√ Trik dan Cara Dropship di Shopee Bagi Pemula, Auto Banjir Orderan!

Cara Menjadi Dropship di Shopee –Shopee adalah salah satu marketplace terkenal di Indonesia. Baru-baru ini shopee menjadi perbincangan karena mampu menandingi marketplace yang ada sebelumnya seperti tokopedia, bukalapak dan lainnya.

Banyak promo menarik yang pihak shopee berikan kepada konsumen. Sehingga marketplace ini bukan hanya layak sebagai tempat belanja online, melainkan layak juga sebagai tempat mengais rejeki.

Kalau kamu tertarik jualan online tapi masih bingung dengan produk dan modal? Tenang, kamu bisa menggunakan sistem dropship. Pasti udah tau dong apa itu dropsip? 

Jadi dengan sistem dropship kamu hanya berperan sebagai dropshipper atau perantara yang memasarkan produk. Dalam artian, kamu bisa jualan online tanpa menyetok barang.

Kamu hanya perlu memilih produk yang akan kamu pasarkan secara online. Jika ada pembeli, kamu cukup pesan barang melalui penyedia dropship. Selanjutnya penyedia dropship akan mengirim barang pesanan ke pembeli. Cukup mudah bukan?

JIka kamu tertarik menjadi dropshipper, kamu bisa download aplikasi shopee, tokopedia, bukalapak dan marketplace lain sebagai penyedia dropship.

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu cara dropship melalui marketplace yaitu shope.

Nantinya kamu dapat memasarkan produk secara online melalui media instagram, facebook, twitter atau kamu dapat menjual lagi di shopee. Ini merupakan bisnis dari shopee ke shopee.

Sudah penasaran kan dengan cara dropship di shopee? Yuk simak pembahasannya secara lengkap.

Kenapa dropship shopee? 

Mungkin sebagian dari kamu bertanya, kenapa jadi dropship shopee daripada tokopedia, lazada, bukalapak atau market place lainnya?

Seperti yang kita tahu, beberapa tahun terakhir hingga saat ini shopee sedang naik daun dengan jargonnya gratis ongkir.

Tentu ini menarik bagi para penjual maupun pembeli online. Selain itu, pada marketplace shopee ada banyak supplier dari berbagai daerah dengan berbagai macam produk yang dijual. Jadi pilihan produk yang akan kamu jual akan bervariasi.

Terlepas dari hal tersebut, sebagai salah satu e-commerce ternama di Indonesia tentu shopee memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan dan kekurangan shopee ini juga harus kamu ketahui dengan benar sebelum kamu mau menggunakannya.

Kunci berjualan di shopee dengan sistem dropship

Berikut syarat dan tata cara jika kamu ingin menjadi dropshipper shopee:

Menentukan jenis produk 

Yang terpenting sebelum berjualan adalah menentukan jenis produk dan barang apa yang akan kamu jual.

Mengingat banyaknya produk yang ada di shopee, kamu bisa memilih produk yang kamu sukai atau dengan melihat segmen pasar.

Kebanyakan yang banyak dicari adalah produk dengan kategori fashion. Namun, persaingan dalam penjualan juga terbilang ketat.

Jadi, kamu perlu mempertimbangkan dalam memilih barang jualan. Apakah nanti memberi keuntungan banyak atau tidak.

Mencari supplier 

Setelah menentukan jenis produk apa yang akan kamu jual, berikutnya kamu perlu mencari supplier.  Carilah supplier yang terpercaya dengan harga rendah dan kualitas baik sesuai review pembeli sebelumnya.

Setelah kamu menemukan supplier yang tepat, baru kamu bisa mulai memasarkan produk dan mendaftar sebagai vendor di shopee.

Namun yang perlu diperhatikan, jika kamu berjualan di shopee sebagai dropshipper, maka masukkan alamat vendor kamu sebagai alamat toko.

Karena dengan memasukkan alamat supplier akan berpengaruh terhadap ongkos kirim yang ditanggung pembeli.

Misalnya supplier kamu di Bekasi, sedangkan kamu tinggal di Bandung. Maka tulislah alamat toko atau alamat pengiriman kamu di Bekasi agar ongkir sesuai.

Menyiapkan modal 

Prinsip sistem dropship kan berjualan tanpa modal, karena pada dasarnya kita hanya promosi barang tanpa stok barang. Lalu mengapa harus menyiapkan modal?

Sistem tersebut memang berlaku jika kita berjualan di media sosial lain seperti facebook, instagram atau twitter. Karena pembeli akan langsung membayar melalui kita. Sedangkan kita bisa langsung pesan barang ke supplier dengan uang dari pembeli.

Namun berbeda dengan shopee, uang akan cair kepada penjual setelah barang sampai ke alamat pembeli. Artinya kita perlu menyiapkan modal untuk membayar pesanan pelanggan kita ke supplier. 

Berapa modal yang perlu kita siapkan? Ya tergantung dengan harga barang yang dipesan pelanggan kita. Bisa dibilang kamu berada di posisi pembeli sampai uang pelanggan cair dan barang sampai.

Langkah-langkah berjualan sistem dropship di shopee

Setelah kamu memperhatikan hal-hal diatas, selanjutkan adalah langkah-langkah memulai berjualan di shopee. Berikut tata cara berjualannya:

Membuat akun 

Membuat akun memang penting kehhtika kamu mau berjualan atau membeli barang di shopee. Ketika tidak membuat akun, tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain melihat-lihat produk.

Namun jika sudah mendaftar akun, kamu hanya perlu login akunmu dan ikuti langkah selanjutnya.

Isi alamat sesuai alamat supplier 

Seperti yang sudah kita sampaikan sebelumnya, kamu perlu mengisi alamat toko sesuai dengan alamat supllier kamu. Hal ini sangat penting agar kamu tidak mengalami kerugian.

Namun jika kamu tetap mengisi alamat pengiriman dengan alamat kamu, maka kamu harus siap menanggung resiko perbedaan harga ongkos kirim.

Unggah foto beserta deskripsi barang 

Setelah semua sudah diisi lengkap, cara selanjutnya adalah unggah foto beserta deskripsi produk yang akan kamu jual.

Untuk mempermudah dalam memasukkan foto dan deskripsi produk, kamu bisa meniru foto dan menyalin deskripsi produk supplier.

Hal ini tidak masalah dilakukan dropshipper. Mengingat banyak sekali barang jualan di toko online dengan yang di shoppe.

Mengaktifkan fitur gratis ongkir

Seperti jargon  shopee yang gencar-gencarnya memberi gratis ongkir, maka kamu perlu mengaktifkan fitur ini untuk menarik pelanggan.

Karena kebanyakan pelanggan akan mempertimbangkan biaya ongkir pada barang yang dibeli, meskipun ada ketentuan pembelian untuk mendapat gratis ongkir.

Ketentuan ini juga yang meningkatkan penjual barang, karena dengan ketentuan demikian menuntuk pembeli melakukan transaksi dalam jumlah yang lebih banyak.

Misalnya syarat untuk mendapat gratis ongkir minimal pembelian 120 ribu, yang tadinya ingin melakukan pembelian sebesar 100 ribu akan menambah item pembelian untuk mendapat gratis ongkir.

Itulah mengapa kita sarankan untuk memilih supplier yang juga mengaktifkan fitur gratis ongkir.

Masukkan data bank 

Cara selanjutnya adalah masukkan data bank kamu secara lengkap. Data bank ini berfungsi untuk mencairkan dana setelah barang sampai ke tangan pembeli.

Cara dropship di shopee 

Sebagai panduan dropship di shope bagi pemula, simak beberapa cara bisnis dropshipper. 

Dropship dari shopee ke shopee 

Jika kamu ingin menjadi dropshipper di shopee, berikut langkah-langkahnya:

Langkah-langkah dropship dari shopee ke shopee

  • Membuat akun shopee

Sebelum menjadi dropshipper di shopee, langkah yang pertama adalah membuat akun. Karena sebelum membuat akun, maka kamu tidak bisa membeli atau menjual barang.

  • Mencari barang dan membeli

Tentukan produk yang akan kamu jual, kemudian cari barang atau vendor yang ingin kamu jual seperti baju, makanan atau lainnya.

Pilih varian produk (jika ada) kemudian klik beli sekarang atau simpan dulu di keranjang jika ada  barang lain yang akan kamu beli.

Usahakan hanya satu supplier yang kamu jual barangnya. Hal ini akan berimbas pada ongkos kirim yang akan ditanggung pembeli.

Contohnya jika ada yang membeli 2 barangmu, namun berasal dari supplier yang beda. Maka ongkos kirim yang akan ditanggung menjadi doubel karena barang kirim dari tempat berbeda.

  • Checkout di shopee

Selanjutnya akan menuju halaman belanja, centang semua barang yang kamu beli dan akan kamu proses, lalu klik checkout. 

  • Isi alamat pembeli

Selanjutnya isi alamat pelanggan kamu secara lengkap mulai dari nama, no tlp, provinsi, kota, kecamatan dan nama gedung sejelas mungkin agar tidak nyasar ketika barang dikirim. Cek terlebih dahulu, jika sudah lengkap dan benar semua maka klik oke.

  • Kirim barang sebagai dropship 

Yang paling penting, jangan sampai lupa untuk mencentang tulisan “kirim sebagai dropshipper” kemudian isi nama kamu atau nama toko kamu dan nomor telepon kamu.

Selanjutnya scroll ke bawah, pilih metode pembayaran dan bayar pesanan barang kamu seperti biasa.

Jadi cara jualan sistem dropship yang pertama adalah pasarkan produk dari vendor pilihan kamu. Terserah mau dipasarkan ke media sosial atau ke marketplace lainnya.

Hal penting dalam dropship dari shopee ke shopee

Bagi calon pelapak shopee hal ini bisa dibilang penting, artinya jika kamu abai ini bisa menjadi masalah. Berikut pembahasannya. 

  • Resi Otomatis 

Dalam fitur gratis ongkir shope ada yang namanya resi otomatis, resi ini berfungsi memudahkan penjual dalam hal input res dan cukup mempersulit dropshipper. 

Solusi dan cara mengatasi masalah ini adalah bekerjasama dengan pelapak di shopee. Hubungi supplier pilihan kamu dan sampaikan :

Kak saya ingin menjadi reseller kakak dengan sistem dropship. Saya upload produk di shoppe dengan fitur gratis ongkir. Nanti kalau saya dapat order, saya akan kasih nomor resi otomatis saya ke kakak ya, terimakasih. 

Jadi ketika kamu mendapat orderan, usahakan langsung menghubungi supplier kamu untuk mengirim barangnya secara langsung dengan resi otomatis dari shopee.

Jangan order di shopee juga ke supplier, karena akan menyebabkan resi doubel

Namun jika tidak memungkinkan menggunakan resi otomatis.  Kamu dapat mengganti nomor resi setelah barang dikirim supplier dengan cara menghubungi customer service shopee yang ada di pusat bantuan.

Tapi yang perlu diingat kembali, jangan order barang dari shopee juga. Karena resi yang di input di shopee tidak bisa double. 

  • Input resi yang sama tidak bisa dua kali 

Sistem pada market place saat ini memang tidak memungkinkan untuk input resi dua kali pada situs yang sama.

Jadi kalau mau dropship dari tokopedia, bukalapak, lazada dan lainnya akan lebih mudah dalam hal input resi di shopee.

Kamu hanya perlu order dengan fitur dropshipper dan menginput langsung resi dari pelapak market place lain.

Namun jika dropship dari shoppe ke shoppe, resi tidak dapat di input dua kali, sehingga kembali ke poin pertama yakni menghubungi supplier. 

Dropship dari shopee ke tokopedia

Cara ini hampir sama dengan dropship dari shopee ke shopee, hanya saja platform yang digunakan untuk berjualan adalah tokopedia. Dengan begitu, akan menjadi mudah dalam input resi. Kamu hanya perlu input resi dari shopee ke tokopedia.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Membuat akun tokopedia (Jika sudah punya, kamu hanya perlu login)
  • Tambahkan produk ke akun tokopedia
  • Tunggu hingga ada pesanan dari pembeli
  • Jika ada pesanan, kamu hanya perlu pesan barang dari shopee dan kirim sebagai dropship.
  • Jika sudah melakukan transaksi di shopee dan resi sudah di input oleh penjual, maka kamu juga harus menginput resi di akun tokopedia kamu.

Dropship dari shopee ke toko online lain 

Cara dropship dari shopee ke toko online lain atau marketplace lain sama dengan cara dropship dari shopee ke tokopedia. Yang membedakan hanya platform yang digunakan untuk menjual barang.

Bagi kamu yang ingin jualan online di shopee dengan sistem dropship, ada beberapa syarat yang perlu kamu perhatikan.

Trik jualan dengan sistem dropship

Selain pengetahuan tentang cara berjualan, kamu juga perlu mengetahui tips dan trik agar usahamu membuahkan hasil dengan cepat. Berikut beberapa cara yang perlu kamu perhatikan.

Cari supplier dengan satu tema produk 

Jika kamu ingin menjadi dropshipper, maka carilah supplier yang menyediakan beberapa jenis produk dalam satu kategori.

Misalnya kamu ingin menjual produk fashion, maka carilah supplier yang menjual produk lengkap seperti gamis, jilbab, mukenah, rok, celana dan lainnya.

Hal ini berguna agar toko kamu berkualitas, sehingga pembeli akan mudah ketika mencari sesuatu. Jika ingin menjual kategori lain, maka kita sarankan untuk membuat akun vendor baru, jangan dicampur adukkan.

Lalu bagaimana cara mencari supplier terpercaya dari marketplace? Maka carilah toko dengan penilaian positif dan jumlah orderan yang cukup banyak. Biasanya akan muncul rating pada setiap toko, pastikan kamu memilih toko dengan rating minimal bintang 4. 

Lakukan survei pasar 

Survei adalah hal yang penting ketika hendak memutuskan sesuatu. Setelah menentukan jenis barang yang ingin kamu jual, lakukanlah survei pasar terlebih dahulu.

Ada beberapa cara yang perlu kamu perhatikan untuk survei barang yang akan dijual, diantaranya :

  • Cek apakah produk yang ingin kamu jual banyak dicari?
  • Cek persaingan penjual dengan produk yang sama
  • Perhatikan harga jual barang di kompetitor kamu

Jika sudah menenmukan produk yang pas dengan harga yang dapat bersaing, maka kamu bisa menjualnya.

Jual produk asli 

Kamu sebaiknya menjual produk asli, karena pembeli akan lebih puas jika yang ia dapat adalah produk yang original. 

Namun, teta perhatikan harga jualnya karena barang ori harganya cenderung lebih tinggi jika dibanding produk KW.

Pilih vendor terpercaya

Tips dan trik selanjutnya adalah memilih vendor yang terpercaya. Kamu bisa melihat record  penjual dan ulasan pembelian dalam hal menentukan siapa yang akan menjadi supplier vendor kamu.

Manfaatkan fitur promosi 

Jika kamu ingin membuka lapak di shopee, maka manfaatkan fitur-fitur promosi dan aktifkan setiap fiturnya seperti gratis ongkir. 

Dengan fitur promosi yang beragam, penjualan kamu akan meningkat karena pembeli cenderung tertarik dengan barang promosi. Dengan demikian, penjualan kamu akan cepat laku.

Jual produk best seller 

Setiap toko online selalu memiliki produk andalan dengan penjualan terbaik atau best seller. Biasanyan ada pilihan kategori best seller pada menu.

Pilih produk best seller dan cek produk apa saja yang bagus untuk dijual. Biasanya para pembeli melihat kategori produk best seller atau hot list  di marketplace untuk menentukan barang yang akan dibeli.

Promosikan toko online di media sosial 

Trik jualan selanjutnya adalah mempromosikan toko online yang sudah kamu buat di berbagai media sosia seperti whatsaap, facebook, instagram, twitter dan lainnya. Hal ini bertujuan agar produk jualan kamu dikenal banyak orang, sehingga penjualan kamu dapat meningkat.

Nah, itulah beberapa cara dropship di shopee dan jualan online di shopee dengan sistem dropsip beserta trik jualannya.

Setelah membaca artikel tersebut, apakah kamu tertarik menjadi dropshipper di shopee maupun marketplace lain? Cukup mudah bukan? Untuk yang sudah memulai, jangan lupa bagikan pengalaman dropship kamu di shopee.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: