratis koin shopee bagi pembeli yang memberi review

Sebagai penjual, tentu review positif dari pembeli sangat diperlukan. Hal ini bertujuan meningkatkan penjualan, menunjukkan reputasi toko dan sebagai bentuk kepercayaan pelanggan.

Salah satu keuntungan jualan di shopee adalah pihak shopee memberi koin gratis bagi pembeli yang memberikan review.

Dengan demikian, Anda sebagai penjual tidak perlu lagi mencari cara untuk mendapatkan review dari pembeli.

Kelebihan shopee bagi pembeli

Selain kelebihan dan keuntungan bagi penjual, shopee juga memberikan beberapa kelebihan bagi para konsumen.

Dengan demikian, maka tidak heran jika banyak pengguna shopee yang betah dengan marketplace ini berkat beberapa keunggulannya.

Lalu apa aja sih kelebihan shopee bagi pembeli? Berikut pembahasannya!

Gratis ongkir

Untuk kelebihan yang satu ini, mungkin sudah banyak yang tahu ya?

Memang sebagian besar pengguna tertarik berbelanja dan mendaftar shopee karena alasan gratis ongkirnya.

Inilah yang menjadi daya tarik utama pengguna market place ini, karena memang bagi sebagian orang ongkos kirim menjadi masalah cukup serius.

Terlebih jika jarak toko dengan pembeli cukup jauh, sehingga ongkir mahal. Dengan kelebihan inilah pengguna shopee akan setia berbelanja.

Banyak promo

Selain promo gratis ongkir, pihak shopee juga menawarkan beberapa promosi menarik yang tentunya membuat pengguna semakin berminat untuk berbelanja.

Diantaranya promo cashback 90%, diskon 90%, flash sale dan masih banyak yang lain.

Memiliki fitur tawar menawar

Shopee memiliki fitur yang memungkinkan pembeli menawar produk tertentu. Ya meskipun dengan menawar harganya tidak turun terlalu jauh seperti harga awal. Tapi setidaknya dengan fitur ini harga barang bisa turun jika memungkinkan.

Banyak permainan seru yang berhadiah

Berbagai permainan seru dapat mengisi waktu kosong Anda dan tentunya ada banyak hadiah yang menarik menjadi salah satu kelebihan marketplace ini.

Permainan yang cukup terkenal bagi pengguna shopee adalah goyang shopee. Anda akan diminta untuk menggoyangkan hp, sehingga koin shopee akan berjatuhan.

Koin shopee yang di dapatkan nantinya dapat Anda gunakan ketika membeli barang, sehingga mendapat potongan harga dengan koin tersebut.

Selain goyang shopee, permainan dengan hadiah lain yaitu shopee tanam. Anda diminta menanam tanaman, menyiram dan panen.Hasil panen ini biasanya berupa voucher shopee atau koin shopee.

Harga barang jualan relatif murah

Dengan banyaknya pengguna shopee, maka penjual juga semakin banyak. Karenanya banyaknya penjual, persaingan harga semakin ketat.

Hal inilah yang menjadikan barang jualan marketplace ini lumayan murah dibanding dengan yang lain.

Namun tidak semua barang demikian, jika Anda niat mencari barang yang murah di bukalapak, tokopedia atau lazada tentu akan ketemu juga.

Bisa bayar di tempat (COD)

Bagi Anda yang tidak memiliki mobile bangking, jauh dari atm dan tinggal di daerah terpencil yang bahkan jauh dari indomaret atau alfamart dapat menggunakan metode pembayaran COD (Cash On Delivery).

Komplain dapat melalui live chatt

Pada aplikasi shopee, Anda dapat menggunakan fitur live chatt yang nantinya akan terhubung dengan customer service shopee, sehingga pelanggan mudah untuk melakukan komplain.

Yang lebih enak lagi, CS shopee akan melayani customer-nya selama 24 jam.

Baca Juga : Cara membuat toko. di shopee

Kekurangan shopee bagi penjual

Jika berbicara tentang kelebihan, maka kurang lengkap jika tidak membahas kekuranganya.Hal ini juga sebagai pertimbangan Anda ketika hendak berbelanja di shopee.

Namun, dengan membahas kekurangannya bukan berarti sedang menjelek-jelekkan. Disini kami hanya ingin menyampaikan beberapa informasi saja.

Bagi Anda pelapak di shopee yang masih baru atau yang sudah cukup lama bermain di shopee, berikut beberapa kekurangan yang bisa jadi baha pertimbangan Anda.

Perang harga

Dalam dunia bisnis tentu sudah tidak asing dnegan yang namanya perang harga, terlebih jika berjualan di marketplace.

Seperti yang kami katakan sebelumnya jika pengguna shopee banyak sekali, sehinga tidak heran jika para pelapak perang harga agar bisa menarik pembeli.

Ibaratnya jika pada e-commerce lain perangnya sambil berdiri, di shopee perangnya harus sampai jatuh sejatuhnya supaya menang.

Hal ini tentu menjadi kekurangan bagi penjual dan kelebihan bagi pembeli sebab pembeli akan mendapat harga relatif murah.

Akun lama cenderung menjadi pemenang persaingan

Di shopee, akun lama cenderung lebih mudah mendapat prormo dari shopee sehingga mendatangkan pelanggan lebih banyak.

Sedangkana akan baru cukup kesulitan, terlebih jika harga jualnya masih sebanding atau diatas harga jual yang ditawarkan akun lama.

Solusinya, Anda dapat mempromosikan produk di luar shopee seperti instagram, facebook atau twitter. Baru ketika ada order dapat diarahkan untuk order di toko shopee.

Pencairan dana lama

Pencairan dana bagi penjual akan masuk ketika pembeli sudah konfirmasi orderan sampai di rumah. Jadi Anda harus memastikan memiliki modal agar tetap dapat melayani konsumen lain.

Promo gratis ongkir cukup rumit

Bagi beberapa pelapak, syarat untuk promo gratis ongkir terkesan cukup rumit karena harus upload KTP dan lainnya. Terkadang juga biaya ongkos kirim tidak sepenuhnya diganti shopee.

Kekurangan shopee bagi pembeli

Selain keunggulan yang menggiurkan bagi konsumen, shopee juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut beberapa kekurangannya.

Server lambat

Pada waktu tertentu, untuk mengakses shopee memang eror dan cukup lambat, mungkin karena banyaknya pengguna. Terlebih ketika ada promo atau flash sale yang menggiurkan, tentu server akan semakin lambat.

Banyak pelapak yang tidak aktif

Beberapa penjual di shopee memang ada yang tidak aktif, di chatt juga tidak menjawab selama berhari-hari. Mungkin ini dampak kemudahan jualan di shopee, siapapun bisa berjualan disana.

Bahkan ada beberapa seller yang berniat menipu pelanggan, seperti mengirim barang yang tidak sesuai. Jadi Anda harus hati-hati ketika membeli dan pilihlah toko yang sering mendapat review positif dari pelanggan.

Respon chatt lama

Beberapa seller memang ada yang fast respon, namun ada juga beberapa pelapak yang respon chatt nya lambat.

Hal ini tidak menutup kemungkinan pembeli untuk pindah ke seller lain. Oleh karena itu, bagi Anda yang berjualan di shopee pastikan tepat waktu menjawab chatt pelanggan.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan shopee dan lazada baik segi penjual maupun dari segi pembeli. Semoga bisa menjadi pertimbangan ketika Anda ingin belanja di shopee.

Jika ada yang tidak sesuai atau bagi yang ingin menambahkan silahkan sampaikan di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: